Obat Alami Biduran untuk Kulit Bebas dari Gatal dan Ruam


Obat alami biduran sangatlah beragam, mulai dari lidah buaya sampai kompres dingin. Jika biduran tidak kunjung hilang dalam waktu lebih dari sehari, maka beberapa obat alami biduran ini patut dicoba.

(0)
03 Mar 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Rasa gatal dan perih dari ruam di kulit akibat biduran ini bisa diobati dengan berbagai cara alami, lho!Obat alami biduran bermacam-macam, mulai dari lidah buaya sampai kompres dingin.
Biduran atau urtikaria adalah kondisi gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Penyebab biduran pun beragam, mulai dari obat-obatan, makanan, infeksi, hingga sengatan serangga. Jika biduran terjadi pada Anda, cobalah beberapa obat alami biduran yang mungkin bisa mengobatinya.

Sederet obat alami biduran ampuh yang bisa dicoba

Biduran muncul saat tubuh bereaksi terhadap alergen (pemicu alergi) dan melepas histamin dari bawah permukaan kulit. Keberadaan histamin menyebabkan peredangan dan penumpukan cairan di bawah kulit. Akhirnya, timbullah benjolan berwarna merah yang kita sebut biduran.Jika mengalami biduran, ada sederet cara mengatasi biduran, salah satunya dengan beberapa obat alami biduran yang bisa jadi pilihan, seperti berikut ini:

1. Oatmeal

Oatmeal memiliki senyawa antiinflamasi yang bisa meredakan biduran. Masukkan saja satu setengah cangkir oatmeal ke dalam bak mandi, yang berisikan air dengan suhu normal. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk mandi.Anda juga bisa berendam di dalam bak mandi berisikan air oatmeal selama 15 menit. Pastikan tidak menggaruk biduran saat sedang mengeringkan badan dengan handuk.Namun, jangan gunakan obat biduran ini jika Anda alergi terhadap oatmeal.

2. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya, obat alami dari banyak penyakit
Sama seperti oatmeal, lidah buaya juga memiliki senyawa antiinflamasi yang sering digunakan untuk mengobati luka akibat terbakar sinar matahari. Itulah sebabnya, lidah buaya dianggap sebagai obat alami biduran yang cukup efektif, lho.Sebelum Anda mengoleskan lidah buaya ke area kulit yang terdampak, pastikan dulu bahwa Anda tidak ada alergi terhadap lidah buaya.Oleskan lidah buaya beberapa kali dalam sehari, untuk hasil yang maksimal.

3. Kompres dingin

Kompres
Kompres dingin bisa bantu hilangkan biduran
Hati-hati, biduran dapat semakin parah jika terkena panas. Itulah sebabnya, mengompresnya dengan kain dingin bisa membantu meredakan gejalanya.Bungkus es batu dalam handuk atau kain bersih, kemudian kompreskan ke area biduran di kulit.
Bahan-bahan di atas bisa membantu meredakan biduran. Tanpa menggunakannya pun, biduran akan hilang dengan sendirinya.
Meski begitu, Anda juga tetap bisa mencoba beberapa obat alami biduran di rumah. Selain itu, ada pengobatan medis yang juga bisa jadi pilihan.

Pengobatan medis biduran

Walau beberapa obat alami biduran di atas bisa dengan mudah dicoba di rumah, tidak ada salahnya menggunakan obat dari apotek dan berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, beberapa obat-obatan biduran seperti antihistamin, kalamin dan steroid dipakai untuk mengobati biduran dengan efektif.
  • Antihistamin

Antihistamin adalah obat-obatan yang dikonsumsi untuk menangani reaksi alergi, seperti biduran. Beberapa obat-obatan antihistamin yang dapat dibeli di apotek misalnya fexofenadine, loratadine, cetirizine, dan diphenydramine.Namun, jika pengobatan dengan antihistamin tidak bisa memberikan hasil maksimal, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat.
  • Krim kalamin

Selain obat-obatan oral, ada juga obat dalam bentuk losion yang bisa digunakan untuk mengobati biduran.Losion kalamin menjadi obat oles yang sering dipakai untuk meredakan ruam membandel akibat biduran.
  • Steroid

Jika antihistamin tidak bisa menyembuhkan biduran yang Anda rasakan, maka dokter juga bisa merekomendasikan obat steroid oral seperti prednisone. Saat biduran sudah membaik, biasanya dokter akan menurunkan dosis steroidnya, sampai akhirnya dihentikan.Namun, steroid biasanya hanya digunakan sebagai pengobatan medis biduran untuk sementara waktu. Sebab, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, efek samping berbahaya bisa muncul.
  • Omalizumab

Omalizumab adalah obat suntuk yang bertugas untuk menghambat immunoglobin E (komponen yang menyebabkan reaksi alergi). Obat ini dapat meredakan gejala urtikaria atau biduran kronis. Biasanya, biduran kronis dapat terjadi hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya.
  • Vitamin D

Vitamin D dalam bentuk suplemen terbukti dapat meredakan gejala biduran secara efektif. Sebuah riset dari University of Nebraska Medical Center meminta partisipan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3 yang dapat dibeli di apotek.Partisipan tersebut terbagi menjadi dua kelompok; yang pertama diminta untuk mengonsumsi 600 IU vitamin D3, dan kelompok lainnya mengonsumsui 4000 IU vitamin D3.Setelah 1 minggu, kelompok yang mengonsumsi 600 IU vitamin D3 dalam bentuk suplemen, mengalami penurunan gejala biduran hingga 33%. Sedangkan kelompok yang mengonsumsi 4000 IU suplemen vitamin D3, mengalami penurunan gejala biduran hingga 40%.Namun ingat, untuk mengonsumsi vitamin D3 sebanyak itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter.
  • Akupunktur

Mungkin sebagian dari Anda kaget ketika tahu bahwa akupunktur dijadikan sebagai metode pengobatan biduran. Ya, sebuah riset dari tahun 2016 menjabarkan bahwa akupunktur bisa meredakan gejala biduran secara efektif.Namun, di dalam riset yang sama, para peneliti menegaskan bahwa temuan mereka masih belum cukup untuk membuktikan bahwa akupunktur telah terbukti efektif meredakan gejala biduran.Jangan pernah mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan di atas tanpa anjuran dari dokter. Bisa saja, ada efek samping yang timbul karena Anda menggunakannya tanpa pengawasan dokter.

Cara efektif mencegah biduran

Jika biduran telah berhasil diobati, ada baiknya Anda mengetahui cara mencegah biduran agar tidak kembali muncul. Beberapa cara mencegah biduran ini:
  • Mengurangi konsumsi makanan yang memancing pelepasan histamin (bayam, ikan, tomat, daging, hingga cokelat)
  • Menggunakan pakaian yang longgar
  • Tidak menggaruk kulit
  • Mengunakan sabun untuk kulit sensitif
  • Menghindari pemicu biduran pada kulit Anda
  • Menggunakan kipas, air dingin, atau kompres untuk mendinginkan area biduran
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Mengurangi stres

Kapan harus ke dokter?

Tingkat keparahan biduran setiap orang berbeda-beda. Namun jika obat alami biduran tidak bisa menyembuhkan rasa gatal dan ruam merah yang Anda rasakan, ini saat yang tepat untuk pergi ke dokter.
  • Terlebih, jika Anda mengalami kondisi berikut ini:
  • Gejala yang bertahan berhari-hari
  • Gelaja yang semakin buruk
  • Ruam yang perih dan menimbulkan luka
  • Gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Tenggorokan atau wajah membengkak
  • Sulit bernapas
  • Merasa sesak di dada
Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, berkonsultasilah dengan dokter. Apalagi kalau ternyata beberapa obat alami biduran di atas tidak efektif dalam menghilangkan gatal dan ruam di kulit Anda.
kulit sehatperawatan kuliturtikariabiduran
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/hives-urticaria-angioedema#1
Diakses pada 3 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/157260#causes
Diakses pada 3 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hives#aloe-vera
Diakses pada 3 Maret 2020
Up To Date. https://www.uptodate.com/contents/hives-urticaria-beyond-the-basics#H16
Diakses pada 3 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait