New Normal a la Liga Inggris, Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui

(0)
17 Jun 2020|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada berbagai peraturan baru dalam liga Inggris di era new normalBola liga Inggris (credit: RootsShoots/Shutterstock)
Liga Primer Inggris akhirnya kembali bergulir pada Kamis (18/6) dini hari nanti. Aston Villa vs. Sheffield United dan big match Manchester City vs. Arsenal, akan menandakan comeback liga ini dalam kondisi new normal. Untuk menyesuaikan diri dengan pandemi Covid-19 yang masih mengancam, liga Inggris menambah beberapa aturan baru yang harus dipatuhi oleh masing-masing klub yang akan bertanding.Peraturan-peraturan baru ini umumnya mirip dengan yang diterapkan oleh Bundesliga (liga Jerman), yang sudah berhasil bergulir sejak sebulan yang lalu. Di samping itu, ada pula peraturan-peraturan lainnya yang secara khusus dibuat untuk memperketat protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 saat liga Inggris bergulir. Apa saja peraturan tersebut?

New normal a la liga Inggris

Berikut beberapa peraturan baru yang harus dipatuhi seluruh klub liga Inggris selama pertandingan berlangsung.

1. Sebelum pertandingan

Para pemain dan staf klub diharuskan untuk menjalani pemeriksaan harian virus corona. Sebelum berangkat bertanding, mereka harus memenuhi beragam pemeriksaan terkait Covid-19 dan diwajibkan untuk melapor jika ada gejala yang muncul.Seluruh tim dapat menggunakan berbagai moda transportasi untuk berangkat ke stadion, seperti bus, kereta, atau pesawat. Akan tetapi, moda transportasi yang dipilih harus steril dan social distancing harus diterapkan saat menggunakannya. Masker juga harus dipakai sepanjang perjalanan.Manajer Sheffield United, Chris Wilder, menjelaskan bahwa mereka akan menggunakan tiga bus ke stadion untuk menerapkan social distancing, dengan bus paling awal diprioritaskan untuk pemain yang akan bertanding melawan Aston Villa pada dini hari (18/6) nanti.Desinfeksi stadion juga dilakukan sebelum pertandingan. Bagian-bagian yang didesinfeksi meliputi ruang ganti, bangku cadangan, bola-bola yang akan dipakai, tiang gawang, bendera corner, dan papan pergantian pemain.

2. Dalam stadion dan ruang ganti

Setiap stadion akan dibagi menjadi tiga zona, yakni merah, kuning (amber), dan hijau. Masing-masing zona memiliki peraturan berbeda yang harus dipatuhi, namun yang paling ketat adalah zona merah.Hanya sekitar 300 orang yang diperbolehkan masuk ke stadion dalam sisa 92 pertandingan di musim ini. Mereka juga harus menggunakan masker selama berada di stadion. Khusus untuk zona merah, orang-orang yang ingin masuk ke zona ini diharuskan untuk menjalani tes Covid-19 selama lima hari sebelum pertandingan.Mereka juga harus memiliki “paspor klinis”, yakni bar code yang menunjukkan hasil tes terbaru mereka negatif, sebelum diberikan akses ke zona merah. Zona ini meliputi lapangan, area pelatih dan pemain cadangan, serta ruang ganti.Area ruang ganti hanya diperuntukkan untuk pemain, pelatih, dan fisioterapis saja. Para pemain dari masing-masing klub juga harus menjaga jarak dengan rekan satu timnya dalam ruangan ini sebagai upaya menerapkan social distancing.Sesi instruksi tim atau taktik dalam ruang ganti akan dibatasi hanya untuk pemain, pelatih, dan staf pelatih saja, sementara staf-staf lainnya tidak diizinkan untuk berpartisipasi. Waktu sesi ini juga dipersingkat menjadi 15 menit karena larangan berkerumun terlalu lama dalam ruangan.Setelah itu, para pemain diwajibkan mencuci tangannya sebelum beranjak ke koridor, di mana kedua tim dalam periode ini tidak berjalan secara beriringan untuk memasuki stadion. Tim yang bertandang akan diberikan kesempatan memasuki lapangan terlebih dahulu dan menempati sisi lapangan yang ditentukan, sebelum disusul oleh tuan rumah.Sesi jabat tangan antara kedua tim dan sesi foto masing-masing tim akan ditiadakan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. Meski demikian, lagu liga Inggris tetap akan dikumandangkan sebelum laga.

3. Dalam lapangan

Penerapan social distancing juga akan dilakukan di bangku cadangan. Para pemain cadangan bisa menempati tribun di balik bangku cadangan untuk menghindari kerumunan.Para pemain dan staf pelatih tidak diwajibkan menggunakan masker selama pertandingan, namun pihak-pihak lain yang ada di bangku cadangan diharuskan untuk mengenakannya.Kebiasaan-kebiasaan seperti meludah atau membuang ingus dilarang dilakukan di dalam lapangan. Masing-masing pemain akan diberikan botol minum sendiri karena penggunaan botol minum bersama lebih rentan terhadap penularan Covid-19.Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah selebrasi gol. Seperti yang dipraktikkan di Bundesliga Jerman, liga Inggris juga mendorong para pemainnya untuk menjaga jarak ketika melakukan selebrasi gol.Pelukan atau kontak-kontak fisik berlebihan dalam selebrasi bisa diganti dengan fists bump atau tos dengan siku atau kaki. Metode ini juga dapat digunakan usai pertandingan, baik dengan rekan satu tim maupun pemain lawan.Para pemain juga disarankan untuk menghindari konfrontasi secara berkerumun dengan pemain lawan atau wasit dan asistennya.

4. Usai pertandingan

Mixed zone yang biasa digunakan oleh para jurnalis untuk mewawancara pemain akan ditiadakan untuk mencegah kerumunan. Konferensi pers dari pelatih masing-masing tim kemungkinan tidak diselenggarakan atau dilakukan secara online.Di ruang mandi, para pemain juga harus menerapkan social distancing. Peraturan ini juga membatasi berapa banyak pemain yang boleh mandi dalam waktu bersamaan sehingga beberapa dari mereka harus mengantre.Sesi evaluasi setelah pertandingan durasinya akan dibatasi seperti sesi intruksi tim sebelum laga, yakni hanya 15 menit saja. Setelah seluruh ritual usai pertandingan selesai dilakukan, para pemain dapat pulang dengan menggunakan bus yang sudah disediakan, tentunya dengan menerapkan social distancing.
sepak bolacoronavirus
The Athletic. https://theathletic.com/1864026/#
Diakses pada 17 Juni 2020
The Straits Times. https://www.straitstimes.com/sport/football/football-english-premier-league-return-the-new-normal
Diakses pada 17 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait