Manfaat buah plum bagi kesehatan semenarik warna yang memanjakan mata
Manfaat buah plum tidak hanya sebagai bahan baku kue ataupun kudapan penutup, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan

Buah plum terkenal sebagai buah yang berwarna ungu kehitaman dan memiliki cita rasa yang asam. Manfaat buah plum umumnya adalah sebagai bahan untuk kue ataupun difermentasikan menjadi minuman beralkohol.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat juga manfaat buah plum bagi kesehatan? Buah plum bisa membantu mulai dari mengatasi sembelit sampai menjaga kesehatan tulang! Jadi, tunggu apalagi, jangan ragu untuk melahap dan menikmati manfaat buah plum.

Beragam manfaat buah plum bagi kesehatan Anda

Manfaat buah plum mungkin belum diketahui banyak orang, karena buah plum sendiri meskipun dapat ditemukan di supermarket, tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Di balik harganya yang mahal, terdapat manfaat buah plum yang sayang jika tidak dicicipi.

  • Menurunkan kadar gula darah

Manfaat buah plum dalam menurunkan kadar gula darah dikarenakan senyawa adiponectin dan serat dalam buah plum. Senyawa adiponectin  merupakan salah satu hormon yang berperan dalam regulasi gula darah dan berpotensi menurunkan gula darah.

Serat dalam buah plum  dapat memperlambat kecepatan tubuh dalam menyerap karbohidrat seusai makan yang membuat kadar gula darah naik secara perlahan dan tidak secara mendadak.

Khusus untuk buah plum yang dikeringkan, Anda perlu membatasi porsi yang dikonsumsi karena buah plum yang dikeringkan mudah untuk dimakan dalam jumlah banyak dan malah akan menaikkan kalori yang dikonsumsi.

Sebaiknya konsumsilah sebanyak ¼ atau ½ cangkir buah plum yang dikeringkan atau sebanyak 44-97 gram.

  • Mengatasi sembelit

Manfaat buah plum saat dikeringkan ataupun dijadikan jus mampu membantu mengatasi sembelit karena mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Buah plum yang dikeringkan juga mengandung sorbitol yang merupakan pencahar alami.

Namun, jangan mengonsumsi buah plum yang dikeringkan dalam jumlah banyak karena bisa memicu diare. Konsumsilah buah plum yang dikeringkan sebanyak ¼-½ cangkir atau 44-87 gram per harinya.

Bila Anda lebih memilih untuk meminum jus buah plum yang dikeringkan, belilah jus buah plum kering dengan kadar 100% buah plum kering tanpa tambahan gula. Minum jus buah plum kering sebanyak 118-237 ml per harinya.

  • Kaya akan antioksidan

Manfaat buah plum lainnya terletak pada kandungan antioksidan polifenolnya yang tinggi yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari radikal bebas.

Bahkan, buah plum memiliki kandungan antioksidan dua kali lipat lebih banyak daripada buah persik dan nektarin. Konsumsi antioksidan dalam buah plum berpotensi menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular dan meningkatkan fungsi kognitif otak.

Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk menelaah manfaat buah plum terhadap kesehatan kardiovaskular dan fungsi kognitif otak.

  • Cocok untuk diet

Buah plum rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi. Oleh karenanya, salah satu manfaat buah plum adalah cocok untuk dijadikan cemilan ataupun olahan hidangan untuk orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Satu biji buah plum mengandung 39 kalori dengan delapan gram karbohidrat dan satu gram serat. Satu biji buah plum juga dapat mencukupi 10 persen vitamin C harian Anda dan 5% vitamin A dan K harian Anda.

  • Melindungi tulang

Manfaat buah plum lainnya adalah dalam meningkatkan kesehatan tulang. Buah plum berpotensi untuk mengurangi risiko mengalami kepadatan tulang yang rendah, meningkatkan produksi hormon yang mendukung pembentukan tulang, dan menjaga kesehatan tulang.

Buah plum yang dikeringkan juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, seperti magnesium, potasium, vitamin K, dan fosfor. Namun, studi masih diperlukan untuk mengetahui manfaat buah plum dalam melindungi tulang.

  • Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah plum mampu melindungi organ jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kandungan phytochemicals dalam buah plum mampu mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, potasium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah dengan membantu pengeluaran sodium atau garam melalui urine dan mengurangi tekanan di pembuluh darah. Secara tidak langsung, Anda juga mengurangi peluang Anda terkena stroke.

Meskipun demikian, penelitian masih diperlukan untuk meneliti manfaat buah plum terhadap kesehatan jantung.

Bagaimana cara memilih buah plum yang baik?

Tentunya untuk mendapatkan manfaat buah plum secara maksimal, Anda perlu memilih buah plum yang baik untuk dikonsumsi. Saat akan memilih buah plum, pilih yang tidak terlalu lembek ataupun keras.

Jika buah plum sudah terlalu matang sebelum dimakan, masukkan buah plum ke dalam kulkas. Apabila Anda ingin secepatnya membuat buah plum matang, masukkan buah plum ke dalam kantongan di suhu ruangan selama semalaman atau sampai tiga hari.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-plums-prunes
Diakses pad 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21409897
Diakses pada 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4058731/
Diakses pada 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19274852
Diakses pada 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4291444/
Diakses pada 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26992121
Diakses pada 07 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12166993
Diakses pada 07 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-plums#1
Diakses pada 07 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed