Nikmat dan Bernutrisi, Inilah 7 Makanan Sehat yang Jarang Diketahui

Kacang lentil ternyata mengandung protein nabati dan serat yang tinggi
Banyak makanan super bergizi di luar sana yang belum banyak orang tahu

Berbicara tentang makanan sehat, orang-orang umumnya mengenal berbagai varian buah beri, ikan salmon, kale, brokoli, atau kacang almond. Akan tetapi, masih banyak makanan super bergizi di luar sana yang belum banyak orang tahu.

Makanan Sehat yang Jarang Diketahui

Meski sebagian orang mungkin sudah familiar, tapi jarang ada yang tahu bahwa makanan-makanan ini sebenarnya sangat sehat. Kenali tujuh makanan sehat yang mungkin sudah ada di lemari dapur Anda ini.

1. Kembang Kol

Kebanyakan orang mungkin lebih suka brokoli untuk menu diet sehat, tapi saudara sepupunya yang lebih pucat, kembang kol, tak boleh dilewatkan.

Kembang kol dapat menjadi pilihan menu clean eating yang kaya vitamin C dan serat. Di dalamnya ada sulforaphane yang bisa menangkal risiko kanker.

2. Sarden

Jangan lihat ukurannya yang kecil. Ikan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan. Di samping itu, sarden juga mengandung vitamin B12 yang tinggi dan kaya vitamin D alami, yang bersinergi dengan kalsium untuk mendukung kekuatan tulang.

3. Tempe

Tempe yang kerap dipandang sebelah mata, termasuk dalam makanan sehat yang jarang diketahui. Makanan ini dibuat dari kacang kedelai yang kaya protein dan mineral. Oleh karena itu, tempe bisa menjadi pilihan Anda untuk menu sehari-hari dengan nutrisi penting seperti protein, kalium, dan kalsium.

4. Bit

Bentuknya mirip seperti ubi jalar, namun berwarna merah cerah. Rasanya lembut dan manis setelah dikukus. Bit mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi Anda dari berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Zat nitrat yang terkandung di dalam bit, mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Bagi para atlet, menyantap bit sebagai camilan adalah kebiasaan yang baik untuk membatasi nafsu makan. Pasalnya, makanan sehat yang jarang diketahui ini bisa membantu meningkatkan energi dan stamina.

5. Kefir

Tanpa diduga, kefir turut masuk dalam daftar makanan sehat yang jarang diketahu. Produk turunan dari susu yang difermentasi ini telah menjadi makanan pokok warga lokal di Pegunungan Kaukasus, Eropa Timur, selama berabad-abad.

Kefir mengandung bakteri yang baik alias probiotik. Bakteri ini dipercaya dapat membantu melancarkan usus, melancarkan saluran pembuangan, dan saat ini dalam tahap penelitian untuk efek antikanker.

[[artikel-terkait]]

6. Lentil

Kacang lentil mungkin tak sepopuler kacang tanah pada umumnya. Namun, jangan keliru menyepelekannya. Karena lentil tergolong makanan sehat yang jarang diketahui masyarakat luas. Anda tidak perlu merendamnya sebelum memasak.

Tambahkan saja lentil ke dalam sup atau masakan daging. Anda akan mendapatkan protein nabati dan serat yang tinggi.

7. Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan sehat yang jarang diketahui di sebagian besar negara. Akan tetapi, bagi warga Jepang atau penggemar sushi, pastinya rumput laut sudah menjadi santapan sehari-hari.

Rumput laut menyerap kebaikan nutrisi dari lautan, kaya akan vitamin dan mineral, terutama zat besi dan kalsium.

Rumput laut juga tinggi protein dan rendah lemak. Jadi, Anda tidak perlu ragu atau merasa bersalah saat mengonsumsinya karena khawatir berat badan akan bertambah.

Mulai sekarang, cobalah mengonsumsi tujuh makanan sehat yang jarang diketahui tersebut secara rutin untuk mendukung pola hidup sehat Anda. Selamat menikmati!

WebMD. https://www.webmd.com/diet/guide/best-foods-to-try#1
Diakses pada September 2018

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods
Diakses pada September 2018

EatingWell. http://www.eatingwell.com/article/16054/8-best-foods-to-eat-for-weight-loss/
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed