Mengenal Niacinamide, Idolanya Para Pecinta Skin Care

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang banyak terkandung dalam serum kecantikan
Niacinamide banyak terkandung dalam serum kecantikan

Beberapa waktu belakangan, serum dengan kandungan niacinamide berhasil menarik perhatian pecinta skin care. Anda pun mungkin telah jatuh cinta dengan kandungan tersebut dan mulai rutin menggunakannya.

Sering Anda oleskan sebelum tidur, sudah mengenal apa itu niacinamide?

Apa itu niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang merupakan nutrisi esensial untuk tubuh. Vitamin B3 merupakan anggota vitamin B kompleks yang berperan penting untuk kulit, pencernaan, serta kesehatan mental.

Niacinamide tidak sama dengan niasin, yang juga bentuk lain dari vitamin B3. Walau begitu, tubuh dapat mengolah suplemen niasin menjadi niacinamide, apabila kadar niasin terlalu tinggi di tubuh.

Walau riset lanjutan masih diperlukan, niacinamide memiliki potensi manfaat untuk menangani berbagai masalah kulit. Dengan potensi manfaatnya tersebut, niacinamide sangat populer di kalangan skin care junkie. Berbagai merek pun menonjolkan niacinamide sebagai bahan utamanya.

Manfaat niacinamide untuk perawatan kulit

Ada beberapa potensi manfaat yang bisa didapatkan dari niacinamide, entah itu dikonsumsi dalam bentuk suplemen maupun dioleskan langsung ke kulit. Manfaat niacinamide tersebut, yaitu:

1. Menangani masalah kulit

Seperti yang diungkapkan di atas, niacinamide telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan kecantikan. Entah itu dioleskan secara topikal ke kulit atau diminum dalam bentuk suplemen, niacinamide telah dibuktikan mampu menangani peradangan kulit.

Beberapa masalah kulit yang diyakini dapat diatasi oleh niacinamide, yaitu:

Niacinamide diyakini ampuh menangani jerawat
Niacinamide diyakini ampuh untuk mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat

2. Menangani noda hitam

Beberapa studi pun menemukan bahwa konsentrasi niacinamide 5% dapat mencerahkan noda hitam di wajah. Diyakini bahwa khasiat ini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi kolagen.

3. Mengendalikan minyak

Tak hanya untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, niacinamide juga dilaporkan dapat mengendalikan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Jenis vitamin B3 ini juga mencegah kelenjar tersebut agar tak bekerja berlebihan.

4. Mengurangi kerutan dan garis halus

Tak salah niacinamide digandrungi banyak orang. Sebab, studi juga menemukan bahwa konsentrasi niacinamide 5% berpotensi untuk mengurangi berbagai tanda-tanda penuaan, termasuk kerutan dan garis-garis halus.

5. Berpotensi mencegah melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin, pigmen pemberi warna kulit. Diyakini bahwa melanoma berkaitan erat dengan kerusakan sel akibat paparan sinar UV.

Konsumsi suplemen niacinamide dilaporkan ampuh untuk menurunkan risiko melanoma, karena dapat meningkatkan daya pulih DNA pada kulit yang terpapar sinar UV.

6. Melawan stres oksidatif

Niacinamide dapat membantu membangun sel di kulit serta melindunginya dari berbagai stres eksternal. Stres tersebut dapat berasal dari cahaya matahari, polusi udara, dan racun.

7. Mendorong pertumbuhan lapisan ceramide

Nianicamide dilaporkan dapat mendorong pertumbuhan lapisan ceramide. Sebagai efek positifnya, pertumbuhan lapisan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit. Manfaat niacinamide ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama jika Anda menderita eksim.

Mendapatkan niacinamide: dari makanan, suplemen, atau serum?

Seperti nutrisi lain, cara terbaik mendapatkan asupan vitamin B3 seperti niacinamide adalah dari makanan sehat. Apabila ingin mencoba suplemen, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Beberapa sumber vitamin B3 yang bisa rutin dikonsumsi, yaitu:

Niacinamide terkandung pada sayuran hijau
Vitamin B3 terkandung dalam sayuran hijau

Walau begitu, beberapa orang mungkin tidak cukup mengonsumsi makanan saja untuk menangani masalah kulit seperti jerawat. Anda bisa mencari produk-produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide dan mengoleskannya secara langsung.

Menggunakan produk kecantikan yang mengandung niacinamide

Niacinamide banyak terkandung dalam produk kecantikan seperti serum, yang diaplikasikan setelah toner dan sebelum pelembap. Beberapa pembersih dan krim pun ada yang mengandung jenis vitamin B3 ini. Beberapa produk ada yang mencantumkan “niacinamide”, “niacin”, atau “nicotinamide”.

Sebagian besar produk kecantikan biasanya mengandung konsentrasi niacinamide 5%. Konsentrasi ini dinilai efektif dalam menangani noda jerawat dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sementara itu, apabila kulit Anda sensitif, konsentrasi niacinamide yang disarankan akan lebih rendah.
Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa niacinamide lebih optimal jika dikombinasikan dengan beberapa zat lain, seperti zinc, asam folat, tembaga, dan asam hialuronat.

Catatan dari SehatQ

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang bermanfaat untuk menangani masalah kulit. Sebelum menggunakannya, Anda disarankan untuk jeli dalam membaca label komposisi agar bisa menyesuaikan dengan jenis kulit.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
Diakses pada 30 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/niacinamide
Diakses pada 30 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319429.php
Diakses pada 30 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17147561
Diakses pada 30 Januari 2020

Artikel Terkait