Batuk, sama seperti pilek, dapat disebut sebagai penyakit sejuta umat. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Mulai dari anak-anak hingga lansia pasti pernah mengalami sakit batuk. Meski mudah disembuhkan, tetapi penyakit yang satu ini cukup mengganggu aktivitas. Oleh karena itu banyak orang sering kali mencari obat yang dapat meredakan batuk dalam waktu yang cepat.

Bagi orang dewasa, batuk dapat diatasi dengan mudah menggunakan obat batuk di apotek. Namun, lain halnya dengan anak usia tiga tahun karena tentunya tidak semua obat batuk diperuntukkan untuk anak 3 tahun.

Apa saja obat batuk anak 3 tahun?

Obat batuk yang tersedia di apotek tidak dapat begitu saja diberikan untuk anak yang berusia tiga tahun. Faktanya, obat batuk yang dijual di apotek tidak dianjurkan untuk anak yang berusia di bawah enam tahun.

Obat batuk dari apotek belum tentu efektif untuk anak di bawah usia enam tahun dan terkadang justru dapat memberikan efek samping dan meningkatkan risiko overdosis obat pada anak. Lantas, apa obat batuk anak 3 tahun yang bisa digunakan?

1. Madu

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi gangguan tenggorokan.

Saat anak sudah berusia lebih dari satu tahun, Anda dapat memberikan satu sampai satu setengah sendok teh sampai satu sendok makan madu untuk meringankan batuk yang membandel.

Madu aman sebagai obat batuk anak 3 tahun dan memiliki efek yang sama dengan senyawa dextromethorphan yang mampu mengurangi batuk.

2. Lemon

Lemon yang asam dapat dicampurkan dengan madu sebagai obat batuk anak 3 tahun yang alami. Jika tidak ada madu, Anda juga bisa langsung memberikan irisan lemon untuk buah hati. Namun sebaiknya campurkan dengan air hangat agar tidak terlalu asam dan khawatir mengiritasi lambung.

3. Air hangat

Air mungkin bukanlah obat batuk anak 3 tahun yang terlintas di benak, tetapi jangan remehkan air karena air membantu mencegah dehidrasi dan membantu tubuh untuk bisa melawan organisme yang memicu batuk. Berikan air secukupnya untuk Si Kecil.

Akan lebih baik jika Anda memberikan buah hati air hangat untuk mengatasi dahak yang menghalangi pernapasannya.

4. Sup ayam

Selain hangat, sup ayam mengandung antiradang yang bisa meringankan batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

5. Jahe

Bumbu dapur serbaguna jahe sudah terbukti mampu mengatasi pilek dan batuk. Orangtua bisa menumbuk jahe dan merebusnya sampai air di panci tersisa setengah.

Setelahnya campurkan lemon dan madu untuk mengurangi rasa pahit dari jahe. Anda juga dapat langsung memberikan potongan jahe ke anak jika Si Kecil menyukai rasa dari jahe. Untuk batuk kering, tambahkan sejumput garam pada potongan jahenya.

6. Susu formula

Susu formula anak dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga batuk dapat teratasi. Jika batuk disebabkan oleh virus maka sebenarnya tidak membutuhkan obat, hanya tingkatkan sistem imun tubuh anak dengan cara memberikan susu, buah, sayur dan makanan bergizi lainnya. Sebaliknya, jika disebabkan bakteri maka dokter dapat meresepkan antibiotik.

7. Udara segar

Sejak dulu udara segar dipercaya dapat meredakan batuk. Membawa anak Anda keluar rumah untuk menghirup udara dan berolahraga saat udara sedang dingin atau sejuk bisa mengurangi batuk. Bila udara sangat dingin, jangan lupa juga untuk memberikannya baju hangat saat keluar rumah.

8. Air garam

Berkumur dengan air garam terdengar remeh, tetapi obat batuk anak 3 tahun ini tidak hanya murah tetapi efektif untuk meringankan batuk dan sakit tenggorokan.

Anda dapat membuat campuran air garam dengan memasukkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Biarkan anak berkumur dengan air garam setidaknya tiga kali sehari.

Namun, cara ini lebih baik digunakan pada anak yang sudah bisa berkumur tanpa menelan air garam.

9. Berjemur di pagi hari

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa berjemur di bawah matahari pagi dapat membantu menghangatkan tubuh dan membantu mematikan bakteri-bakteri sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Menghirup udara di pagi hari juga baik untuk kesehatan saluran pernapasan.

10. Menggunakan humidifier

Air humidifier atau pelembab ruangan dapat membantu mencegah kekeringan pada mukosa hidung dan saluran pernapasan sehingga terhindar dari iritasi.

11. Salep menthol

Salep menthol adalah alternatif lain obat batuk anak 3 tahun. Anda hanya perlu mengoleskan salep pada bagian depan leher dan dada Si Kecil. Perlahan-lahan, salep menthol akan membantu Anda untuk bisa bernapas dan mengurangi gejala batuk.

Selalu ikuti aturan pakai pada label salep menthol yang tertera dan dan pastikan salep menthol aman digunakan untuk anak berusia tiga tahun.

12. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi mencegah anak tersedak saat batuk. Jika anak batuk saat tertidur, air liur nya akan mudah masuk ke saluran napas sehingga menyebabkan batuk-batuk hingga muntah.

Catatan dari SehatQ

Bahan alami di atas bukanlah pengobatan utama, Anda tetap harus ke dokter,  terutama jika:

  • Batuk berdarah
  • Terus-menerus batuk
  • Batuk lebih dari 10 hari
  • Nyeri dada yang parah
  • Demam di atas 40 derajat celsius
  • Kesulitan bernapas ketika tidak batuk
  • Bibir dan wajah berwarna kebiruan ketika batuk
  • Mengi
  • Anak menarik-narik telinga yang mengindikasikan kemungkinan infeksi telinga
  • Kulit di antara rusuk atau leher masuk ke dalam setiap kali anak bernapas

Anda juga perlu membawa anak ke dokter jika batuk yang dialami buah hati tidak kunjung sembuh atau makin parah meskipun sudah diberikan obat batuk di atas.

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/toddler-cough-remedy#home-remedies
Diakses pada 6 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326301.php
Diakses pada 6 Februari 2020

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/effective-home-remedies-treat-cough-children_0086644/#gref
Diakses pada 6 Februari 2020

Artikel Terkait