No Bra Day Diperingati Hari Ini, Apa Maknanya?


Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau hari tanpa bra sedunia. Hari ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan payudara dan betapa pentingnya deteksi dini kanker payudara.

(0)
13 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
No Bra Day atau hari tanpa bra sedunia diperingati tanggal 13 Oktober untuk tingkatkan kesadaran tentang kanker payudaraNo Bra Day atau hari tanpa bra sedunia diperingati setiap tanggal 13 Oktober
Setiap tanggal 13 Oktober, dunia memperingati No Bra Day atau Hari Tanpa Bra. Hari ini, diperingati bukan sebagai bentuk kebebasan berbusana, melainkan meningkatkan kesadaran soal kesehatan payudara, terutama yang berhubungan dengan kanker payudara.Di hari tanpa bra sedunia ini, para perempuan diajak untuk menanggalkan sejenak bra miliknya ataupun ikut menyebarkan kampanye soal kesehatan payudara di media sosial dengan hashtag #nobraday.

Sejarah kampanye No Bra Day

No Bra Day diperingati untuk menegakkan kesadaran akan kanker payudara
No Bra Day dirayakan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara
Hari tanpa bra sedunia tadinya dirayakan dua kali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 9 Juli dan 19 Oktober. Kampanye ini mulai digalakkan pada tahun 2011.No Bra Day yang dirayakan mulai tanggal 19 Oktober 2011 itu, dicetuskan oleh seorang dokter asal Kanada, Dr. Mitchell Brown. Menurut Brown, hari ini dibuat untuk mengkampanyekan kesadaran akan prosedur rekonstruksi payudara pada para penderita kanker payudara.Sementara itu, No Bra Day yang dirayakan mulai tanggal 9 Juli 2011, dicetuskan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Doughnuts dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara secara keseluruhan.Akhirnya, tiga tahun kemudian atau lebih tepatnya pada tahun 2014, No Bra Day digabung menjadi satu dan dirayakan setiap tanggal 13 Oktober. Bulan ini dipilih karena bertepatan dengan National Breast Cancer Awarness Month di Amerika Serikat atau bulan kesadaran kanker payudara.

Apa yang bisa dilakukan untuk ikut serta dalam kampanye No Bra Day?

No Bra Day bisa dirayakan dengan mengetahui cara memeriksa payudara sendiri
No Bra Day bisa dirayakan dengan mengetahui pemeriksaan payudara mandiri
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti kampanye hari tanpa bra sedunia ini. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menuliskan dukungan dan edukasi seputar kanker payudara menggunakan hashtag #nobraday di media sosial.Beberapa orang juga ada yang memilih berpartisipasi dengan tidak menggunakan bra selama 24 jam di tanggal 13 Oktober tersebut. Kampanye ini dibuat, agar para perempuan lebih sadar akan pentingnya pemeriksaan payudara rutin, baik itu yang dilakukan sendiri yang di Indonesia dikenal sebagai langkah periksa payudara sendiri (SADARI), maupun oleh dokter.Dengan meningkatnya kesadaran akan pemeriksaan payudara, maka diharapkan angka kematian akibat penyakit ini bisa berkurang. Sebab, deteksi dini kanker payudara bisa membantu meningkatkan keberhasilan perawatan.Baca Juga: Mengenal Berbagai Bentuk Payudara WanitaAnda juga bisa ikut berpartisipasi dalam hari tanpa bra sedunia dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Mempelajari cara memeriksa kesehatan payudara sendiri

Memeriksa kesehatan payudara bisa dilakukan sendiri di rumah, selama Anda memahamai cara-caranya. Dengan pemeriksaan ini, Anda dapat mendeteksi benjolan ataupun perubahan tekstur dan bentuk dari payudara. Perubahan-perubahan tersebut bisa menjadi gejala awal kanker payudara. Oleh karena itu, jika saat pemeriksaan Anda merasakan ada yang aneh dengan payudara, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

2. Menjalani pemeriksaan mammogram

Dengan berpartisipasi dalam No Bra Day, artinya Anda juga sudah sadar pentingnya kesehatan payudara. Salah satu cara untuk memastikan bahwa organ tersebut sehat adalah dengan menjalani mammogram.Mammogram merupakan prosedur pengambilan foto rontgen di payudara untuk melihat tanda-tanda awal kanker payudara. Ini merupakan bagian dari usaha deteksi dini agar penyakit tersebut bisa ditekan angka kematiannya.

3. Menyumbang ke yayasan kanker payudara

Untuk Anda yang memiliki kemampuan untuk menyumbang ke yayasan payudara, mungkin hari ini adalah saat yang tepat. Sumbangan yang ada bisa digunakan untuk meningkatkan edukasi bagi masyarakat maupun mendukung penelitian yang sedang dilakukan seputar penyakit ini.

4. Berdiskusi dengan dokter

Anda bisa meningkatkan kesadaran seputar kesehatan payudara melalui diskusi dengan dokter soal cara menjaga kesehatan organ tersebut. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi seputar kondisi payudara Anda dan cara memeriksanya.

5. Membeli bra baru

Meski namanya No Bra Day, tapi hari ini bisa juga Anda jadikan momen untuk membeli bra baru yang lebih sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara. Ingat, inti dari hari ini adalah untuk menjaga kesehatan payudara Anda. Jadi, tentu tidak ada salahnya jika Anda memilih bra baru yang membuat nyaman dan tidak sakit saat sedang digunakan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan payudara atau gejala awal kanker payudara, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kanker payudaratumor jinak payudarapayudara
National Calendar. https://nationaldaycalendar.com/national-no-bra-day/
Diakses pada 13 Oktober 2020
National Day. https://nationaltoday.com/national-no-bra-day/
Diakses pada 13 Okober 2020
Awarness Day. https://www.awarenessdays.com/awareness-days-calendar/national-no-bra-day-2019/
Diakses pada 13 Oktober 2020
CDC. https://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/mammograms.htm
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait