Nama Obat Keseleo di Apotik yang Bisa Didapat Tanpa Resep Dokter

Sebelum mengentahui nama obat keseleo di apotik dan membelinya, kompres dingin juga bisa membantu
Kompres dingin bisa digunakan sebagai salah satu penanganan keseleo

Keseleo atau terkilir adalah peregangan berlebihan atau adanya robekan pada ligamen. Ligamen sendiri merupakan jaringan serabut-serabut yang menghubungkan dua buah tulang di persendian.

Terkilir dalam kategori ringan masih bisa ditangani sendiri di rumah. Beberapa nama obat keseleo di apotik yang dijual tanpa resep dokter juga bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit dan bengkak. 

Gejala dan penyebab keseleo

Gejala terkilir bisa bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan cedera. Namun gejala keseleo secara umum meliputi:

  • Rasa sakit.
  • Bengkak di bagian yang cedera.
  • Memar di bagian yang cedera.
  • Kemampuan gerak sendi yang menurun atau terbatas.

Keseleo bisa dialami oleh bagian tubuh manapun. Tapi kondisi ini paling sering terjadi pada pergelangan kaki dan lutut.

  • Pergelangan kaki keseleo

Terkilir pada pergelangan kaki biasanya disebabkan oleh berjalan atau berlari di permukaan yang tidak rata, serta mendarat dalam posisi kaki yang tidak sempurna saat melompat.

  • Lutut keseleo

Terkilir juga bisa menimpa lutut akibat gerakan berputar mendadak saat olahraga.

  • Pergelangan tangan keseleo

Kondisi terkilir pada pergelangan tangan sering terjadi ketika Anda menahan tubuh saat jatuh. 

Bagaimana cara menangani keseleo?

Sebelum mengetahui nama obat keseleo di apotik dan menggunakannya, Anda bisa menerapkan penanganan segera setelah terjadi cedera akibat keseleo terlebih dulu. Gunakan prinsip RICE, yaitu Rest, Ice, Compression, dan Elevate.

  • Rest atau istirahatkan bagian tubuh yang cedera

Kurangi aktivitas menggunakan bagian tubuh yang cedera tapi jangan sama sekali berhenti beraktivitas.

  • Ice alias kompres dingin

Tempelkan kompres dingin pada bagian yang mengalami keseleo. Anda bisa menggunakan ice pack dan meletakkannya di bagian yang cedera selama 15 sampai 20 menit. Lakukan kompres tiap dua atau tiga jam selama beberapa hari setelah cedera.

Bila ice pack tidak tersedia, Anda dapat membungkus es batu dalam handuk atau kain, kemudian menempelkannya pada bagian tubuh yang terkilir. Namun ingatlah agar tidak menempelkan es batu langsung ke kulit karena berpotensi memicu radang dingin (frostbite)

Jika memungkinkan, Anda juga boleh merendam bagian tubuh yang terkilir dalam air yang sudah diberi es batu.

  • Compression atau tekanan

Kompresi bisa dilakukan dengan membebat bagian yang keseleo, menggunakan perban elastis hingga pembengkakan mereda. Jangan membebat terlalu kencang supaya sirkulasi darah tidak terganggu.

Kendurkan bebat apabila rasa sakit bertambah, muncul sensasi mati rasa, atau timbul bengkak di luar area yang dibebat.

  • Elevation alias mengangkat bagian yang cedera

Bagian tubuh yang keseleo sebaiknya diposisikan agar lebih tinggi dari jantung. Lakukan elevation, terutama di malam hari saat Anda tidur. Langkah ini bertujuan mengurangi pembengkakan. 

Apa saja nama obat keseleo di apotik?

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat terkilir, Anda bisa menggunakan obat-obatan antiradang dan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Ini sederet nama obat keseleo di apotik tanpa resep dokter yang boleh Anda pakai:

  • Naproxen

Naproxen digunakan untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh tendonitis, sakit gigi, dan kram menstruasi. Obat ini bisa juga dipakai untuk mengurangi nyeri, bengkak, dan kekakuan sendi akibat artritis, bursitis, gout, maupun cedera seperti keseleo. 

Termasuk jenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan salah satu nama obat keseleo di apotik yang dijual bebas, naproxen bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa kimiawi tubuh yang menimbulkan peradangan. 

  • Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan meredakan peradangan akibat berbagai kondisi. Misalnya, menstruasi, sakit gigi, sakit otot, terkilir, artritis, dan sebagainya.

Obat yang juga termasuk golongan OAINS ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup untuk diminum (obat oral), serta krim atau gel yang dioleskan (topikal). 

Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat enzim cyclo-oxygenase, yang memicu produksi hormon prostaglandin saat terjadi cedera. Hormon ini akan menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan radang.

Jika Anda menggunakan ibuprofen topikal yang dioleskan pada area yang cedera, obat akan menghentikan produksi prostaglandin di jaringan yang cedera tersebut. Dengan ini, rasa sakit dan bengkak akan berkurang.

  • Acetaminophen

Acetaminophen adalah obat pereda nyeri, yang juga berfungsi sebagai pereda demam. Obat yang dikenal juga dengan nama paracetamol ini biasa digunakan untuk mengatasi rasa sakit kategori ringan dan sedang. Contohnya, rasa sakit karena cedera otot, keseleo, artritis, sakit gigi, dan nyeri punggung

  • Diclofenac

Diclofenac adalah obat antinyeri dan antiradang. Diclofenac oral dalam bentuk tablet dan kapsul biasanya bisa didapat dengan resep dokter, sementara diclofenac topikal dalam bentuk gel termasuk nama obat keseleo di apotik yang dijual bebas. 

Gel diclofenac bisa dioleskan pada bagian tubuh yang keseleo sebanyak dua sampai empat kali dalam sehari. Berikan jeda setidaknya empat jam sebelum mengulang penggunaan obat oles ini. 

Demikian obat yang bisa Anda beli langsung di apotek untuk mengatasi rasa sakit dan bengkak akibat keseleo. Namun menerapkan metode RICE maupun membeli dan menggunakan nama-nama obat keseleo di apotik tersebut terkadang tidak cukup untuk mengatasi keseleo, apalagi bila kondisinya lebih parah.

Jika gejala keseleo tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, bagian yang cedera tidak bisa digerakkan, ada rasa sakit pada tulang di area tersebut, atau muncul sensasi mati rasa, segeralah konsultasikan ke dokter ortopedi.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sprains/diagnosis-treatment/drc-20377943
Diakses pada 28 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5173-1289/naproxen-oral/naproxen-oral/details
Diakses pada 28 Oktober 2019

NHS. https://www.nhs.uk/medicines/ibuprofen-for-adults/
Diakses pada 28 Oktober 2019

Drugs. https://www.drugs.com/acetaminophen.html
Diakses pada 28 Oktober 2019

NHS. https://www.nhs.uk/medicines/diclofenac/
Diakses pada 28 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed