6 Obat Alami Gusi Bengkak yang Bisa Dicoba di Rumah

Obat alami gusi bengkak bermacam-macam, mulai dari minyak atsiri hingga gel kunyit.
Obat alami gusi bengkak yang bisa dicoba di rumah meliputi lidah buaya, gel kunyit, hingga minyak atsiri.

Ada berbagai macam obat alami gusi bengkak yang dipercaya oleh masyarakat, mulai dari kunyit, kompres dingin atau hangat, hingga air garam. Meski bermanfaat, obat alami gusi bengkak ini sebaiknya tidak dijadikan pengobatan utama.

Sebab, beberapa obat alami tersebut tidak mampu mengatasi gusi bengkak secara maksimal dan menyeluruh. Oleh karena itu, berkonsultasi ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan medis tetap disarankan.

Meski demikian, beberapa jenis obat alami gusi bengkak di bawah ini tetap bisa Anda jadikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan gusi bengkak yang Anda alami.

Obat alami gusi bengkak, apa saja?

Gusi bengkak memiliki beberapa penyebab, yakni gingivitis (peradangan gusi), infeksi (baik virus atau jamur), malnutrisi, kehamilan, sampai efek samping pengobatan.

Sebagai tindakan pertolongan pertama di rumah, berikut beberapa obat alami gusi bengkak yang bisa Anda gunakan.

1. Air garam

Menurut sebuah studi, air garam terbukti sebagai obat alami gusi bengkak ampuh. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berisikan air hangat, kemudian kumurlah selama 30 detik.

Buang kembali airnya, jangan ditelan. Setelah itu, lakukanlah sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Kompres dingin atau hangat

Siapa sangka, kompres dingin atau hangat dapat menjadi obat alami gusi bengkak yang bisa dicoba di rumah?

Ya, kompres dingin atau hangat dianggap ampuh meredakan pembengkakan dan rasa nyeri yang sering kali menemani gusi bengkak.

Cara menggunakan obat alami gusi bengkak ini cukup mudah, rendam kain bersih di dalam air hangat, setelah itu peras untuk mengeluarkan airnya. Kemudian, letakkan kompres hangat ini di bagian wajah selama 5 menit.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, jangan meletakkan kompres hangat ke gusi secara langsung.

Untuk kompres dingin, cara membuatnya juga mudah. Bungkuslah es batu yang sudah dihancurkan dengan kain bersih dan tempelkan ke wajah selama 5 menit.

Keduanya obat alami gusi bengkak ini dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

3. Gel kunyit

Kunyit
Kunyit bisa dipakai sebagai obat alami gusi bengkak

Obat alami gusi bengkak selanjutnya datang dari rempah-rempah. Ya, kunyit ternyata bisa jadikan gel dan bertindak sebagai obat alami gusi bengkak.

Sebab, kunyit mengandung kurkumin yang memiliki komponen antiperadangan dan bertindak sebagai antioksidan.

Sebuah studi menemukan bahwa gel kunyit ampuh dalam mencegah gingivitis, yakni salah satu penyebab gusi bengkak paling umum.

Cara mengaplikasikan obat alami gusi bengkak ini juga mudah. Pertama-tama, sikatlah gigi Anda sampai bersih, kemudian berkumurlah dengan air bersih.

Setelah itu, oleskan gel kunyit di gusi dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah meresap dengan baik ke dalam gusi, berkumur dengan air putih. Ingat, air bekas kumurannya jangan ditelan, tapi dibuang.

4. Minyak atsiri

Dalam jurnal European Journal of Dentistry, minyak atsiri (essential oils) peppermint, tea tree, dan timi dapat mencegah perkembangan mikroorganisme penyebab penyakit di dalam mulut. Berbagai obat alami gusi bengkak ini juga mudah dilakukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan tiga tetes minyak atsiri peppermint, timi, atau tea tree ke dalam 226 gram air hangat. Setelah itu, berkumurlah dengan air yang sudah tercampur dengan minyak atsiri ini. Setelah 30 detik, buang kembali air yang ada di mulut, pastikan Anda tidak menelannya.

5. Lidah buaya

Obat alami gusi bengkak selanjutnya adalah lidah buaya. Menurut Journal of Clinical and Experimental Dentistry, lidah buaya dapat bertindak sebagai obat gingivitis yang efektif.

Caranya juga tidak susah, berkumurlah dua sendok teh air kumur lidah buaya. Namun ingat, setelah berkumur, jangan menelan airnya. Lakukanlah metode ini sebanyak dua kali dalam sehari, selama 10 hari.

6. Teh herbal

Teh hijau
Teh hijau sebagai obat alami gusi bengkak

Selain ampuh menenangkan pikiran, teh herbal ternyata juga bisa menjadi obat alami gusi bengkak. Sebab, banyak teh herbal yang mengandung tannin, yakni komponen yang bisa meredakan nyeri pada gusi saat pembengkakan terjadi.

Berbagai macam teh, seperti teh hijau atau teh hitam, bisa menjadi obat alami gusi bengkak yang ampuh meredakan gejala nyerinya.

Tidak hanya itu, teh jahe ataupun teh chamomile pun juga bisa dijadikan obat alami gusi bengkak yang mengatasi peradangan.

Selain meminumnya, Anda juga boleh mengambil kantong tehnya, lalu merendamnya di dalam air hangat. Setelah itu, letakkan saja di bagian gusi bengkak yang terasa nyeri.

Kapan harus ke dokter?

Berbagai obat alami gusi bengkak di atas tidak bisa memberikan hasil penyembuhan yang maksimal. Sebagai solusinya, Anda bisa berkunjung ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh.

Selain itu, jika gusi bengkak yang Anda alami memiliki karakteristik berikut, segera kunjungi dokter gigi untuk mencegah komplikasi:

  • Rasa nyeri yang tak hilang
  • Rasa nyeri luar biasa
  • Pembengkakan
  • Demam.

Berbagai gejala di atas bisa mengindikasikan adanya penyakit yang lebih serius. Maka dari itu, jangan ragu untuk datang ke dokter.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai obat alami gusi bengkak di atas tidak dapat menyembuhkan gusi bengkak secara menyeluruh, namun Anda dapat menjadikannya sebagai pertolongan pertama untuk meredakan masalah ini. Guna menyembuhkan gusi bengkak, kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-swollen-gums#causes
Diakses pada 20 Juli 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326107#7-home-remedies
Diakses pada 20 Juli 2020

Artikel Terkait