Hinaan Di Balik Pujian Atau Negging, Kenali Tanda dan Cara Menghadapi Pelakunya


Negging adalah tindakan menghina atau merendahkan orang lain yang dibalut dengan ucapan positif atau netral. Apabila dibiarkan begitu saja, tindakan ini bisa membuat korban kehilangan kepercayaan diri dan sakit hati.

0,0
Negging adalah tindakan menghina atau merendahkan orang lain yang dibalut dengan ucapan positif atau netralNegging dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat korban merasa sakit hati
Saat berhasil mencapai tujuan tertentu, kita seringkali menerima pujian dari orang-orang di sekitar. Pujian sendiri umumnya diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian yang berhasil diraih.Meskipun begitu, ternyata tak semua pujian bersifat tulus. Beberapa orang terkadang memberi pujian dengan maksud dan tujuan menghina. Jika Anda pernah mengalaminya, situasi tersebut dikenal dengan istilah negging.

Apa itu negging?

Negging adalah hinaan yang dibalut dengan pujian, kritik membangun, maupun pernyataan netral. Meskipun terdengar halus, manipulasi emosi ini bisa berdampak buruk terhadap kondisi psikologis korbannya.Perilaku ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat korbannya sakit hati. Beberapa contoh perkataan yang termasuk dalam negging, antara lain:
  • Selamat atas keberhasilanmu menjuarai lomba tari. Lain kali aku akan mengajarkanmu olahraga yang lebih cocok untuk lelaki.
  • Kamu terlihat sangat luar biasa hari ini. Aku tidak akan pernah punya keberanian untuk menggunakan baju seperti itu.
  • Hebat, nilai-nilaimu naik dengan signifikan di semester ini. Semoga di semester depan nilaimu bisa sebaik saudaramu.

Tanda-tanda negging

Negging merupakan perilaku yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orangtua, atasan, rekan kerja, teman, hingga pasangan. Beberapa orang terkadang tidak sadar atau memerlukan waktu untuk mencernanya karena hinaan yang dilontarkan seringkali dibalut dengan perkataan positif.Berikut ini sejumlah situasi yang dapat menjadi tanda-tanda negging:

1. Memberikan pujian yang menghina

Orang yang melakukan negging memang akan terlihat memuji Anda di awal. Namun, apabila diperhatikan lebih teliti, pujian yang diberikan sebenarnya bertujuan untuk menghina. Ucapan tersebut biasanya akan terasa lebih menusuk ketika orang lain ikut mendengarkan dan Anda cenderung hanya bisa menanggapinya dengan tersenyum. 

2. Membandingkan Anda dengan orang lain

Memberi pujian sambil membanding-bandingkan Anda dengan orang lain adalah salah satu bentuk negging. Tujuan pelaku melakukan tindakan tersebut adalah menyoroti kekurangan Anda. Selain itu, pelaku juga berusaha untuk membuat Anda merasa kurang dari orang lain meski sudah berhasil meraih capaian tertentu.

3. Menghina dengan kedok kritik yang membangun

Pelaku negging mungkin akan menghina Anda lewat kedok kritikan yang membangun. Kritik yang diberikan pelaku sebenarnya memang dimaksudkan untuk menyakiti, bukan membuat Anda lebih baik lagi.

4. Selalu mencoba untuk satu langkah di depan Anda

Ketika mendengar Anda mendapatkan kabar baik, orang yang melakukan negging akan berusaha untuk selangkah lebih maju di depan Anda. Sebagai contoh, Anda sedang bercerita mengenai liburan Anda di tempat wisata dalam negeri. Saat mendengar hal tersebut, pelaku akan berbalik cerita soal pengalaman liburannya di luar negeri agar terlihat lebih unggul dari Anda.

5. Menyamarkan hinaan lewat pertanyaan

Beberapa perilaku negging seringkali menyamarkan pertanyaan melalui hinaan. Misal, ketika melihat Anda berhasil, pelaku akan bertanya adakah pihak lain yang membantu dalam meraih capaian tersebut.

6. Membuat Anda selalu meminta persetujuan mereka saat mengambil keputusan

Salah satu tujuan utama dari negging adalah mengurangi harga diri Anda. Ketika perilaku ini dilakukan oleh pasangan, Anda akan dibuat seolah harus meminta persetujuan mereka saat melakukan sesuatu atau mengambil keputusan. Seiring berjalannya waktu, pelaku kemudian akan mulai mengendalikan hubungan, yang tentu membuatnya jadi tidak sehat.

Cara menghadapi pelaku negging

Menghadapi pelaku negging mungkin akan terasa menguras emosi Anda. Meski begitu, ada sejumlah tindakan yang dapat dilakukan supaya Anda tidak terjebak lebih dalam permainan pelaku.Berikut sejumlah tips untuk menghadapi pelaku negging:
  • Jangan membalas tindakan pelaku dengan balik menghina
  • Jangan terlibat dalam argumen yang tidak berguna dengan pelaku
  • Ekspresikan bagaimana perasaan Anda dan lihat bagaimana respons pelaku
  • Jika pelaku meminta maaf atas perkataan yang diucapkan, terimalah dan pastikan ia tidak mengulanginya kembali
  • Jelaskan bahwa tindakan pelaku tidak bisa diterima dan minta mereka untuk berubah
  • Putuskan apakah hubungan dengan pelaku negging layak untuk dilanjutkan atau tidak
Perilaku pelaku negging terkadang dapat berujung pada kekerasan fisik. Jika tindakan pelaku mengarah pada kekerasan fisik, jangan ragu untuk melapor kepada pihak berwajib.

Catatan dari SehatQ

Negging adalah tindakan menghina atau merendahkan orang lain yang dibalut dengan ucapan positif atau netral. Salah satu tujuan pelaku melakukannya yaitu untuk menjatuhkan harga diri korbannya.Apabila dibiarkan begitu saja, negging bisa membuat korban kehilangan kepercayaan diri dan sakit hati. Maka dari itu, penting bagi korban untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi pelaku dengan tepat.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/negging
Diakses pada 2 Agustus 2021
Marriage. https://www.marriage.com/advice/mental-health/what-is-negging/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait