Mungkinkah Seseorang Memiliki Ingatan Fotografis?


Ingatan fotografis adalah kemampuan untuk mengingat kembali dengan jelas apa saja yang pernah dilihat sebelumnya, walaupun kejadian telah berlalu dalam jangka waktu lama. Berdasarkah para ahli, konsep ini dianggap mustahil dilakukan manusia.

0,0
29 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ingatan fotografis adalah kemampuan untuk mengingat kembali dengan jelas apa yang pernah dilihat dalam waktu lamaIngatan fotografis membuat seseorang mampu mengingat kembali apa yang pernah ia lihat sebelumnya meski telah berlalu lama
Ingatan fotografis atau photographic memory adalah kemampuan untuk mengingat kembali dengan jelas apa saja yang pernah dilihat, walaupun kejadian telah berlalu dalam jangka waktu lama.Pemilik ingatan fotografis dapat menggali ingatan secara rinci, baik itu tulisan, gambar, atau kejadian yang pernah dilihatnya beberapa minggu atau beberapa bulan ke belakang.Topik mengenai ingatan fotografis memang masih menjadi perdebatan. Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa hal tersebut mustahil.Mereka menganggap bahwa orang-orang yang dapat mengingat sesuatu dalam waktu lama umumnya menggunakan ingatan normal atau meringkas informasi.Akan tetapi, untuk benar-benar melihat gambar di dalam pikiran secara jelas dan akurat setelah kejadian berlangsung lama, hal ini dianggap meragukan karena belum ada bukti ilmiah yang jelas bahwa ingatan ini dimiliki oleh manusia.

Ingatan fotografis dan memori eidetik

Ingatan fotografis sering kali disalahartikan dengan memori eidetik (eidetic memory). Keduanya dianggap hal yang sama padahal memiliki perbedaan yang signifikan.

1. Memori eidetik

Memori eidetik atau eidetic memory adalah kemampuan (otak) seseorang untuk tetap melihat (mengingat) gambar yang sudah tidak tampak. Konsep ini juga dianggap sebagai bentuk sementara dari memori jangka pendek. Pada dasarnya, setiap orang memiliki memori eidetik.Hanya saja tingkat ketajaman ingatannya berbeda-beda. Kebanyakan orang umumnya hanya mampu mengingat dalam beberapa detik, bahkan mungkin kurang dari satu detik.Namun, seseorang dengan memori eidetik yang sangat baik, akan dapat terus melihat gambar yang sudah tidak tampak dalam waktu yang lebih lama melalui pikirannya, mulai beberapa detik hingga beberapa menit.Setelah itu, memori tersebut berangsur-angsur tidak akurat, samar, bahkan pudar. Hal ini karena informasi yang disampaikan merupakan memori jangka pendek.

2. Ingatan fotografis

Berbeda dengan memori eidetik, orang dengan ingatan fotografis dapat mengingat apa yang telah dilihatnya dalam jangka waktu lebih panjang, bahkan mungkin dari beberapa bulan sebelumnya.Tidak hanya menggali ingatan lama, orang dengan ingatan fotografis juga dapat mengingat detail kejadian dengan akurat. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki ingatan ini.

Cara melatih ingatan supaya lebih tajam

Bernyanyi untuk mengingat
Bernyanyi dapat membantu Anda mengingat sesuatu
Hingga saat ini, tidak ada metode yang telah terbukti mampu membuat seseorang memiliki ingatan fotografis. Namun demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih ingatan supaya lebih tajam. Salah satunya adalah sistem mnemonik.

1. Sistem mnemonik

Sistem mnemonik merupakan cara menggunakan pola asosiasi antara huruf, gambar, atau ide untuk membantu mengingat sesuatu. Misalnya, saat Anda berusaha mengingat seseorang bernama Mawar, Anda akan mengasosiasikannya dengan bunga mawar sehingga lebih mudah mengingatnya.Beberapa cara latihan mengingat dengan sistem menmonik, antara lain:
  • Keywords atau kata kunci. Metode kata kunci digunakan untuk mengingat kata atau hal lainnya.
  • Mengompres informasi. Metode ini dilakukan dengan membagi informasi menjadi beberapa bagian yang lebih pendek. Misalnya, saat mengingat 12 digit nomor HP, Anda dapat membaginya menjadi 3 kelompok angka yang masing-masing berisi 4 nomor HP.
  • Musikal. Dalam metode ini, Anda akan mencoba mengingat sesuatu dengan cara menyanyikannya, seperti lirik lagu “ABC” atau lagu “1 ditambah 1”.
  • Akronim. Metode akronim dilakukan dengan menyingkat sesuatu untuk mengingatnya.
  • Koneksi. Metode koneksi dilakukan dengan menyambungkan sesuatu yang baru Anda kenal atau ketahui, dengan hal yang dapat Anda ingat. Misalnya, mengingat seseorang bernama Teddy, Anda dapat mengaitkannya dengan “teddy bear”, atau dengan ciri khasnya, seperti “teddy topi” karena ia selalu memakai topi.
  • Loci. Loci adalah cara mengingat dengan melakukan kembali hal yang telah dilalui sebagai cara menggali informasi yang terlupakan. Misalnya, saat Anda mencari handphone yang hilang, Anda mungkin akan kembali ke tempat Anda terakhir mengingatnya, lalu berjalan menyusuri ruangan sambil memvisualisasikan lagi apa yang Anda lakukan saat itu dan di mana terakhir meletakannya.

2. Latihan memperkuat ingatan lainnya

Pada dasarnya, cara terbaik untuk mempertajam ingatan, walaupun bukan ingatan fotografis, adalah dengan menjaga otak untuk tetap aktif. Memainkan beberapa jenis permainan yang merangsang otak bisa jadi salah satunya. Misalnya, bermain puzzle, teka-teki, atau mengingat gambar dan memasangkannya.Beberapa kiat lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat, yakni belajar bahasa baru, membaca buku atau artikel yang menantang, hingga menambahkan kosakata baru setiap hari.Selain itu, beberapa jenis latihan juga dapat membantu menjaga kesehatan otak yang berperan dalam meningkatkan kemampuan mengingat. Misalnya, lewat latihan aerobik dan meditasi.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan otakfungsi otak kanan
Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/memory/difference-between-eidetic-memory-and-photographic-memory/
Diakses 15 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/how-to-get-a-photographic-memory#memory-exercises
Diakses 15 Maret 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/memory-tip-1-keyword-mnemonics-98466
Diakses 15 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait