Pilihan Obat Balanitis pada Pria Berdasarkan Faktor Pemicunya

(0)
26 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat balanitis dapat beragam berdasarkan pemicunya, seperti krim steroid hingga antibiotikBalanitis dapat diobati dengan beberapa jenis obat, seperti krim steroid hingga antibiotik
Balanitis merupakan peradangan pada kepala penis. Kondisi medis ini dapat menimbulkan gejala yang bikin tak nyaman, seperti pembengkakan dan kemerahan pada kepala penis, gatal dan sakit di area penis, hingga keluarnya cairan dari penis. Obat balanitis diperlukan agar peradangan ini tak menimbulkan komplikasi pada penderitanya.

Pilihan obat balanitis berdasarkan penyebabnya

Balanitis dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari infeksi jamur hingga alergi. Untuk itu, obat balanitis akan diresepkan dokter berdasarkan pemicunya. Beberapa pilihan obat balanitis tersebut, termasuk:

1. Krim steroid

Peradangan pada kepala penis dapat disebabkan oleh reaksi alergi maupun iritan. Untuk menangani kasus balanitis ini, dokter akan meresepkan krim steroid ringan, seperti hidrokortison 1%.Di samping obat steroid, dokter mungkin juga akan memberikan obat antijamur atau antibiotik. Namun, jika terjadi infeksi, penggunaan krim steroid tidak bisa digunakan sendiri oleh pasien.Pria yang mengalami balanitis harus mendukung pemulihan kondisinya dengan hati-hati. Misalnya, pasien harus menghindari penggunaan sabun atau iritan lain sampai gejala balanitis hilang dengan sempurna.

2. Obat antibiotik

Apabila balanitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pasien akan diberikan antibiotik. Contoh antibiotik oral yang bisa digunakan untuk atasi balanitis yaitu penisilin. Antibiotik lainnya yang bisa digunakan yakni eritomisin.

3. Krim antijamur

Obat balanitis lain adalah krim antijamur, jika kasus peradangan disebabkan oleh infeksi jamur. Beberapa contoh krim jamur untuk atasi balanitis adalah clotrimazole dan miconazole. Saat menjalani pengobatan, pasien balanitis disarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan atau absen sama sekali.

4. Sunat atau sirkumsisi

Sirkumsisi atau sunat sebenarnya lebih merujuk pada tindakan medis untuk menangani balanitis. Sunat mungkin akan disarankan dokter apabila balanitis terus kambuh kambuh pada penderitanya. Balanitis pun memang dilaporkan lebih banyak terjadi pada pria yang tidak menjalani sirkumsisi atau sunat.

Menangani balanitis di rumah

Di samping mengonsumsi atau menggunakan obat balanitis dari dokter di atas, pria yang penisnya meradang juga perlu memerhatikan gaya hidupnya agar kondisi segera pulih.Beberapa cara yang perlu diterapkan untuk mempercepat penyembuhan balanitis, yaitu:
  • Menjaga kebersihan penis setiap saat
  • Jangan menggunakan sabun atau apa pun yang bisa memicu iritasi
  • Setelah buang air kecil, keringkan area penis (terutama di bawah kulup) dengan lembut
  • Alih-alih menggunakan sabun, gunakan emolien (pelembap) untuk membersihkan penis. Diskusikan dengan dokter untuk merek emolien yang aman dan terpercaya

Komplikasi balanitis jika tak segera ditangani

Apabila merasakan gejala balanitis, seperti pembengkakan dan kemerahan pada kulup penis, Anda harus segera mencari bantuan dokter. Mendapatkan obat balanitis dengan segera dapat menurunkan risiko komplikasi pada penis. Komplikasi tersebut, dapat berupa:
  • Terbentuknya jaringan parut pada pembukaan penis
  • Suplai darah yang tidak memadai menuju penis
  • Pencabutan kulup yang menyakitkan

Tips mencegah balanitis

Pada akhirnya, mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah terjadinya balanitis, gaya hidup bersih menjadi langkah utama yang perlu diterapkan. Beberapa tips pencegahan balanitis, yaitu:
  • Kulup harus ditarik agar kepala penis bisa terlihat
  • Area kelamin harus rutin dibersihkan dengan air hangat. Sabun sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Pembersih yang tak mengandung sabun bisa digunakan untuk membersihkan area penis, namun Anda harus selalu membilasnya hingga bersih
  • Setelah dibersihkan, keringkan penis dengan lembut
  • Bersihkan penis setelah berhubungan seks

Catatan dari SehatQ

Obat balanitis tidak bisa sembarangan dan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Apabila Anda merasakan gejala balanitis di atas, seperti pembengkakan dan kemerahan pada kepala penis, Anda harus segera mencari bantuan dokter.
balanitiskulup penisreproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/balanitis
Diakses pada 12 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/184715
Diakses pada 12 Mei 2020
Patient Info. https://patient.info/mens-health/penis-problems/balanitis
Diakses pada 12 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait