Nyctophobia, Perasaan Takut Gelap yang Berlebihan

(0)
24 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Nyctophobia, rasa takut berlebihan akan kegelapan.Nyctophobia dapat membuat penderitanya merasa takut luar biasa akan kegelapan dan malam hari.
Nyctophobia adalah fobia gelap yang dapat membuat penderitanya merasa takut berlebihan, cemas, hingga depresi saat malam hari tiba atau berada di dalam kegelapan.Kata nyctophobia diambil dari bahasa Yunani, yakni nyktos (malam) dan phobos (rasa takut). Mari kita kenali lebih lanjut mengenai gejala, penyebab, dan cara mengatasi nyctophobia ini.

Gejala nyctophobia

Gejala nyctophobia sebenarnya mirip dengan berbagai gejala fobia lainnya. Penderita nyctophobia akan merasakan takut yang berlebihan saat berada di dalam kegelapan atau ketika dirinya sedang memikirkan tentang kegelapan.Gejala-gejala ini dapat berdampak buruk pada kehidupan penderitanya, seperti menurunnya performa sekolah atau pekerjaan. Bahkan, gejala nyctophobia juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan.Gejala fisik yang dapat dirasakan penderita nyctophobia, di antaranya:Sementara itu, gejala emosional nyctophobia dapat berupa:
  • Merasa cemas dan panik yang luar biasa
  • Perasaan ingin kabur dari kegelapan
  • Tidak bisa mengontrol dirinya
  • Perasaan seperti ingin meninggal atau hilang kesadaran
  • Merasa tidak mampu mengalahkan rasa takutnya.

Penyebab nyctophobia

Perasaan takut gelap biasanya akan muncul saat penderitanya masih kecil, terutama di usia 3 sampai 6 tahun. Pada usia ini, biasanya anak-anak juga takut akan hantu, monster, tidur sendirian, atau suara-suara aneh.Untuk mengatasi rasa takut akan kegelapan yang dirasakan oleh anak, umumnya orangtua akan membiarkan lampu kamarnya menyala. Namun, ketika rasa takut gelap ini terbawa hingga dewasa, bisa jadi ia mengidap nyctophobia.Selain itu, terdapat beberapa faktor risiko lainnya yang bisa menyebabkan seseorang menjadi takut gelap, seperti:
  • Orangtua yang mempertontonkan kecemasannya: Beberapa anak bisa menjadi takut akan sesuatu saat melihat orangtuanya sedang cemas terhadap isu tertentu.
  • Orangtua yang overprotective: Beberapa anak juga bisa merasa cemas jika mereka sangat bergantung kepada orangtuanya.
  • Trauma: Peristiwa traumatis yang melibatkan kegelapan dapat membuat anak mengidap nyctophobia.
  • Faktor genetik: Beberapa anak dan orang dewasa bisa mengalami nyctophobia akibat faktor genetik.

Cara mengatasi nyctophobia di rumah

Sebelum mencari bantuan medis, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi nyctophobia.
  • Menyemangati diri sendiri

Saat rasa takut gelap menghampiri, Anda bisa menyemangati diri dengan mengatakan "kamar ini memang gelap, tapi aku aman," secara berulang-ulang. Hal ini dipercaya bisa meredakan rasa cemas yang dirasakan oleh penderita nyctophobia.
  • Melatih teknik pernapasan

Melatih teknik pernapasan dapat membantu Anda untuk bisa mengalahkan perasaan takut gelap. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan fokus terhadap udara yang masuk serta keluar dari hidung.Selain mengalahkan rasa takut, teknik pernapasan ini juga dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.
  • Memikirkan hal-hal yang membuat Anda senang

Saat sedang berada di dalam kegelapan, cobalah pikirkan berbagai hal yang membuat Anda merasa senang, seperti hewan peliharaan kesayangan atau tempat dengan pemandangan yang indah. Memikirkan hal-hal tersebut dipercaya bisa membantu Anda mengalahkan rasa takut gelap.
  • Mempraktikkan relaksasi otot

Teknik relaksasi otot dapat dilakukan dengan duduk atau rebahan sambil membayangkan bagaimana setiap bagian tubuh mulai merasa rileks secara bergantian.Berbagai cara di atas dapat membantu Anda mengalahkan rasa takut dan cemas akibat nyctophobia. Namun, jika tidak berhasil, berarti sudah saatnya Anda berkunjung ke psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mengatasi nyctophobia secara medis

Secara medis, ada beberapa pilihan terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyctophobia, seperti:
  • Terapi eksposur

Di dalam terapi eksposur, penderita nyctophobia akan dihadapkan dengan rasa takutnya, yakni kegelapan. Sang terapis akan membantu penderita nyctophobia dalam menghadapi rasa takutnya ini.Terdapat beberapa cara yang akan dilakukan dalam terapi eksposur, yang pertama adalah meminta penderita nyctophobia untuk memikirkan hal-hal yang membuat dirinya takut.Selain itu, terapis juga bisa meminta penderita nyctophobia untuk berhadapan langsung dengan kegelapan.
  • Terapi kognitif

Terapi kognitif akan membantu penderita nyctophobia untuk melawan kecemasan dengan hal-hal yang positif atau pemikiran realistis. Sang terapis akan menegaskan bahwa kegelapan tidak akan membahayakan penderita nyctophobia.
  • Relaksasi

Teknik relaksasi, seperti bernapas dalam-dalam atau olahraga, juga bisa dilakukan untuk mengatasi nyctophobia. Relaksasi dipercaya dapat membantu pengidap nyctophobia untuk mengontrol rasa stres dan gejala fisik yang dirasakan olehnya.

Catatan dari SehatQ

Nyctophobia adalah rasa takut gelap berlebihan yang bisa membuat aktivitas sehari-hari penderitanya terganggu. Jika Anda mengidapnya, periksakan diri ke psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitkesehatan mentalfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/nyctophobia
Diakses pada 10 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/nyctophobia#overcoming-it
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait