Ngulet Saat Bangun Tidur Ternyata Baik untuk Kesehatan


Manfaat ngulet saat bangun tidur adalah untuk mengembalikan kelenturan otot sehingga tubuh bisa bergerak dengan lebih bebas dan mengurangi cedera. Ngulet merupakan bagian dari stretching namun biasanya dilakukan secara tidak sadar.

0,0
28 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ngulet saat bangun tidur ternyata bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa kurangi risiko kramManfaat ngulet saat bangun tidur salah satunya melenturkan otot
Pernah terpikirkah Anda kalau ngulet ternyata baik untuk kesehatan? Gerakan ini biasanya spontan saja dilakukan ketika baru terbandung. Namun ternyata, ngulet tidaklah sesederhana kelihatannya sebab dibalik gerakan itu, ada manfaat yang baik untuk tubuh.Ngulet sebenarnya adalah salah satu bentuk stretching alias pemanasan, namun umumnya dilakukan secara tidak sadar atau spontan. Stretching sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari mengurangi risiko cedera, mengurangi stres, hingga memperbaiki postur.

Manfaat ngulet saat bangun tidur

Saat bangung tidur, tubuh biasanya akan menggeliat atau ngulet secara otomatis. Gerakan ini biasanya disertai dengan meregangkan kedua tangan dan kaki lebar-lebar sambil menguap dan itu dilakukan berulang kali.Mekanisme ngulet sambil menguap ini, dalam dunia medis disebut sebagai pandiculation. Tak hanya pada manusia, kebiasaan ini juga dimiliki oleh hampir semua mamalia. Pandiculation adalah salah satu cara tubuh untuk mengurangi rasa tegang pada fascia, jaringan ikat yang mengelilingi otot, organ, dan pembuluh darah di seluruh tubuh. Dengan ngulet, maka fascia akan tetap fleksibel, sehat, dan bisa meraih banyak oksigen.Jika fascia lebih lentur dan fleksibel, maka Anda pun akan lebih mudah bergerak untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Manfaat melakukan stretching setelah ngulet

Saat baru bangun tidur, ngulet sebaiknya tidak menjadi satu-satunya stretching yang Anda lakukan. Sebab, ada begitu manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan peregangan di pagi hari setelah bangun tidur, seperti berikut ini.

1. Meredakan nyeri di badan

Ngulet di pagi hari bisa membantu otot menjadi lebih rileks dan hal ini bisa berujung pada berkurangnya rasa sakit di tubuh. Rasa sakit akan semakin berkurang jika Anda melanjutkannya dengan melakukan stretching lebih lanjut.

2. Memperbaiki postur tubuh

Melakukan stretching alias peregangan badan di pagi hari akan membantu otot menjadi lebih fleksibel, sehingga bisa kembali ke tempatnya semula. Hal ini terutama bermanfaat untuk pekerja kantoran yang sepanjang hari hanya duduk di depan komputer. Kebiasaan tersebut bisa memicu perubahan postur seperti jadi lebih bungkuk. Dengan rutin melakukan peregangan, maka postur perlahan-lahan bisa diperbaiki.

3. Meningkatkan energi

Melakukan stretching di pagi hari akan memicu perasaan terbangun yang lebih terasa, sehingga kantuk berkurang dan Anda pun lebih siap menghadapi hari. Setelah peregangan selesai dilakukan, maka energi biasanya akan langsung meningkat.

4. Melancarkan peredaran darah

Stretching di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan aliran darah yang meningkat, maka Anda akan lebih mudah untuk berkonsenterasi saat memulai hari.

5. Mengurangi risiko cedera

Dengan melakukan stretching, tubuh akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku, sehingga risiko terjadinya cedera seperti terkilir dan jatuh bisa berkurang. Sebab, tubuh akan lebih mudah bergerak.

6. Mengurangi stres

Melakukan peregangan bisa membantu meredakan stres karena aktivitas ini akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang dapat meningkatkan rasa nyaman dan tenang.Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, Anda dapat melakukan berbagai gerakan peregangan sederhana, seperti memutar leher atau merentangkan tangan ke atas selama beberapa detik.Stretching juga tidak hanya perlu dilakukan saat bangun tidur. Disela-sela waktu bekerja pun, Anda disarankan untuk melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali untuk mencegah sakit punggung, hingga perubahan postur.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gerakan stretching yang paling tepat untuk dilakukan saat pagi, siang, maupun malam hari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 
tidurmasalah ototnyeri otot
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-we-stretch
Diakses pada 19 Mei 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/430886-what-are-the-benefits-of-stretching-in-the-morning/
Diakses pada 19 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait