Nafsu Makan Terkendali Hingga Tidur Nyenyak, Ini 8 Manfaat Senam Tobelo


Senam Tobelo asal Maluku memiliki gerakan yang mudah diikuti dan juga memiliki segudang manfaat bagi Anda yang melakukannya. Mulai dari mengendalikan nafsu makan hingga tidur nyenyak.

(0)
14 Dec 2020|Azelia Trifiana
Senam Tobelo sangat menyehatkanSenam Tobelo mudah dilakukan dan menyehatkan
Alunan nada ceria khas Maluku Utara menjadi ciri khas senam tobelo. Gerakannya semangat seperti halnya senam kesegaran jasmani lainnya dan belakangan populer menjadi aktivitas bersama. Manfaat senam tobelo selain menyehatkan tubuh juga membuat mood menjadi lebih baik.Popularitas senam asal Halmahera Utara ini tak lepas dari koreografi atau gerakannya yang tidak begitu sulit. Siapa saja bisa dengan mudah mengikuti gerakan senam ini mengikuti irama musiknya.

Manfaat senam tobelo

Beberapa manfaat melakukan senam tobelo bagi kesehatan di antaranya:

1. Mood lebih baik

Olahraga apa yang dipilih sebagai media menggerakkan tubuh tentu sah-sah saja. Salah satu aktivitas yang bisa membuat mood jadi lebih baik dan merasa bahagia adalah melakukan senam tobelo. Nada dan irama lagu senam ini sangat riang sehingga membuat perasaan menjadi antusias.Tak hanya itu, berinteraksi dengan orang lain ketika melakukan senam bersama juga bisa membuat perasaan lebih senang. Tanpa disadari, hal ini juga dapat mengusir jauh-jauh rasa stres.Saat berolahraga, otak akan menghasilkan lebih banyak endorfin. Ini adalah senyawa yang menimbulkan rasa bahagia dan bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal pemicu kekhawatiran.

2. Jalani hari yang lebih sehat

Memulai hari dengan melakukan senam tobelo adalah cara tepat untuk membuat sepanjang hari lebih baik. Bukan hanya asumsi, sebuah penelitian di tahun 2018 membuktikannya. Dalam studi yang dimuat dalam International Journal of Obesity, sebanyak 2.680 partisipan mengikuti program olahraga selama 15 pekan.Menariknya lagi, berolahraga seperti senam di pagi hari akan membuat seseorang cenderung lebih ingin memilih hal-hal yang sehat sepanjang hari. Contoh sederhananya adalah memilih menu makanan yang lebih berkualitas serta bergizi.

3. Lebih siaga

Olahraga seperti senam tobelo juga berdampak positif pada hormon seseorang. Ketika melakukan senam di pagi hari, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Ini adalah hormon yang membuat seseorang tetap siaga dan terjaga.Ketika seseorang memiliki ritme sirkadian yang sehat dan teratur, maka berolahraga di pagi hari akan membuat tubuh lebih bugar. Umumnya, hormon kortisol berada di puncaknya sekitar pukul 8 pagi dan turun di sore hari.

4. Membangkitkan energi

Rutin melakukan olahraga seperti senam tobelo dapat membangkitkan energi serta mencegah tubuh terasa lesu. Ketika melakukan gerakan-gerakan senam, oksigen dan nutrisi akan terdistribusi optimal hingga ke jantung dan paru-paru.Cara ini juga berdampak positif bagi kesehatan jantung seseorang. Tak hanya itu, stamina dan daya tahan tubuh pun juga lebih baik. Pilih waktu melakukan senam di pagi hari untuk memberi suntikan energi saat menjalani aktivitas.

5. Lebih fokus

Manfaat senam tobelo lainnya adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi. Jika Anda kerap merasa sulit berkonsentrasi di siang hari, siapa tahu rahasianya ada pada melakukan senam di pagi hari.Dalam sebuah studi yang dimuat di British Journal of Sports Medicine pada tahun 2019, terbukti bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan fokus, pembelajaran visual, hingga kemampuan mengambil keputusan.Partisipan dalam studi itu harus duduk selama 8 jam setiap harinya. Pada hari tertentu, mereka mengambil jeda untuk jalan cepat selama 30 menit. Terbukti, hari-hari saat mereka berolahraga di pagi hari membuat kemampuan kognitif meningkat sepanjang hari.

6. Memicu penurunan berat badan

Senam di pagi hari juga bisa jadi cara untuk menurunkan berat badan. Dalam studi tahun 2015, sebanyak 10 laki-laki melakukan sesi olahraga di pagi, siang, dan sore hari. Berdasarkan penelitian itu, ditemukan bahwa pembakaran lemak paling tinggi terjadi ketika mereka berolahraga di pagi hari sebelum sarapan.

7. Mengendalikan nafsu makan

Selaras dengan manfaat menurunkan berat badan, melakukan senam tobelo juga bisa mengendalikan nafsu makan. Mereka bekerja dengan menurunkan hormon pemicu rasa lapar yaitu ghrelin. Tak hanya itu, berolahraga juga meningkatkan hormon satiety atau rasa kenyang.Dalam sebuah studi tahun 2012, sebanyak 35 perempuan diminta berjalan selama 45 menit di pagi hari. Kemudian, mereka diminta melihat foto bunga dan makanan. Respons gelombang otaknya dicatat.Seminggu kemudian, proses ini diulangi namun tanpa adanya olahraga di pagi hari. Hasilnya, otak memberikan respons lebih kuat pada foto makanan ketika tidak memulai hari dengan berolahraga.

8. Tidur lebih nyenyak

Apabila tidur nyenyak di malam hari masih sulit terwujud, coba lakukan olahraga pagi hari seperti senam tobelo. Studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa orang dewasa bisa tidur lebih nyenyak pada hari-hari ketika mereka berolahraga pukul 7 pagi.Tak hanya itu, berolahraga di luar ruangan seperti senam tobelo juga membuat tidur lebih berkualitas. Paparan sinar terang di pagi hari dapat meningkatkan produksi melatonin saat tidur.

Sebelum melakukan olahraga di pagi hari seperti senam tobelo, isi dulu perut dengan makanan ringan namun bergizi. Contohnya seperti pisang, oatmeal, apel, atau yogurt.Kemudian sesudah berolahraga, penuhi kembali kebutuhan protein dan karbohidrat. Jangan lupa imbangi dan konsumsi sayur dan buah-buahan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat berolahraga di pagi hari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/working-out-in-the-morning
Diakses pada 28 November 2020
Dove Press. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4270305/
Diakses pada 28 November 2020
British Journal of Sports Medicine. https://bjsm.bmj.com/content/54/13/776
Diakses pada 28 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait