Mengenal Ngidam Aneh pada Ibu Hamil, Mulai dari Makan Tanah hingga Detergen


Ngidam adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Namun, jika seorang ibu hamil ingin makan sesuatu yang berbahaya dan tidak sehat, seperti tanah atau detergen, perlu dipahami bahwa itu bukanlah ngidam biasa. Gangguan pica terjadi saat ibu hamil ngidam untuk makan hal-hal yang tidak memiliki nilai nutrisi.

0,0
16 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gangguan makan pica atau ngidam aneh bisa membuat seorang ibu hamil ingin makan sesuatu yang berbahaya dan tidak sehatGangguan makan pica, seperti ngidam makan tanah berpotensi terjadi pada ibu hamil
Ibu hamil yang ngidam itu sudah biasa, bahkan menjadi gejala awal kehamilan. Terutama jika yang diidamkan masih sebatas martabak atau makanan lain yang tidak sulit dicari. Namun, lain cerita jika ibu hamil mengalami ngidam aneh seperti gangguan makan pica, sehingga muncul rasa ngidam untuk makan sesuatu yang berbahaya seperti tanah atau abu rokok.[[artikel-terkait]]

Apa itu ngidam aneh pica?

Pica adalah suatu gangguan makan di mana seseorang mengonsumsi benda atau zat yang bukan makanan wajar dan tidak memiliki nilai gizi. Macam-macam ngidam aneh misalnya mengonsumsi tanah, beras, tepung, deterjen, kepingan cat tembok, atau es batu. Berbagai jenis pica yang paling sering ditemukan pada ibu hamil dan anak-anak adalah mengidam tanah, tepung, dan es batu. Seseorang dikatakan mengidap pica ketika keinginan untuk memakan sesuatu yang sama sekali tidak memiliki nilai gizi, cukup tinggi.Jika ngidam aneh pada ibu hamil tidak disadari dan terus dituruti, bisa-bisa gangguan ini dapat membahayakan janin. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh seputar perbedaan ngidam dan pica pada ibu hamil.

Penyebab ngidam aneh pica

Dikutip dari American Pregnancy, penyebab pica pada ibu hamil hingga saat ini belum diketahui secara jelas. Namun, kondisi ini sering dihubungkan dengan kondisi kekurangan zat besi, psikologis, budaya tertentu, kelaparan, gangguan pencernaan, serta peningkatan atau kerentanan terhadap toksin dan patogen.Salah satu hipotesis yang juga menghubungkan gangguan mental pica adalah dengan defisiensi zat besi. Kondisi pica dan memakan benda atau zat yang bukan makanan diperkirakan merupakan mekanisme tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang tidak terpenuhi.Menurut mitos yang beredar di masyarakat, saat ibu hamil menginginkan makanan atau ngidam sesuatu, hal tersebut harus dituruti. Ibu hamil juga kerap mendapat banyak pemakluman ketika hal yang diidamkan adalah sesuatu yang aneh. Padahal, ngidam, baik yang aneh maupun tidak, bisa jadi merupakan tanda tubuh kekurangan nutrisi tertentu. Para ahli pun menyarankan, jika ibu hamil mengalami ngidam makanana aneh yang kurang bergizi, lebih baik dicarikan alternatif lain untuk membelikan makanan yang lebih sehat dan tetap dapat memuaskan ngidam yang dialami.Mengonsumsi makanan yang tidak memiliki nilai gizi, dapat berdampak buruk bagi ibu dan bayi di dalam kandungan. Bahaya juga akan semakin meningkat ketika ibu hamil mengalami pica.Baca juga: Kehamilan Sehat: Ketahui 7 Ciri dan Cara Menjaganya

Hubungan makanan aneh orang ngidam dengan zat besi

Sebuah penelitian menemukan bahwa gejala ngidam aneh, seperti ngidam es batu, dihubungkan dengan kondisi defisiensi zat besi. Penelitian menyebutkan, ibu hamil yang ditemukan dengan gejala pica ternyata memiliki kadar zat besi rendah dalam darah. Hampir separuh dari ibu hamil tersebut ditemukan paling banyak ngidam aneh makan es batuAdanya hubungan ini menyebabkan ibu hamil yang mengidap anemia defisiensi zat besi juga rentan mengalami ngidam yang tidak normal, seperti perempuan haid, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Pica bisa berbahaya bagi bayi di dalam kandungan

Salah satu hal yang paling berbahaya dari kondisi pica adalah ibu hamil ngidam makan makanan tidak normal seperti tanah. Selain tidak mengandung nutrisi apapun, pada tanah juga bisa terdapat timah, yang dapat menyebabkan masalah perkembangan anak seperti:
  • IQ rendah
  • Gangguan pendengaran
  • Rendahnya kemampuan motorik
  • Kesulitan belajar
  • Attention deficit disorder (ADD)
Selain itu, ngidam makan es batu juga bisa memicu anemia yang perlu segera ditangani. Bukan hanya itu, pada kasus yang serius, kondisi ini bisa menyebabkan terganggunya perkembangan janin, komplikasi kehamilan seperti infeksi, iritasi lambung, penyumbatan pencernaan, muntah hebat hingga penurunan berat badan ibu hamil. Karena itu, saat ibu hamil mulai ngidam sesuatu yang aneh, Anda patut curiga jika kondisi tersebut adalah pica, dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Cara mengatasi ngidam yang aneh saat hamil

Seperti yang telah disebutkan di atas, langkah pertama yang dapat dilakukan saat kondisi pica mulai disadari adalah menghubungi dokter. Selanjutnya, dokter akan memeriksa risiko kekurangan nutrisi tertentu di tubuh.Dokter juga mungkin akan memberikan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula, juga dapat dijadikan alternatif untuk membantu mengalihkan rasa ngidam.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kehamilanmakanan tidak sehatmengidam
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x25006235/why-do-i-have-such-strong-cravings-now-im-pregnant
Diakses pada 8 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-food-cravings#1
Diakses pada 8 Mei 2019
Baby Centre. https://www.babycenter.com/404_what-causes-pica-during-pregnancy_1186643.bc
Diakses pada 8 Mei 2019
The Bump. https://www.thebump.com/a/pica-during-pregnancy
Diakses pada 8 Mei 2019
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/unusual-cravings-pica/
Diakses pada 8 Mei 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait