Merasa Nyeri Sendi Jari Tangan? Mungkin 10 Faktor Ini Pemicunya


Hampir seluruh aktivitas memerlukan tangan untuk menuntaskannya. Itu sebabnya, nyeri sendi jari tangan bisa terasa sangat mengganggu. Untuk tahu cara menangani yang tepat, ketahui dulu apa penyebab sakit jari tangan.

0,0
14 Jul 2021|Azelia Trifiana
Nyeri sendi di tangan dapat mengganggu aktivitas harianNyeri sendi di tangan dapat mengganggu aktivitas harian
Hampir seluruh aktivitas memerlukan tangan untuk menuntaskannya. Itu sebabnya, nyeri sendi jari tangan bisa terasa sangat mengganggu. Untuk tahu cara menangani yang tepat, ketahui dulu apa penyebab sakit jari tangan.Biasanya, ciri utama yang terasa adalah jari tangan sakit saat ditekuk. Bukan hanya itu, persendian juga sangat mungkin menjadi kaku.

Penyebab sakit jari tangan

Beberapa hal yang umum menyebabkan nyeri sendi jari tangan adalah:

1. Carpal tunnel syndrome

Sindrom karpal juga bisa jadi penyebab jari tangan sakit saat ditekuk. Pemicu terjadinya sindrom ini adalah tekanan berlebihan pada saraf dan juga pergelangan tangan. Ketika kondisinya kian parah, mungkin juga muncul rasa kram dan sensasi terbakar di jari tangan.

2. Cedera sendi

Penyebab pertama yang termasuk paling umum terjadi adalah cedera sendi. Ini terjadi ketika ligamen yang ada di jari tertarik atau robek. Contohnya ketika sedang berolahraga, terjatuh, salah posisi saat mengangkat beban berat, dan aktivitas lainnya.Gejala yang muncul akibat cedera sendi ini bukan hanya sakit jari tangan saja, namun kadang juga disertai dengan pembengkakan. Tentu saja, jari tangan sakit saat ditekuk juga tidak terhindarkan.

3. Trigger finger

trigger finger
Trigger finger sering dialami musisi
Kondisi trigger finger juga bisa menyebabkan jari tangan sakit saat ditekuk. Ini terjadi ketika salah satu jari seakan terkunci dalam posisi menekuk. Penyebabnya adalah peradangan yang menyebabkan ruang di dalam selubung sekeliling tendon menyempit.Sensasi sakit jari tangan ini juga kerap dialami siapa saja mulai dari petani hingga musisi. Ruas jari yang mengalami kondisi ini juga akan tampak kaku dan sulit digerakkan.

4. Dislokasi persendian

Sesuai namanya, ini terjadi apabila persendian jari mengalami dislokasi sehingga posisinya tidak tepat. Jangan sembarangan menangani kondisi ini karena perlu ada terapi mengembalikan posisi seperti semula oleh tenaga medis profesional.

5. Tulang patah atau retak

Tulang yang retak atau patah juga bisa menjadi penyebab nyeri sendi jari tangan. Apabila cedera ini terjadi dekat dengan persendian jari, maka akan muncul rasa sakit ketika ditekan. Selain itu, gejala lain yang menyertai adalah rasa kebas dan gerakan terbatas.

6. Metastasis

Metastasis adalah tumor yang muncul ketika sel-sel kanker sudah menyebar ke tulang. Kondisi ini cukup langka terjadi dan umumnya dialami oleh pasien kanker. Gejala yang muncul mulai dari rasa nyeri di tulang dan tangan menjadi lebih lemah.

7. Arthritis

Jenis arthritis yang paling umum menyebabkan nyeri sendi jari tangan adalah rheumatoid arthritis. Kondisi autoimun ini menyebabkan seseorang mengalami radang sendi kronis. Selain itu, gejala lain adalah jari tangan terasa kaku, sakit, dan bentuknya tidak normal.

8. Diabetes

Kondisi medis seperti diabetes bisa menyebabkan kerusakan saraf. Akibatnya, sangat mungkin muncul gejala rasa sakit, kebas, dan kesemutan di kaki dan juga tangan. Istilah medis untuk kondisi ini adalah neuropati perifer yaitu kerusakan saraf akibat kadar gula darah tinggi yang kronis.

9. Infeksi bakteri

Ada radang sendi akibat infeksi bakteri yang cukup serius dan menimbulkan sensasi sakit jari tangan luar biasa. Sebutan lainnya adalah septic arthritis. Ketika bakteri masuk ke persendian, tulang rawan akan melemah dengan cepat. Konsekuensinya, muncul rasa sakit disertai bengkak, kemerahan, dan sulit digerakkan.

10. Psoriasis arthritis

Penderita psoriasis juga bisa mengalami radang sendi yang disebut dengan psoriasis arthritis. Gejalanya mulai dari nyeri sendi jari tangan, pembengkakan, hingga terasa kaku ketika digerakkan. Kondisi ini paling sering dialami orang dewasa dalam rentang usia 30-50 tahun.

Penanganan radang sendi jari tangan

Apabila nyeri sendi jari tangan terjadi akibat cedera otot atau tendon, penanganannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Asalkan tidak ada rasa nyeri atau bengkak yang sampai mengganggu aktivitas.Sakit jari tangan yang ringan bisa diredakan dengan beberapa cara berikut:
  • Istirahatkan persendian dari aktivitas
  • Kompres es untuk mengurangi bengkak
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen
  • Mengaplikasikan obat pereda nyeri oles
  • Merekatkan jari yang terasa sakit ke jari normal untuk menopang
Tentu penanganan di atas hanya berlaku untuk kondisi yang ringan dan tidak berkaitan dengan penyakit medis lain. Jika tidak yakin dengan mengapa jari tangan saat ditekuk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitnyeri sendiradang sendi
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/finger_pain/symptoms.htm
Diakses pada 29 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-in-finger-joint-when-pressed#causes
Diakses pada 29 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/finger-joint-pain
Diakses pada 29 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/finger-pain#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 29 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait