Selain cita rasanya yang unik, terdapat juga manfaat coklat hitam atau dark chocolate bagi kesehatan
Manfaat coklat hitam atau dark chocolate tidak hanya terletak pada cita rasanya yang unik, tetapi juga berguna untuk kesehatan

Rasanya yang manis membuat coklat memiliki penggemarnya sendiri. Ada berbagai jenis coklat, salah satunya adalah dark chocolate atau coklat hitam yang terkenal dengan rasa pahit coklatnya yang lebih menonjol.

Berbeda dengan coklat pada umumnya, dark chocolate memiliki kandungan kakao yang lebih banyak dan kadar gula yang lebih sedikit. Manfaat coklat hitam tidak hanya sebagai peningkat suasana hati yang memanjakan lidah, tetapi juga berdampak untuk kesehatan!

Manfaat coklat hitam bagi kesehatan

Manfaat dark chocolate atau coklat hitam tidak hanya sekedar bualan saja, karena kandungan dalam coklat hitam membuatnya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat coklat hitam tidak hanya sekedar nikmat untuk dimakan, tetapi juga mampu meningkatkan fungsi otak.

Coklat mampu meningkat peredaran darah di otak dan berpotensi mencegah gangguan pembuluh darah di otak, seperti demensia dan stroke.

Manfaat dark chocolate untuk otak lainnya adalah berpeluang untuk meningkatkan fungsi kognitif kaum lansia yang mengalami gangguan kognitif.

2. Memenuhi nutrisi tubuh

Manfaat coklat hitam tidak hanya itu saja, karena dark chocolate mengandung berbagai nutrisi, seperti magnesium, serat, zat besi, mangan, potasium, dan mineral-mineral yang baik untuk tubuh lainnya.

Coklat hitam juga mampu memenuhi asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh karena dark chocolate mengandung lemak tidak jenuh dan lemak jenuh.

3. Menaikkan kolesterol baik

Tidak semua kolesterol berdampak negatif bagi tubuh karena kolesterol HDL berguna bagi tubuh. Manfaat coklat hitam adalah untuk menaikkan kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

Komponen polifenol dan theobromine dalam coklat hitam diyakini sebagai penyebab kenaikan HDL dan penurunan LDL.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat coklat hitam untuk kulit dikarenakan komponen flavonol dalam coklat hitam yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, meningkatkan kepadatan dan cairan dalam kulit, serta melancarkan peredaran darah.

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavanol dalam dark chocolate juga ditemukan mampu memicu dinding pembuluh darah untuk memproduksi oksida nitrat yang mampu melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat coklat hitam dalam menurunkan tekanan darah lebih berefek bagi kaum lansia dan orang yang memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat coklat hitam dalam menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung 

Manfaat coklat hitam yang cukup populer di masyarakat adalah untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat coklat hitam dalam menurunkan risiko penyakit jantung dikarenakan khasiat dark chocolate dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Kedua hal tersebut dapat mengecilkan peluang seseorang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

7. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan dalam coklat hitam, seperti katekin, polifenol dan flavanol berkontribusi dalam manfaat coklat hitam untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi kerusakan pada jaringan dan sel tubuh.

Bahkan, kandungan antioksidan pada coklat hitam ditemukan lebih besar dibandingkan buah-buahan, seperti bluberi dan sebagainya.

8. Memiliki efek antiradang

Peradangan yang berlebih dapat merusak jaringan dan sel tubuh serta meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti kanker, artritis, dan sebagainya. Manfaat dark chocolate dalam mengatasi peradangan di tubuh disebabkan oleh kandungan antiradangnya.

Namun, penelitian mengenai manfaat coklat hitam dalam mengurangi peradangan masih memerlukan studi lebih lanjut.

9. Mencegah resistensi insulin 

Resisten insulin atau kondisi saat sel tubuh tidak merespon hormon insulin, berpotensi untuk menyebabkan diabetes tipe 2 dan prediabetes. Sebuah riset menemukan manfaat coklat hitam dalam mengurangi kadar gula dan mencegah resistensi insulin.

Oleh karenanya, manfaat coklat hitam tidak hanya mampu mencegah resistensi insulin, tetapi juga berpotensi mencegah penyakit diabetes. Akan tetapi, penelitian mengenai manfaat coklat hitam terhadap diabetes dan gula darah masih masih diperlukan.

10. Membantu menurunkan berat badan

Sedang ingin menurunkan berat badan? Coba masukkan coklat hitam sebagai cemilan Anda! Konsumsi coklat ditemukan berhubungan dengan indeks massa tubuh dan lemak perut yang lebih rendah.

Penelitian lain menemukan manfaat coklat hitam dalam mengendalikan nafsu makan, tetapi penelitian tersebut juga menemukan adanya kenaikan dari kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

Oleh karenanya, riset lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat coklat hitam dalam menurunkan berat badan.

11. Menurunkan risiko depresi

Manfaat coklat hitam yang populer lainnya adalah untuk meningkatkan suasana hati atau mood. Namun, tidak hanya sebagai mood booster, manfaat coklat hitam lainnya adalah dapat menurunkan risiko depresi.

Konsumsi coklat hitam atau dark chocolate dengan benar

Selain manfaat coklat hitam yang berlimpah bagi kesehatan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi coklat hitam.

Coklat hitam mengandung banyak kalori dan lemak. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengonsumsi coklat hitam secukupnya, sekitar satu atau dua kotak kecil setelah makan malam. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan kokoa di atas 70 persen.

BMC. https://bmcchem.biomedcentral.com/articles/10.1186/1752-153X-5-5
Diakses pada 03 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate#section1
Diakses pada 03 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324747.php
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4285439/
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17513403
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16794461
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22892813
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5465250/
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18358827
Diakses pada 03 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24139727
Diakses pada 03 September 2019

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/319314929_Effects_of_dark-chocolate_on_appetite_variables_and_glucose_tolerance_A_4_week_randomised_crossover_intervention_in_healthy_middle_aged_subjects
Diakses pada 03 September 2019

Wiley. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1002/da.22950?referrer_access_token=csoZq9hGPEtmiFHXRz7_C04keas67K9QMdWULTWMo8OWYtZ9Masb9R3m1UDUmawiLo9MborWgm48aeS5i6GsIMLJcqIZ5lEDtOZ7QUMWj8lvWoqdOZkdz7K9N7lQSUQuYUKUI97_84GysfCAOqU23Q%3D%3D
Diakses pada 03 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed