Sederet Obat Sariawan Alami yang Patut untuk Dicoba


Obat sariawan alami bisa Anda temukan di rumah. Mulai dari soda kue, lidah buaya, madu, teh, hingga kumur air garam adalah contoh obat sariawan tradisional yang bisa dicoba untuk mengatasi sariawan.

0,0
16 Jun 2021|Azelia Trifiana
Contoh obat sariawan alami, yaitu lidah buaya, madu, dan teh.Sariawan adalah penyakit yang tidak menular dan dapat sembuh dengan sendirinya
Akan selalu ada masa ketika seseorang mengalami sariawan. Mau tidak mau, tamu yang satu ini memang kerap datang tak diundang. Untungnya, obat sariawan alami mudah ditemukan dan bisa dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di rumah.Terutama bagi orang yang sensitif, biasanya sariawan lebih mudah muncul karena berbagai pemicu. Misalnya ketika orang lain biasa-biasa saja saat mengonsumsi jus jeruk, mereka yang sensitif bisa mengalami sariawan, karena zat asam dari jus itu bisa “merusak” jaringan di dalam mulut.

Obat sariawan alami 

Beberapa opsi obat sariawan alami di bawah ini bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah dan bahkan bisa Anda buat sendiri. Tapi jangan asal pakai saja, Anda tetap harus memperhitungkan kondisi diri dan mencari tahu apa kandungan dari obat sariawan tradisional yang bisa menyembuhkan.Berikut ini obat sariawan tradisional yang layak dicoba:

1. Soda kue

Salah satu obat sariawan alami yang paling populer adalah menggunakan soda kue. Bubuk dalam soda kue mengandung alkaline yang dapat menetralisir kondisi asam, pemicu iritasi pada sariawan.Tak hanya itu, soda kue juga membantu membunuh bakteri sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Caranya pun mudah, Anda cukup berkumur dengan 1 sendok teh soda kue yang dimasukkan ke ½ gelas air hangat. 

2. Lidah buaya

Tak hanya berkhasiat untuk rambut, rupanya lidah buaya bisa jadi obat sariawan herbal. Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan dan membuat Anda tidak terlalu merasakan nyeri akibat sariawan. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengeringkan area yang terkena sariawan. Kemudian, tempelkan gel lidah buaya dengan sendok bersih ke titik sariawan Anda. Metode ini bisa diulang hingga beberapa kali.

3. Kantong teh

Adakah teh di rumah Anda? Maka coba menjadikannya sebagai obat sariawan herbal berikutnya. Anda hanya perlu menempelkan kantong teh yang lembab ke sariawan selama sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda akan merasakan nyeri sariawan sedikit reda. Cara ini bisa dicoba untuk diulang beberapa kali asal tetap memperhitungkan kebersihan kantong teh yang digunakan.

4. Kumur air garam

Kabar baiknya, berkumur air garam ternyata bukan hanya obat sakit gigi alami saja. Anda juga bisa mengaplikasikan cara yang sama untuk mengobati sariawan secara alami. Cukup berkumur dengan garam yang telah dicampur dengan air hangat selama 30 detik.Air garam ini ternyata serupa dengan saline, salah satu cairan alami tubuh yang menciptakan rasa nyaman seakan “melapisi” sariawan. Jika ingin hasil yang lebih cepat, tak ada salahnya menambahkan kadar garam dalam air kumur Anda. Semakin tinggi kandungan sodium klorida, akan semakin banyak air yang tertarik dari jaringan sekitarnya. Ada metode osmosis atau perpindahan cairan dari konsentrasi tinggi ke yang lebih rendah. Cara ini membuat luka terbuka pada sariawan lebih cepat sembuh.

5. Oleskan madu

Selain kumur air garam, madu juga merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri, sehingga baik untuk mengobati sariawan dan mengurangi peradangan.Cara mengobati sariawan dengan madu, yaitu dengan mengoleskannya ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari agar sariawan bisa lebih cepat sembuh.  Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu yang murni dan tidak melewati proses pasteurisasi.

6. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Supaya sariawan bisa cepat sembuh, Anda sebaiknya memperhatikan kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, dan zat besi untuk mencegah sariawan semakin parah. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, berbagai nutrisi untuk mengatasi sariawan lainnya juga bisa Anda peroleh dari suplemen tambahan.

7. Teh akar manis

Istilah lain dari akar manis adalah licorice. Bahan ini kerap menjadi kandungan utama teh yang bisa meredakan sariawan. Caranya hanya dengan merebus satu kantong teh akar manis di air mendidih dan tunggu selama 10 menit.Kemudian, minum rebusan teh akar manis ini. Tapi ingat, cara ini mungkin tidak terlalu bersahabat bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Kandungan akar manis bisa memancing meningkatnya tekanan darah atau menurunkan level potasiumSelain beberapa obat sariawan alami di atas, sebaiknya Anda juga memilah lebih ketat lagi apa yang dikonsumsi. Pilih makanan dengan pH yang basa (8-14) atau netral (7). Makanan dengan pH 3-7 cenderung asam dan sebaiknya dihindari untuk sementara.Mudahnya, makanan yang mengadung pH asam adalah yang telah diproses atau bahkan berbentuk kemasan. Makanan-makanan ini telah ditambahkan kadar keasamannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan lebih awet.Selain makanan dalam kemasan, sebaiknya untuk sementara hindari jus buah dalam kemasan, selai, dan buah-buahan yang cenderung asam. Jangan pula mempertemukan sariawan Anda dengan minuman soda yang mengandung kadar asam tinggi.Di sisi lain, penderita sariawan sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kadar asam rendah seperti roti gandum, cereal, dan biji-bijian. Buah-buahan yang aman dikonsumsi seperti melon dan pisang.Tidak ada salahnya pula mencatat adakah makanan atau minuman tertentu yang memicu munculnya sariawan. Setiap orang pasti berbeda. Mencatat ini bisa membantu mendeteksi mana makanan atau minuman yang bisa jadi “kawan” atau “lawan”.

Cara mencegah sariawan kambuh lagi

Jika Anda sudah sembuh dari sariawan, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak kambuh lagi:
  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi makan yang bisa mengiritasi mulut, seperti makanan panas, asam, atau pedas.
  • Perhatikan kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Pastikan Anda tidak menggunakan produk pembersih mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate.
Jika berbagai obat sariawan tradisional yang dituliskan di atas tidak membuat sariawan Anda sembuh atau setidaknya membaik, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Ciri-ciri sariawan

Rasa nyeri biasanya jadi sinyal utama ketika seseorang merasa ada yang tidak beres di dalam mulut mereka. Ketika berkaca, sariawan akan terlihat seperti bintik putih atau kuning dengan bentuk oval. Tak hanya terasa nyeri ketika tersentuh atau bergesekan dengan gigi, area di sekitar sariawan juga kerap berwarna kemerahan.Sariawan memang tidak menular. Idealnya, sariawan bisa reda dengan sendirinya dalam waktu 1-3 minggu meski tanpa diobati sedikitpun. Rasa sakitnya pun hanya terasa selama 7-10 hari saja.Meski demikian, apakah semua orang bisa menunggu selama itu? Belum lagi jika pekerjaan atau aktivitas sehari-hari mengharuskan untuk banyak berbicara yang pastinya terganggu apabila ada sariawan.Bila obat sariawan alami di atas kurang ampuh dan sariawan terus mengganggu ditambah dengan gejala lain yang menyertai, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mengecek adanya kemungkinan penyakit lain.
sariawankesehatan muluttehlidah buaya
Healthline. https://www.healthline.com/health/canker-sores#prevention
Diakses 17 September 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/285805-acidic-foods-mouth-sores/
Diakses 17 September 2019
The Healthy. https://www.thehealthy.com/cold-flu/home-remedies-canker-sores/
Diakses 17 September 2019
DermNet New Zealand. https://dermnetnz.org/topics/stomatitis/ Diakses pada 10 Desember 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/symptoms-causes/syc-20370615Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait