Niacinamide Adalah Kandungan pada Skincare, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya pada Kulit?


Niacinamide adalah kandungan skincare yang umum ditemukan dalam produk perawatan kulit. Sebagai salah satu kandungan yang digemari, niacinamide bisa mengatasi bekas jerawat hingga mencegah kerutan dan garis halus di wajah.

(0)
30 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang banyak terkandung dalam serum kecantikanNiacinamide terkandung pada produk kecantikan terutama serum wajah
Anda mungkin sering melihat atau mendengar kandungan niacinamide pada sejumlah produk skincare. Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang tengah digandrungi para penggemar produk perawatan kulit. Sebenarnya, apa itu niacinamide dan apa fungsi niacinamide untuk kulit? Simak informasi lengkapnya berikut.

Apa itu niacinamide pada skincare

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang merupakan nutrisi esensial untuk tubuh.Vitamin B3 merupakan anggota vitamin B kompleks yang berperan penting untuk kesehatan kulit, sistem pencernaan, serta kesehatan mental.Meski memiliki nama yang mirip, niacinamide tidak sama dengan niacin. Sebab, keduanya merupakan bentuk lain vitamin B3 yang berasal dari jenis berbeda. Niacinamide adalah kandungan pada produk skincare yang dikenal memiliki potensi manfaat untuk menangani berbagai masalah kulit wajah. Dengan potensi fungsi niacinamide tersebut, tak ayal jika niacinamide menjadi sangat populer di kalangan pencinta skincareSebab, berbagai merek skincare menonjolkan niacinamide sebagai kandungan utamanya.Selain dikenal sebagai niacinamide, kandungan skincare ini mungkin tertulis “niacin” dan “nicotinamide” pada label kemasannya. 

Apa manfaat niacinamide untuk wajah Anda?

Niacinamide adalah kandungan yang mudah ditemukan pada berbagai jenis skincareIni karena ada banyak manfaat niacinamide untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang bisa Anda dapatkan bila digunakan secara rutin. Adapun beberapa manfaat niacinamide adalah sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit wajah

Salah satu manfaat niacinamide adalah melembapkan kulit wajah. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology membuktikan bahwa niacinamide dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghalang lemak) sehingga mempertahankan kelembapan kulit. Fungsi niacinamide untuk wajah ini dapat dirasakan oleh semua jenis kulit wajah. Terutama bagi Anda yang memiliki eksim atau kulit yang sudah menua. Niacinamide juga dapat membangun protein di kulit dan mengunci kelembapannya agar mencegah kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan. 

2. Mengobati jerawat

Manfaat niacinamide adalah mengobati jerawat membandel
Niacinamide diyakini ampuh untuk mengatasi jerawat
Fungsi niacinamide adalah dapat membantu mengobati jerawat. Termasuk jerawat parah dan meradang sekalipun, seperti jenis jerawat papula dan pustulaPenggunaan skincare yang mengandung niacinamide secara rutin dapat membantu meredakan jerawat sehingga bekas dan tekstur kulitnya menjadi lebih baik. 

3. Mengatasi peradangan kulit

Mengatasi peradangan kulit juga menjadi manfaat niacinamide lainnya. Fungsi niacinamide ini dapat membantu mengatasi masalah kulit meradang, seperti eksim, rosacea, jerawat, hingga noda bekas jerawat kemerahan atau kecoklatan.

4. Mengatasi noda hitam bekas jerawat

Berikutnya, manfaat niacinamide adalah mengatasi noda hitam bekas jerawat di wajah.Beberapa studi menemukan bahwa konsentrasi niacinamide 5% dalam produk perawatan kulit dapat digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat.Manfaat niacinamide ini diyakini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi kolagen
Manfaat Niacinamide adalah obat penghilang bekas jerawat
Bekas jerawat bisa diatasi dengan skincare niacinamide
Fungsi niacinamide adalah merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.Anda bisa menggunakan produk skincare mengandung niacinamide sebagai obat penghilang bekas jerawat secara rutin. Hasilnya, diyakini dapat dilihat setelah 4 minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan pemakaian.

5. Mengendalikan produksi minyak

Bagi pemilik kulit berminyak, fungsi niacinamide adalah dapat mengendalikan produksi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Jenis vitamin B3 ini dapat mencegah cara kerja kelenjar sebasea agar tidak berlebihan dalam memproduksi minyak.Sebab, seperti yang diketahui kalau produksi minyak berlebih dapat menjadi salah satu penyebab jerawat muncul

6. Mengurangi kerutan dan garis halus

Manfaat niacinamide adalah mengurangi kerutan
Fungsi niacinamide adalah mengurangi tanda penuaan
Sebuah studi juga melaporkan bahwa manfaat niacinamide adalah mengurangi tanda-tanpa penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus. Penggunaan niacinamide dengan kadar 5% dapat membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

7. Melawan stres oksidatif

Fungsi niacinamide kandungan pada skincare dapat membantu membangun sel kulit serta melindunginya dari berbagai paparan stres lingkungan. Misalnya, sinar matahari, polusi udara, atau racun.

8. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat niacinamide yang tak kalah penting bagi kulit adalah melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari sekaligus membangun kembali sel-sel kulit sehat.

9. Mengecilkan pori-pori kulit

Fungsi niacinamide mampu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tetap halus dengan cara mengecilkan pori-pori kulit.

10. Mencegah melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin, yakni jenis pigmen pemberi warna kulit. Kanker kulit melanoma diyakini berkaitan erat kerusakan sel akibat paparan sinar UV. Selain dari penggunaan produk skincare, Anda bisa melakukan tips kesehatan kulit ini dengan konsumsi suplemen niacinamide. Suplemen niacinamide telah terbukti meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. 

Bagaimana cara memilih kandungan niacinamide yang aman?

Setelah mengetahui berbagai manfaat niacinamide di atas, Anda mungkin jadi tertarik menggunakan berbagai produk skincare dengan kandungan ini. Pada dasarnya, konsentrasi niacinamide pada skincare cenderung bervariasi antara satu produk dengan produk lainnya. Akan tetapi, sebagian besar produk perawatan kulit biasanya mengandung konsentrasi niacinamide sebanyak 5%. 
Niacinamide adalah bentuk lain dari vitamin B3
Niacinamide dapat ditemukan dalam berbagai produk kecantikan
Sejumlah laporan ilmiah mengemukakan bahwa kandungan niacinamide sebanyak 5% dinilai efektif sebagai obat penghilang bekas jerawat dan melindungi kerusakan kulit dari paparan sinar matahari. Apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya gunakan niacinamide dengan konsentrasi yang lebih rendah. Misalnya, sebanyak 2%.Kandungan niacinamide 2% juga dapat mengurangi gejala eksim dan penyakit kulit serupa lainnya. 

Bagaimana cara menggunakan niacinamide sebagai perawatan kulit wajah harian?

Fungsi niacinamide memang lebih dikenal untuk menjaga kesehatan kulit wajah sehingga penggunaannya banyak dimanfaatkan sebagai produk kecantikan.Sebagian besar niacinamide dalam bentuk topikal hadir dalam produk serum wajah. Itu berarti, Anda bisa menggunakan niacinamide serum setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner wajah, atau sebelum menggunakan pelembap. 
Manfaat niacinamide adalah mengatasi noda hitam bekas jerawat
Bekas jerawat bisa dihilangkan dengan niacinamide serum
Selain niacinamide serum, beberapa produk pembersih, krim wajah, dan masker wajah juga ada yang mengandung niacinamide. Hal yang paling penting saat menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide adalah membaca petunjuk yang terdapat pada kemasannya terlebih dahulu. Pasalnya, setiap jenis produk skincare yang mengandung niacinamide mungkin memiliki petunjuk dan cara pakai yang berbeda. Baca Juga: Sudah Benarkah Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari Anda?

Apakah niacinamide boleh dicampur dengan kandungan skincare lainnya?

Penggunaan niacinamide serum boleh dicampur dengan kandungan skincare lainnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda boleh menggunakan niacinamide serum dengan kandungan skincare lain, seperti retinol, asam folat, tembaga, dan zinc untuk mengobati jerawat. Selain itu, niacinamide boleh digunakan bersama dengan asam hialuronat untuk meningkatkan penyerapan skincare ke dalam kulit. 
Manfaat niacinamide adalah dapat digabung dengan produk skincare lain
Niacinamide tidak boleh digabung dengan AHA dan BHA serta vitamin C
Akan tetapi, niacinamide tidak boleh digabung dengan kandungan skincare tertentu, terutama senyawa yang sifatnya cenderung asam. Niacinamide tidak boleh digabung dengan produk skincare yang mengandung AHA dan BHANiacinamide tidak boleh digabung dengan AHA dan BHA karena dapat mengurangi kinerja AHA dan BHA sehingga hasil eksfoliasi dari kedua senyawa tersebut tidak dapat berjalan optimal.Selain itu, anggapan niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C pun bermunculan. Sebuah hasil terdahulu melakukan penelitian terhadap bentuk dari kedua bahan tersebut yang tidak stabil. Di samping itu, campuran niacinamide dan vitamin C dapat mengubah niacinamide menjadi niacin. Nah, efek samping dari niacin adalah langerhan cell pada kulit yang aktif sehingga menyebabkan kulit kemerahan dan terasa perih. Efek samping tersebut sebenarnya bersifat sementara, tetapi dapat terasa kurang nyaman dan berpotensi menimbulkan masalah bagi penderita jerawat meradang. Umumnya penggunaaan zat turunan vitamin C, seperti ascorbic atau L-ascorbic acid, dan niacinamide secara bersamaan, cenderung aman dilakukan. Namun, tak ada salahnya Anda menggunakan vitamin C dan niacinamide pada waktu atau hari yang berbeda untuk menghindari risiko efek samping yang tidak diinginkan. Misalnya, niacinamide pada pagi hari dan vitamin C pada malam hari.Baca Juga: Sederet Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Satu Sama Lain

Niacinamide adalah vitamin B3, apa efek sampingnya?

Sebenarnya, fungsi niacinamide sebagai perawatan kulit harian merupakan hal yang aman dilakukan. Meski demikian, bagi Anda yang memiliki riwayat alergi, penggunaan niacinamide mungkin dapat menimbulkan efek samping. Ini karena niacinamide dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan zat histamin. Umumnya, efek samping niacinamide yang ditimbulkan berupa alergi, seperti gatal, bengkak, hingga kemerahan pada kulit wajah. Nah, untuk menghindari kemungkinan efek samping niacinamide, Anda bisa melakukan tes terhadap kulit terlebih dulu dengan cara sebagai berikut:
  • Oleskan sedikit produk skincare mengandung niacinamide pada area lengan.
  • Diamkan selama kurang lebih 24 jam.
  • Jika Anda mengalami kemerahan, gatal, atau bengkak, bilas area kulit tersebut dan hentikan penggunaannya untuk wajah. 
  • Sebaliknya, jika tidak mengalami efek samping apa pun, Anda mungkin cenderung aman menggunakannya pada area kulit lain, termasuk wajah. 

Bagaimana cara mendapatkan sumber niacinamide untuk kulit?

Sama seperti nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh, cara mendapatkan asupan vitamin B3 terbaik, termasuk niacinamide adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa sumber vitamin B3 yang bisa rutin dikonsumsi adalah telur, sayuran hijau, sereal, ikan, dan susu.Apabila ingin mencoba suplemen kesehatan niacinamide, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Selain skincare, manfaat niacinamide adalah berasal dari makanan
Vitamin B3 terkandung dalam sayuran hijau
Kendati demikian, beberapa orang mungkin tidak cukup mengonsumsi makanan saja untuk menangani masalah kulit, seperti jerawat.Anda juga perlu menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide dan mengoleskannya secara langsung ke kulit wajah.

Catatan dari SehatQ

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang bermanfaat untuk menangani masalah kulit wajah, seperti bekas jerawat. Sebelum merasakan manfaat niacinamide, Anda disarankan untuk jeli dalam membaca label komposisi agar bisa menyesuaikannya dengan jenis dan kebutuhan kulit.Jika Anda merasa ragu atau bingung, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna menentukan cocok dan tidaknya menggunakan niacinamide rutinitas tips kesehatan kulitMasih penasaran dengan apa itu niacinamide pada kandungan skincare, yuk tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulitkulit sehatperawatan kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
Diakses pada 30 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/niacinamide
Diakses pada 30 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319429.php
Diakses pada 30 Januari 2020
Journal of Cosmetic Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1473-2130.2004.00115.x
Diakses pada 30 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait