Nyeri Saat Mengunyah? Bisa Jadi Gangguan Sendi Rahang

Gangguan sendi rahang biasa diawali dengan nyeri saat mengunyah
Rahang yang nyeri bisa menjadi pertanda gangguan sendi rahang

Sendi rahang sangat berperan penting dalam proses membuka dan menutup mulut. Sendi rahang yang membuat Anda mampu mengunyah dan berbicara dengan baik. Namun, sewaktu-waktu, Anda bisa mendapati adanya suara meletup dan rasa nyeri pada rahang.

Bila Anda merasakan hal tersebut, bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan sendi rahang atau temporomandibular joint disorder. Gangguan sendi rahang menyebabkan rasa nyeri di persendian rahang dan otot yang mengendalikan pergerakan rahang.

Apa saja gejala dari gangguan sendi rahang?

Umumnya, gangguan sendi rahang menimbulkan rasa nyeri yang tumpul pada persendian rahang yang terletak di dekat telinga. Saat Anda menggerakkan rahang, Anda bisa saja mendengarkan bunyi letupan atau menggeretak.

Selain rasa nyeri dan bunyi meletup dari rahang, terdapat berbagai gejala lain yang mengindikasikan adanya gangguan sendi rahang, di antaranya adalah:

  • Kekakuan pada leher
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Nyeri di telinga
  • Telinga berdenging
  • Kejang rahang bagian bawah
  • Sensasi lunak di rahang
  • Nyeri di bagian wajah
  • Rahang yang terkunci
  • Nyeri di lengan dan punggung
  • Rahang terasa nyeri ketika mengunyah
  • Kesulitan mengunyah
  • Kesulitan untuk membuka atau menutup mulut

Apa yang menyebabkan gangguan sendi rahang?

Gangguan sendi rahang diakibatkan karena adanya masalah atau cedera pada bagian tulang rawan di persendian, serta kerusakan pada lempengan di persendian rahang yang berfungsi untuk menyerap getaran.

Kadang kala, Anda juga dapat mengalami gangguan sendi rahang jika gigi bagian atas tidak sejajar dengan gigi bagian bawah. Cedera seperti terbentur, menggemeretak gigi, dan mengunyah permen karet terlalu sering dapat memicu gangguan sendi rahang.

Anda juga dapat terkena gangguan sendi rahang jika memiliki postur kepala dan leher yang buruk. Stres dan kecemasan berlebih memiliki andil dalam menimbulkan gangguan sendi rahang.

Terdapat beberapa kondisi medis tertentu yang dapat mengakibatkan gangguan sendi rahang, seperti radang sendi, sleep apnea, bruxism, masalah pada struktur rahang, dan kondisi lainnya.

Jenis penanganan mengatasi gangguan sendi rahang

Gangguan sendi rahang bukanlah masalah yang tidak dapat diatasi. Namun, penanganannya sangat bergantung pada penyebab dari kondisi medis ini. Beberapa pengobatan atau langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah:

  • Pemberian obat dari dokter

Saat Anda mengalami gangguan sendi rahang, dokter dapat memberikan Anda obat antinyeri untuk mengatasi rasa sakit dan obat pelemas otot selama beberapa hari atau minggu untuk mengurangi kejang pada rahang.

Bila gangguan sendi rahang dikarenakan perilaku bruxism atau kebiasaan menggertakkan diri dalam keadaan tidak sadar, dokter dapat meresepkan obat antidepresan trisiklik.

  • Injeksi

Pengurangan nyeri akibat gangguan sendi rahang dapat dilakukan dengan penyuntikkan kortikosteroid ataupun racun botulinum tipe A pada otot rahang. Metode ini mampu mengurangi nyeri pada rahang saat mengunyah.

  • Arthrocentesis

Metode arthrocentesis melibatkan jarum kecil yang dimasukkan ke dalam persendian untuk mengalirkan cairan yang akan mengeluarkan kotoran atau benda-benda yang memicu peradangan pada rahang.

  • Terapi fisik

Dalam rangka untuk memperkuat dan merenggangkan otot rahang, dokter akan menganjurkan terapi fisik berupa ultrasound, serta kompresan hangat ataupun es batu pada rahang.

  • Konseling

Jika gangguan sendi rahang diakibatkan oleh stres atau kecemasan, maka Anda akan disarankan untuk mengikuti sesi konseling bersama psikiater atau psikolog.

Terkadang konseling juga bertujuan untuk mengurangi perilaku yang dapat memunculkan gangguan sendi rahang seperti mengatup gigi terlalu keras, menggigit kuku, dan sebagainya.

  • Penggunaan pelindung gigi

Penanganan gangguan sendi rahang juga bisa dilakukan dengan penggunaan pelindung gigi untuk mengurangi nyeri di rahang. Bentuk pelindung gigi ini seperti yang digunakan atlit.

  • Bedah

Pada kasus yang parah, gangguan sendi rahang memerlukan bedah tertentu. Misalnya, pengubahan struktur rahang ataupun bedah pada bagian persendian.

Apakah ada cara praktis mengatasi gangguan rahang sendi di rumah?

Bila gangguan radang sendi masih ringan dan diakibatkan oleh pola perilaku yang menjadi kebiasaan, seperti menggeretakkan gigi, maka Anda bisa mencoba tips di bawah ini:

  • Mengonsumsi makanan yang lunak

Saat sedang mengalami gangguan sendi rahang, hindari mengonsumsi makanan yang keras, kenyal, lengket, atau padat agar rahang tidak terasa sakit dan mencegah penggunaan rahang secara berlebih.

  • Mengatasi stres

Gangguan sendi rahang dapat diakibatkan oleh stres, karenanya atur tingkat stres dengan melakukan kegiatan yang membuat rileks, seperti berendam di air hangat, yoga, meditasi, dan sebagainya.

  • Melakukan peregangan atau pijat

Anda tetap harus menjalani latihan peregangan yang telah dianjurkan atau diberikan oleh dokter untuk menguatkan otot-otot rahang. Anda juga bisa melemaskan otot rahang dengan memijatnya.

  • Menggunakan teknik ‘panas dan dingin’

Teknik ‘panas dan dingin’ sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri di rahang atau wajah. Anda dapat mengompres wajah atau rahang dengan kompresan kain hangat atau kain yang dilapisi es batu.

Selalu konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami keluhan di rahang, terutama saat rahang terasa sangat sakit dan rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang, atau saat Anda tidak bisa membuka dan menutup rahang.

Catatan dari SehatQ

Selalu konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami keluhan di rahang, terutama saat rahang terasa sangat sakit dan rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang, atau saat Anda tidak bisa membuka dan menutup rahang.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tmj/symptoms-causes/syc-20350941
Diakses pada 24 Januari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-tmj-disorder-1192014
Diakses pada 24 Januari 2020

Artikel Terkait