Pilihan Obat Batu Ginjal Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Obat batu ginjal alami cukup beragam, salah satunya yakni cuka apel
Setelah berdiskusi dengan dokter, Anda bisa mencoba cuka apel sebagai obat cuka apel

Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan mineral dan garam di dalam ginjal. Dapat menimbulkan rasa sakit, kebanyakan kasus batu ginjal bisa dibantu dokter dengan konsumsi obat pereda nyeri. Selain itu, beberapa bahan yang ada di dapur juga bisa menjadi obat batu ginjal alami – diiringi dengan obat dan arahan dari dokter. Apa saja bahan tersebut?

7 Obat batu ginjal alami untuk bantu meluruhkan

Dengan bantuan dokter, obat batu ginjal alami berikut ini bisa Anda coba di rumah:

1. Air putih

Air putih dapat menjadi ‘obat’ batu ginjal alami saat Anda berusaha meluruhkan batu tersebut. Tingkatkan asupan air putih Anda menjadi 12 gelas dalam satu hari, dibanding yang biasanya 8 gelas. Seterusnya, jaga asupan air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menjadi salah satu faktor risiko utama terbentuknya batu ginjal. Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, Anda bisa menjaga agar warna urine tidak berubah menjadi kuning gelap. Penting pula untuk diketahui bahwa warna urine yang normal adalah kuning cerah dan pucat.

2. Perasan lemon

Lemon mengandung sitrat, senyawa kimia yang dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat membantu menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil agar bisa ‘turun’ lebih mudah bersama dengan urine. Dengan manfaat tersebut, Anda bisa rutin menambahkan perasan lemon ke air putih yang Anda konsumsi.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Tak sampai di situ, asam asetat juga memiliki kemampuan untuk mengikis nyeri yang disebabkan oleh masalah pada ginjal tersebut.

Untuk mencoba khasiat cuka apel sebagai obat batu ginjal alami, Anda bisa melarutkan dua sendok makan cuka apel ke sekitar 177 ml air. Kemudian, minumlah larutan tersebut sekali sehari dan tidak berlebihan.

Apabila Anda merupakan pasien yang mengonsumsi dan menggunakan insulin, digoksin, serta diuretik, cuka apeltidak boleh dikonsumsi. Pasien yang menderita diabetes juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba cuka apel untuk mengatasi batu ginjal.

4. Jus seledri

Jus seledri telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional serta diyakini membantu menyingkirkan racun pembentuk batu ginjal. Jus sayur ini pun dipercaya membantu meluruhkan batu ginjal di dalam tubuh.

Jus seledri obat batu ginjal alami
Jus seledri bisa dicoba untuk atasi batu ginjal

Jus seledri menjadi obat batu ginjal alami yang mudah dibuat – satu porsi untuk satu hari. Namun, beberapa orang tidak bisa mengonsumsi jus ini, seperti individu dengan gangguan perdarahan, penderita tekanan darah rendah, dan akan menjalani tindakan operasi.

Selain itu, apabila Anda mengonsumsi obat berikut ini, Anda juga tak bisa mengonsumsi jus seledri:

  • Levotiroksin
  • Litium
  • Obat yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari, seperti isotretinoin
  • Obat penenang, seperti alprazolam

5. Jus buah delima

Dengan kandungan molekul antioksidannya, jus delima juga telah lama dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Jus buah yang cantik ini diyakini mampu meluruhkan batu-batu yang terbentuk di tubuh beserta dengan racun lainnya.

Tak sampai di situ, jus buah delima juga menurunkan kadar keasaman urine. Keasaman urine yang lebih rendah dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal di kemudian hari.

Beberapa orang yang mengonsumsi obat tertentu tidak bisa mengonsumsi jus buah delima, misalnya:

  • Obat yang diubah oleh hati
  • Obat untuk atasi masalah tekanan darah
  • Obat antikolesterol seperti rosuvastatin

6. Daun basil

Basil adalah tanaman herbal yang daunnya sering digunakan untuk menyedapkan makanan. Seperti cuka apel, basil pun mengandung asam asetat yang diyakini berpotensi untuk meluruhkan batu ginjal dan mengurangi nyeri penderita penyakit ini. Kandungan molekul antioksidan dan antiradangnya juga berpotensi untuk menjaga kesehatan ginjal.

Basil obat batu ginjal alami
Daun basil mengandung asam asetat yang berpotensi mengatasi batu ginjal

Sebagai obat batu ginjal alami, Anda bisa meminum rebusan daun basil beberapa kali dalam sehari. Anda pun dapat mengolah daun basil menjadi jus atau ditambahkan ke makanan lain seperti smoothie.

Basil sebagai obat alami bisa dikonsumsi maksimal selama enam minggu. Apabila terlalu lama menggunakan tanaman ini untuk tujuan pengobatan, beberapa efek samping pun bisa terjadi. Misalnya, gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan meningkatnya perdarahan.

7. Rebusan kacang merah

Kacang merah juga dapat Anda coba untuk menangani batu ginjal di rumah. Rebusan kacang merah sendiri telah lama diminum untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan saluran kemih secara keseluruhan. Di samping itu, air rebusan kacang merah juga berpotensi untuk melarutkan dan meluruhkan batu ginjal.

Kapan harus ke dokter?

Apabila batu ginjal tak kunjung hilang selama enam minggu, Anda disarankan untuk segera menemui dokter. Selain itu, jika batu ginjal diiringi dengan gejala berikut ini, menemui dokter sangat disarankan:

  • Rasa sakit yang parah
  • Muncul darah di urine
  • Demam
  • Menggigil
  • Mual dan muntah

Catatan dari SehatQ

Obat batu ginjal alami bisa dikonsumsi untuk menangani batu ginjal sendiri. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melengkapi penanganan batu ginjal Anda bersama dengan obat-obat medis. Semoga bermanfaat!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/kidney-stone-remedies
Diakses pada 4 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-health/home-remedies-for-kidney-stones
Diakses pada 4 Mei 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-stones
Diakses pada 4 Mei 2020

Artikel Terkait