Mengulik Nutrisi dan Manfaat Natto, Olahan Kedelai dari Negeri Sakura

(0)
29 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Natto adalah olahan kedelai dari Jepang yang kaya probiotikNatto memiliki tekstur yang lengket dengan rasa yang unik
Kedelai merupakan salah satu makanan yang sangat sehat. Di Indonesia, kita punya tempe dan tahu yang menjadi panganan kedelai murah dengan segudang manfaat. Sementa itu, di Jepang, ada natto yang merupakan fermentasi kacang kedelai dengan rasa yang unik. Apa kehebatan natto?

Apa itu natto?

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Makanan ini memiliki tekstur yang lengket, berserat, dan seperti berlendir.Natto, yang difermentasikan oleh bakteri Bacillus subtilis, memiliki rasa nutty dengan aroma yang tajam. Untuk menambah cita rasa, masyarakat Jepang mengonsumsi natto dengan mencampurkan bahan lain, seperti kecap dan mustard – plus ditambah dengan semangkuk nasi putih.Sebagai olahan kedelai, natto merupakan pangan khas Negeri Sakura dengan nutrisi yang tak main-main. Nutrisi tersebut mencakup zat gizi makro, vitamin, hingga mineral. Berikut ini profil nutrisi natto untuk setiap 100 gram-nya:
  • Kalori: 212
  • Lemak: 11 gram
  • Karbohidrat: 14 gram
  • Serat: 5 gram
  • Protein: 18 gram
  • Mangan: 76% dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Zat besi: 48% dari AKG harian
  • Tembaga: 33% dari AKG harian
  • Vitamin K1: 29% dari AKG harian
  • Magnesium: 29% dari AKG harian
  • Kalsium: 22% dari AKG harian
  • Vitamin C: 22% dari AKG harian
  • Kalium: 21% dari AKG harian
  • Zinc: 20% dari AKG harian
  • Selenium: 13% dari AKG harian
Tak sampai di situ, natto sebagai olahan fermentasi tentu akan mengandung probiotik atau bakteri baik. Probiotik menawarkan beragam manfaat kesehatan, terutama untuk pemeliharaan sistem pencernaan.

Ragam manfaat natto untuk kesehatan

Menjadi panganan dari kedelai yang difermentasikan, ini manfaat natto yang sangat mengesankan:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Agar sehat, sistem pencernaan memerlukan bantuan dari bakteri baik. Bakteri baik dalam natto dapat menjadi menjadi perlindungan lini pertama dalam menghalau racun dan bakteri jahat. Para ahli pun menyebutkan, probiotik membantu mengatasi perut bergas, konstipasi, diare akibat antibiotik, hingga perut kembung.

2. Memelihara kesehatan tulang

Nutrisi tertentu dalam natto membuatnya menjadi makanan yang baik untuk tulang. Untuk setiap 100 gram-nya, natto memenuhi 22% rekomendasi asupan harian kalsium – mineral utama yang terdapat pada tulang.Natto juga mengandung vitamin K2 yang cenderung jarang ditemukan di makanan lain. Vitamin K2 penting untuk tulang karena mampu mengaktifkan protein pembangun tulang yang berfungsi dalam mobilisasi kalsium ke anggota gerak ini.

3. Berpotensi untuk meningkatkan kesehatan otak

Natto merupakan makanan yang kaya dengan probiotik. Makanan tinggi probiotik dikaitkan dengan penurunan stres, peningkatan daya ingat, dan penurunan gejala kecemasan. Makanan tinggi natto juga berpotensi untuk mengurangi gejala autisme, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif.Walau menggugah, riset yang lebih berkualitas diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat natto di atas.

4. Berpotensi untuk menguatkan sistem imun

Natto juga mengandung beraneka zat gizi yang membantu menguatkan sistem imun tubuh. Manfaat ini termasuk dari probiotik pada natto, yang nantinya akan menghambat pertumbuhan bakteri jahat, serta diyakini mampu meningkatkan produksi antibodi di tubuh.Tak hanya probiotik, natto juga kaya dengan vitamin C, zat besi, zinc, selenium, dan tembaga. Semua nutrisi ini memainkan peran penting untuk fungsi imun yang sehat.

5. Berpotensi untuk mengendalikan berat badan

Natto mengandung serat dan probiotik. Keduanya boleh jadi berperan dalam mencegah kenaikan berat badan, serta membantu mengoptimalkan penurunan berat badan. Studi lanjutan diperlukan untuk memperkuat pernyataan ini.

6. Menjaga kesehatan jantung

Natto diyakini membantu memelihara kesehatan jantung. Salah satu alasannya adalah kandungan serat dan probiotik pada natto, dua nutrisi yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Fermentasi pada natto juga memproduksi enzim yang disebut nattokinase. Nattokinase membantu mengencerkan bekuan darah.Tak sampai di situ saja, peneliti di Jepang melaporkan bahwa natto berpotensi untuk mengendalikan tekanan darah, dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE).

7. Diyakini menurunkan risiko kanker

Beberapa riset mengaitkan konsumsi natto dengan penurunan risiko kanker. Hal ini karena natto mengandung vitamin K2 dan isoflavon kedelai, yang boleh jadi menurunkan risiko kanker payudara, kanker di pencernaan, kanker hati, dan kanker prostat.

Adakah risiko dalam mengonsumsi natto?

Umumnya, natto merupakan makanan yang aman dikonsumsi bagi banyak orang. Namun, penting untuk diingat bahwa natto juga mengandung vitamin K1, jenis vitamin yang memiliki efek mengencerkan darah. Orang yang sudah mengonsumsi obat pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencicipi natto.Natto, sebagai makanan dari kacang kedelai, dianggap sebagai makanan goitrogen. Goitrogen adalah senyawa yang dapat memengaruhi fungsi kelenjar tiroid – terutama pada individu yang sudah mengalami gangguan pada fungsi tiroid mereka. Konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba natto, apabila Anda memiliki masalah pada tiroid.

Catatan dari SehatQ

Natto adalah makanan dari kacang kedelai yang berasal dari Jepang. Sebagai panganan yang bernutrisi tinggi, natto menawarkan beragam manfaat kesehatan. Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah dan individu dengan gangguan tiroid harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba natto.
makanan sehatmanfaat probiotiksusu kedelai
Healthline. healthline.com/nutrition/goitrogens-in-foods
Diakses pada 14 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/natto
Diakses pada 14 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-are-probiotics
Diakses pada 14 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait