Nutrisi penting untuk kulit biasanya berupa tembaga peptida, kolagen, dan kombucha
Makeup juga dapat memberikan manfaat bagi kulit Anda

Blush on, foundation, atau lip balm. Hampir setiap kosmetik sekarang mengklaim dapat membuat kulit Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun produk mana yang layak dimasukkan ke dalam koleksi makeup Anda? Satu hal yang penting, pilihlah makeup yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk kulit. 

Saat ini, banyak produk-produk kecantikan yang memiliki rekam jejak yang bagus. Namun tetaplah teliti dalam membaca label pada produk. Agar tidak salah pilih, berikut adalah nutrisi penting untuk kulit yang perlu Anda temukan di dalam produk makeup.

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam kosmetik dapat membantu menyehatkan kolagen pada kulit Anda. Kolagen dapat membuat kulit menjadi kenyal sehingga kendur dan keriput tidak begitu terlihat. Vitamin C juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Antioksidan, seperti vitamin C, juga bermanfaat untuk menghentikan beberapa perubahan berbahaya dari sinar matahari terhadap kulit Anda. Antioksidan dapat pula mencegah kerusakan dari radikal bebas yang disebabkan sinar UV.

2. Tembaga Peptida

Tembaga peptida merangsang kulit Anda untuk menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin, yang membuat kulit menjadi lebih kencang. Beberapa kosmetik dengan bahan ini telah disebut-sebut sebagai "facelift in a bottle".

Meski klaim tersebut mungkin tidak begitu realistis, Anda tetap dapat melihat hasil positif dari makeup yang dilengkapi dengan kandungan tembaga peptida.

3. Kolagen

Kolagen dalam tubuh Anda adalah dasar untuk menghasilkan kulit yang terlihat kencang dan padat. Masalah yang perlu disadari adalah produksi kolagen di dalam tubuh akan semakin sedikit seiring bertambahnya usia.

Produk-produk dengan kandungan kolagen juga tidak akan banyak membantu kulit Anda. Pasalnya, molekul kolagen dari foundation memiliki ukuran yang terlalu besar untuk melakukan penetrasi ke dalam kulit.

Akan tetapi, foundation dapat membuat kulit terlihat lebih halus saat Anda mengaplikasikannya. Kolagen dapat mengisi garis-garis halus dan pori-pori besar secara sementara untuk membuat tampilan kulit yang lebih halus.

4. Kombucha

Kombucha adalah nutrisi penting untuk kulit lainnya. Nutrisi yang satu ini terbuat dari teh yang difermentasi dan dikemas dengan antioksidan. Kombucha biasanya terkandung dalam foundation, primer, dan banyak produk-produk lainnya.

Kombucha diklaim dapat membantu menjaga kulit Anda agar tetap lembap dan kencang dengan lebih sedikit kerutan. Tetapi belum ada bukti kuat yang menunjukkan kebenaran klaim ini. Meski demikian, sama seperti teh hijau, kombucha memiliki antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/skin

WV Derm Center. https://www.wvdermcenter.com/blog/best-makeup-foundations-for-your-skin

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed