Muncul Benjolan Kecil di Alat Vital Pria, Bisa Jadi Itu Papula Penis Mutiara


Pearly penile papules atau papula penis mutiara adalah benjolan-benjolan kecil yang bisa muncul di kepala penis pria. Benjolan ini tidak bernanah serta tidak menimbulkan rasa sakit. Papula penis mutiara juga bisa hilang sendiri seiring waktu.

(0)
10 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Papula penis mutiara atau pearly penile papules adalah benjolan-benjolan kecil (papula) yang terbentuk di sekitar kepala penisPearly penile papules atau papula penis mutiara bisa terjadi pada 8-43% dari populasi laki-laki
Bagi pria, penis menjadi alat vital yang dianggap sebagai lambang kejantanan. Masalah pada penis tentu menimbulkan kecemasan bagi pria, termasuk jika masalah tersebut merusak penampilannya. Salah satu kondisi yang berisiko terjadi pada penis adalah pearly penile papules atau papula penis mutiara. Seperti apa ciri-cirinya?

Apa itu papula penis mutiara?

Papula penis mutiara atau pearly penile papules adalah benjolan kecil yang ada di penis, tepatnya kepala penis. Papula yang terbentuk terlihat menonjol dari kulit penis tapi tidak menghasilkan nanah. Pearly penile papules bisa terjadi pada 8-43% dari populasi laki-laki. Biasanya, papula muncul setelah fase pubertas dan lebih umum dialami pria yang tidak disunat. Walau mungkin hal ini membuat Anda cemas, kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya dan bisa hilang seiring waktu. Gejala papula penis mutiara bisa dikenali dari adanya bintik putih pada penis dengan karakteristik sebagai berikut:
  • Memiliki tekstur lembut dan lunak
  • Terlihat seperti benjolan-benjolan kecil
  • Memiliki diameter sekitar 1-4 milimeter
  • Tersebar dalam 1-2 baris di sekitar dasar kepala penis
  • Muncul dengan warna putih, merah muda, kuning, atau menyerupai warna kulit pasien
Kondisi pearly penile papules juga tidak menyebar, tidak akan berubah ukuran, tidak akan berubah bentuk, tidak menular, dan tidak terasa sakit.

Apa penyebab papula penis mutiara?

Papula penis mutiara biasa terjadi pada pria yang tidak disunat
Belum jelas penyebabnya, namun papula penis mutiara biasa terjadi pada pria yang tidak disunat
Tidak diketahui penyebab pasti dari pearly penile papules. Para ahli kesehatan setuju bahwa kondisi ini merupakan hal yang normal dialami kaum Adam. American Urological Association meyakini bahwa papula penis mungkin muncul sebagai sisa perkembangan embrio pria di dalam kandungan.Selain itu, papula penis mutiara juga dipercaya tidak berasal dari faktor pemicu dari luar, sehingga tidak terjadi karena infeksi atau penyebab lain. Papula penis mutiara juga tidak ganas atau tidak berpotensi untuk menjadi ganas.

Bagaimana cara menghilangkan papula penis mutiara?

Sebenarnya, tidak ada cara khusus untuk menghilangkan papula penis mutiara, baik secara alami maupun medis. Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, Namun, apabila Anda merasa terganggu dengan papula penis yang muncul, ada beberapa cara yang mumgkin dokter lakukan untuk menghilangkannya, yakni:

1. Laser karbon dioksida

Laser karbon dioksida menghasilkan energi inframerah dan dapat menghilangkan papula penis mutiara. Tindakan ini cenderung aman dilakukan dan efektif untuk menyingkirkan benjolan ini.

2. Bedah radiasi

Bedah radiasi atau radiosurgery dilakukan dengan radiasi tertarget yang menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyerang sel papula dan menyingkirkannya, tapi juga dapat merusak sel-sel sehat. Bedah radiasi cenderung kalah efektif dibandingkan dengan laser karbon dioksida.

3. Bedah beku

Bedah beku atau cryosurgery merupakan prosedur yang menggunakan suhu dingin yang ekstrem untuk menghancurkan sel abnormal, termasuk menghilangkan papula penis mutiara.

4. Bedah eksisi

Bedah eksisi dilakukan dengan menggunakan peralatan tradisional, seperti pisau scalpel. Pisau ini digunakan untuk menghilangkan tiap-tiap papula satu per satu. Sayangnya, bedah eksisi cenderung menimbulkan bekas luka dibandingkan penanganan lain.Apakah ada cara menghilangkan papula mutiara secara alami? Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat mengungkap adanya cara-cara alami untuk mengatasi masalah ini. Sebelum menjalani tindakan di atas untuk menyingkirkan pearly penile papules, penting untuk diingat bahwa setiap prosedur memiliki manfaat dan risiko masing-masing. Pastikan Anda memahami sepenuhnya konsekuensi yang akan terjadi. Anda juga akan perlu menyampaikan kondisi medis yang dialami sebelum menjalani operasi dan tindakan di atas.Apabila Anda ingin menggunakan obat oles yang dijual bebas, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk hindari risiko yang tidak diinginkan.

Catatan dari SehatQ

Pearly penile papules adalah benjolan pada kepala penis yang cenderung tidak memerlukan penanganan tertentu. Namun, jika Anda khawatir dan tidak nyaman dengan kehadiran papula ini, tindakan laser dan bedah mungkin akan bisa dilakukan.Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai hal ini lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, lebih mudah dan cepat! Download sekarang juga di App Store dan Google Play
kulit sekitar kelaminkesehatan organ intimpenyakit kelaminkulup peniskesehatan priareproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/pearly-penile-papules
Diakses pada 27 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cryosurgery
Diakses pada 27 Agustus 2020
Young Mens Health. https://youngmenshealthsite.org/guides/pearly-penile-papules
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait