Bikin Testis Ngilu, Apa Itu Blue Balls?


Blue balls adalah ngilu pada testis. Secara medis, kondisi ini disebut epididymal hypertension. Blue balls diakibatkan orgasme yang tertunda sehingga terjadi penumpukan darah di pembuluh darah sekitar testis.

(0)
21 Jun 2020|Azelia Trifiana
Blue balls adalah kondisi ngilu akibat orgasme tertundaBlue balls terjadi karena orgasme yang tertunda
Pernahkah tiba-tiba saja Anda merasakan testis ngilu setelah berhubungan seks maupun masturbasi? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami blue balls. Apakah kondisi ini berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu blue balls?

Blue balls adalah salah satu masalah pada organ reproduksi pria yang ditandai dengan munculnya gejala testis ngilu. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan nama hipertensi epididimitis (epididymal hypertension).Selain ngilu, testis penderitanya juga akan tampak membiru akibat banyaknya darah yang terjebak di area tersebut. Selain itu, buah zakar juga biasanya akan terasa gatal dan lebih berat daripada biasanya.Kabar baiknya, kondisi ini bukanlah kondisi serius. Blue balls pun sangat jarang terjadi. Namun, Anda tetap perlu mewaspadainya, karena testis ngilu bisa saja pertanda penyakit lain.

Penyebab blue balls

Penyebab blue balls yang membuat testis ngilu adalah meningkatnya tekanan darah pada testis akibat orgasme yang tidak disertai dengan ejakulasi.Saat menerima rangsangan seksual, pembuluh darah di penis dan testis akan teraliri lebih banyak darah. Pembuluh darah kemudian akan menutup sehingga darah di dalamnya terjebak. Kondisi inilah yang membuat penis dan testis membesar serta mengeras. Setelah mencapai orgasme, yang ditandai dengan ejakulasi, pembuluh darah akan kembali terbuka dan aliran darah menjadi kembali normal. Penis dan testis yang tadinya mengembang dan mengeras, kembali melunak. Akan tetapi, ada kasus ketika orgasme tidak disertai dengan ejakulasi, atau ejakulasi tertunda. Kondisi ini lantas menimbulkan tekanan pada epididimis, yakni tabung yang berfungsi membawa sperma dari testis menuju vas deferens.Hal tersebut lantas mengakibatkan tekanan darah di testis meningkat. Akibatnya, timbullah rasa ngilu yang disertai perubahan warna menjadi kebiruan pada testis.Testis ngilu akibat hipertensi epididimis memang jarang terjadi. Akan tetapi, ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi ini, yaitu:
  • Mudah terangsang
  • Masturbasi
Selain itu, studi dari Journal of the American Academy of Pediatrics mengatakan jika kondisi ini lebih umum dialami oleh pria dewasa muda

'Blue balls' juga bisa terjadi pada wanita

Fenomena semacam blue balls pada wanita juga bisa terjadi, yakni blue vulva. Ini terjadi ketika aliran darah ke organ reproduksi perempuan meningkat karena rangsangan seksual. Orang yang mengalaminya akan merasakan sensasi gatal dan berat di sekitar klitoris dan vulva.Sama seperti pria, sensasi ini akan hilang dengan sendirinya ketika aliran darah kembali normal. Entah itu melalui orgasme atau saat tidak lagi merasa terangsang secara seksual.

Cara mengatasi testis ngilu

Cara mengatasi blue balls masih terus diteliti. Salah satu pengobatan yang paling sederhana dan cepat adalah usahakan untuk ejakulasi saat orgasme. Ini bisa terjadi lewat masturbasi atau hubungan seksual. Setelah orgasme, rasa ngilu pada testis akan hilang dengan sendirinya.Selain itu, bisa juga disiasati dengan mencari cara agar tidak lagi terangsang secara seksual. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:
  • Mandi air dingin
  • Berpikir hal lain yang tidak berhubungan dengan seksual
  • Mengalihkan fokus pada musik
  • Bekerja
  • Melakukan aktivitas yang membuat sibuk
  • Berolahraga atau mengangkat sesuatu yang berat
  • Berbaring
  • Menempelkan kompres es batu atau air hangat
Pada intinya, kondisi ini akan mereda dengan sendirinya setelah ejakulasi atau tidak lagi merasa terangsang secara seksual.Selain itu, Anda bisa juga mengonsumsi obat seperti paracetamol guna meredakan nyeri pada testis. Jika ngilu tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab testis ngilu lainnya

Selain karena hipertensi epididimis, testis terasa nyeri atau ngilu juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan medis yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab testis ngilu lainnya:
  • Diabetes neuropati di area paha
  • Peradangan testis (epididimitis)
  • Infeksi
  • Adanya batu ginjal
  • Gondong
  • Orchitis
  • Kanker testis
  • Memakai celana terlalu ketat
Buah zakar terasa ngilu juga bisa disebabkan oleh testis yang terkilir secara tiba-tiba. Ini juga bisa menyebabkan testis bengkak. Apabila mengalami kondisi tersebut, penanganan medis seperti operasi mungkin perlu dilakukan guna mengatasinya.

Kapan harus ke dokter?

Blue balls umumnya bukan masalah serius, sehingga tidak membutuhkan penanganan darurat di dokter atau rumah sakit. Terlebih jika ini hanya terjadi satu kali dan mereda dengan sendirinya.Namun, jangan tunda konsultasi dengan dokter apabila testis ngilu tak kunjung sembuh dan sudah sampai mengganggu kehidupan seksual Anda. Testis memiliki fungsi penting sehingga segala gangguan yang muncul pada organ tersebut sebaiknya segera ditangani.Selain itu, perhatikan apakah ada indikasi lain seperti testis besar sebelah, dan rasa sakit di paha dalam atau punggung bawah. Rasa ngilu yang Anda rasakan di buah zakar juga mungkin saja disertai nyeri pada testis.Ini bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius seperti kanker testis sehingga harus mendapat penanganan medis.Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai testis ngilu melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Gunakan fitur chat dokter untuk mendapatkan informasi seputar masalah kesehatan yang dialami saat ini. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play
nyeri testiskesehatan organ intimkesehatan priamasalah reproduksireproduksi pria
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324870
Diakses 6 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/blue-balls
Diakses 6 Juni 2020
Journal of the American Academy of Pediatrics. https://pediatrics.aappublications.org/content/106/4/843?sso=1&sso_redirect_count=1&nfstatus=401&nftoken=00000000-0000-0000-0000-000000000000&nfstatusdescription=ERROR%3a+No+local+token
Diakses 6 Juni 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com/sex-women/a19534594/science-blue-balls/
Diakses 6 Juni 2020
Very Well Heatlh. https://www.verywellhealth.com/understanding-blue-balls-1298225 Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait