6 Obat Alami Cacar Air yang Bisa Dicoba di Rumah

(0)
28 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat alami cacar air untuk anak sangatlah beragam, mulai dari soda kue hingga madu.Teh chamomile adalah salah satu obat alami cacar air yang dapat dicoba.
Obat alami cacar air untuk anak tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama. Sebab, obat-obatan resep dari dokter tetap dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.Namun, beberapa riset membuktikan bahwa beberapa obat alami cacar air untuk anak terbukti ampuh mengusir gejala cacar air yang mengganggu.Mari kenali berbagai obat alami cacar air untuk anak yang bisa dicoba di rumah ini.

Obat alami cacar air untuk anak

Sebelum mengenal berbagai obat alami cacar air untuk anak, orangtua juga harus memahami penyakit yang satu ini.Cacar air atau chicken pox adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar air menyebabkan ruam kemerahan dan gatal dengan lepuh kecil berisi air pada kulit.Bagi anak-anak yang belum pernah mengidap cacar air, sebaiknya orangtua harus lebih waspada. Sebab, cacar air sangatlah menular.Anak bisa mengalami gejala cacar air berupa demam, hilangnya nafsu makan, sakit kepala, hingga merasa lelah lesu. Untuk menanganinya di rumah, cobalah beberapa obat alami cacar air ini:

1. Oatmeal

Obat alami cacar air yang pertama ialah mandi dengan oatmeal. Sebab, oatmeal dipercaya bisa meredakan gejala gatal yang seringkali dirasakan penderita cacar air.Terlebih lagi, obat alami cacar air ini bisa mencegah penyebaran cacar air ke area kulit tubuh lainnya.
Cara mandi oatmeal juga mudah. Siapkan satu cangkir oatmeal, kemudian blender hingga teksturnya halus.
Setelah itu, siapkan air hangat di bak mandi dan taburkan serbuk oatmeal yang sudah diblender tadi.Ajak anak untuk berendam di dalam air berisikan oatmeal selama 20 menit, jangan lebih dari itu.Selain itu, orangtua juga boleh langsung mengoleskan losion oatmeal ke bagian kulit anak yang gatal-gatal akibat cacar air.

2. Soda kue

Soda kue
Soda kue sebagai obat alami cacar air
Sama seperti oatmeal, soda kue juga dipercaya sebagai obat alami cacar air yang bisa meredakan gejala gatal-gatal pada penderita cacar air.Campurkan satu cangkir soda kue ke dalam bak mandi berisikan air hangat, dan ajaklah anak Anda berendam di dalamnya selama 15-20 menit.Jika memang obat alami cacar air ini ampuh dalam menghilangkan gejala gatal pada Si Kecil, menggunakannya selama tiga kali dalam sehari juga diperbolehkan.

3. Teh chamomile

Metodenya masih sama seperti oatmeal dan soda kue. Namun kali ini Anda bisa menggunakan teh chamomile yang dianggap ampuh sebagai obat alami cacar air.Siapkan satu kantung teh chamomile atau bunga chamomile, kemudian tuangkan ke dalam bak mandi berisikan air hangat. Niscaya, gatal-gatal akibat cacar air dapat diredakan.Teh chamomile dipercaya bisa menjadi obat alami cacar air karena mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri.

4. Kompres dingin

Kompres dingin memang dianggap sebagai solusi untuk banyak masalah kulit, salah satunya sebagai obat alami cacar air. Meletakkan kompres dingin di bagian kulit yang mengalami gatal-gatal akibat cacar air, dipercaya sangat efektif untuk hilangkan rasa gatal yang mengganggu.

5. Permen yang tidak mengandung gula

Permen yang tidak mengandung gula dipercaya bisa menjadi obat alami cacar air. Sebab, cacar air tidak hanya muncul di bagian kulit saja, tapi juga bisa di dalam mulut. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang timbul di dalam mulut.Jika Si Kecil mengisap permen yang tak mengandung gula, dipercaya rasa sakit yang ditimbulkan cacar air di mulut akan hilang.Selain itu, produksi air liur juga akan bertambah, sehingga anak akan mendapatkan banyak cairan dan terhindar dari dehidrasi.

6. Madu

Madu
Madu sebagai obat alami cacar air
Menurut sebuah riset, madu memiliki kemampuan untuk melawan virus varicella-zoster. Itulah sebabnya, madu menjadi obat alami cacar air yang bisa dicoba untuk mengatasi cacar air pada anak.Namun ingat, walau madu punya banyak manfaat, jangan memberikan madu pada anak kecil berusia di bawah 12 bulan, karena risiko penyakit botulisme akan meningkat!

Segera ke dokter jika hal ini terjadi

Perlu diingat, obat alami cacar air yang sudah dijelaskan di atas tidak bisa dijadikan pengobatan utama dalam mengatasi cacar air. Berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan medis tetap diperlukan untuk hasil yang memuaskan.Selain itu, jika beberapa hal di bawah ini terjadi, segeralah datang ke dokter dan meminta bantuan:
  • Jika anak Anda berusia di bawah 1 tahun dan mengalami cacar air
  • Jika anak Anda memiliki sistem imun tubuh yang lemah
  • Saat anak mengalami demam tinggi sehingga suhu tubuhnya mencapai 39 derajat Celcius
  • Apabila anak merasa kebingungan, sulit bernapas, ruam yang berdarah, hingga leher kaku
Terkadang, dokter juga akan memberikan obat-obatan antivirus untuk mengatasi cacar air. Itulah sebabnya, beberapa obat alami cacar air di atas tidak bisa dijadikan pengobatan utama.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai obat alami cacar air di atas tidak akan diperlukan, jika Anda bisa mencegah cacar air sedari dini. Pastikan anak mendapatkan vaksin yang diperlukan untuk melindunginya dari cacar air. Jadi apabila terinfeksi virus varicella-zoster di kemudian hari, gejalanya tidak akan parah.Selain itu, berkonsultasilah pada dokter sebelum mencoba berbagai obat alami cacar air di atas pada anak Anda. Sebab, bisa saja ada efek samping yang datang.
penyakitcacar airkesehatan anakvarisela zoster
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chickenpox/symptoms-causes/syc-20351282
Diakses pada 14 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-chickenpox#mittens
Diakses pada 14 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326051#safety-considerations-for-children
Diakses pada 14 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3401066/
Diakses pada 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait