7 Bahan Pengobatan Alami Pengganti Salep Luka Bakar yang Ampuh

Banyak bahan alami seperti lidah buaya pengganti obat luka bakar yang menyakitkan
Selain salep, madu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar

Ketika memasak dan tangan tak sengaja terkena api, maka akan muncul luka bakar yang terasa panas dan menyakitkan. Anda pun mungkin akan langsung mengoleskan salep luka bakar untuk mengobatinya.

Akan tetapi, ada beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati luka bakar. Pengobatan alami untuk luka bakar ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan luka bakar, serta membantu meningkatkan penyembuhan luka bakar.

[[artikel-terkait]]

2 Pengobatan Alami Pengganti Salep Luka bakar

Studi menunjukkan bahwa sejumlah pengobatan alami dapat membantu mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. Berikut beberapa pengobatan alami untuk luka bakar:

1. Madu

Beberapa penelitian menunjukkan, mengoleskan madu ke luka bakar dapat membantu meningkatkan penyembuhan, dan mengurangi peradangan. Madu efektif dalam mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Madu juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat pertama dan kedua. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya langsung pada luka bakar anda sebanyak sekali atau dua kali dalam sehari hingga sembuh. Lidah buaya memiliki sifat antiperadangan, meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Gel lidah buaya juga dapat menenangkan rasa sakit, serta mencegah lecet dan jaringan parut.

3. Calendula

Calendula merupakan bunga yang memiliki sifat anti-inflamasi. Para peneliti menemukan, menerapkan ekstrak calendula pada kulit yang memiliki luka bakar dapat meningkatkan penyembuhan.

4. Cuka putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit, gatal, dan radang luka bakar. Cuka putih memiliki sifat antiseptik sehingga membantu menjaga luka bakar anda dari infeksi.

Anda dapat merendam handuk atau gunakan kapas ke dalam cuka untuk dijadikan kompres luka bakar, atau mencelupkan cotton bud pada cuka, sebelum dioleskan pada luka bakar anda.

5. Teh hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit.

Caranya, letakkan dua atau tiga kantong teh hitam basah yang dingin di atas luka bakar anda. Lalu, gunakanlah kain kasa untuk menahannya agar tidak bergerak-gerak.

6. Susu

Susu mengandung lemak, dan protein yang dapat menenangkan luka bakar serta meningkatkan penyembuhannya. Anda dapat merendam luka bakar dalam susu selama 15 menit. Selain itu, yoghurt susu penuh lemak juga dapat membantu mendinginkan dan melembabkan  kulit kering luka bakar anda.

7. Gandum

Gandum menjadi salah satu pilihan dalam mengobati luka bakar secara alami. Sebab, gandum mampu mengurangi peradangan, dan menenangkan kulit kering luka bakar anda.

Anda dapat menambahkan secangkir gandum ke dalam air, dan merendam luka bakar selama 20 menit. Hal tersebut dapat meredakan luka bakar anda, dan mengurangi rasa gatalnya.

4 Dampak berdasarkan tingkat luka bakar

Luka bakar tingkat pertama biasanya akan sembuh dalam 7-10 hari. Sementara itu, luka bakar tingkat kedua biasanya sembuh dalam 2-3 minggu. Berdasarkan tingkat keparahannya luka bakar dibagi ke dalam empat tingkatan, sebagai berikut.

  • Tingkat pertama: Luka bakar hanya mempengaruhi lapisan luar kulit. Biasanya menyebabkan rasa sakit yang ringan, kemerahan dan pembengkakan.
  • Tingkat kedua: Luka bakar mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan lepuh.
  • Tingkat ketiga: Luka bakar mempengaruhi semua lapisan kulit.
  • Tingkat keempat: Luka bakar menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi.

Sebagian kasus luka bakar dapat dirawat di rumah. Namun sejumlah kasus lainnya, membutuhkan perhatian medis.

Menghindari atau menunda perawatan dapat menyebabkan kondisi serius. Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan, segera setelah anda mendapat luka bakar.

Akan tetapi, jika luka bakar tak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan alami untuk luka bakar, maka anda harus melakukan perawatan medis.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-burns#dont-use
Diakses pada 6 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319768.php
Diakses pada 6 Mei 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/burn-remedies-89945
Diakses pada 6 Mei 2019

Reader’s Digest. https://www.rd.com/health/conditions/home-remedies-for-burns/
Diakses pada 6 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed