Multiple Sclerosis Picu Hilang Ingatan, Ketahui Penanganannya

Orang yang lanjut usia sering mengalami penurunan fungsi daya ingat
Hilang ingatan pada lansia kerap terjadi, namun akan semakin parah apabila ia menderita multiple sclerosis

Otak manusia menyimpan berbagai kenangan-kenangan yang membentuk kehidupan. Setiap memori merupakan kepingan-kepingan pengalaman yang berharga dan melibatkan berbagai emosi, baik yang menyedihkan maupun yang membahagiakan.

Namun, apa yang terjadi jika Anda mengalami hilang ingatan dan merasakan penurunan pada fungsi daya ingat? Hal inilah yang dirasakan oleh penderita multiple sclerosis  yang merupakan salah satu penyakit saraf yang berdampak pada daya ingat.

Bagaimana multiple sclerosis menimbulkan hilang ingatan?

Hilang ingatan maupun penurunan fungsi daya ingat adalah salah satu dampak dari penyakit saraf multiple sclerosis atau sklerosis ganda. Meskipun demikian, multiple sclerosis juga dapat dikategorikan sebagai penyakit autoimun.

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi saat sistem imun tubuh salah mendeteksi bagian dari tubuh dan menyerang bagian tersebut. 

Pada kasus sklerosis ganda, sistem imun menyerang lapisan myelin atau pelindung dari saraf sehingga memicu gangguan komunikasi antara otak dan tubuh yang pada akhirnya dapat merusak saraf secara permanen.

Saat lapisan myelin dan saraf rusak, maka akan timbul luka di daerah tempat saraf berada. Bila luka muncul pada bagian otak yang berperan dalam daya ingat, maka penderita multiple sclerosis dapat mengalami hilang ingatan.

Namun, tidak semua kejadian hilang ingatan dipicu oleh multiple sclerosis. Hilang ingatan bisa disebabkan oleh penyakit saraf lain maupun kondisi medis tertentu. 

Oleh karenanya, Anda atau kerabat perlu untuk memeriksakan diri ke dokter atau spesialis saraf untuk mengetahui penyebab hilang ingatan yang dialami.

Bagaimana cara meningkatkan daya ingat pada penderita multiple sclerosis?

Penyakit autoimun adalah penyakit yang belum ditemukan obat ataupun medikasi untuk penyembuhannya. Oleh sebab itu, penanganan penyakit multiple sclerosis atau sklerosis ganda hanya berfungsi untuk sekedar membantu penderita dalam mengatasi gejalanya.

Salah satu penanganannya adalah dengan cara meningkatkan daya ingat penderita untuk mencegah hilang ingatan. Beberapa terapi dapat dilakukan untuk menghambat perkembangan dari multiple sclerosis yang juga memperlambat proses hilang ingatan.

Penggunaan obat sebagai cara meningkatkan daya ingat penderita masih kontroversial. Namun, obat yang diyakini dapat digunakan sebagai cara meningkatkan daya ingat adalah obat simptomatik atau obat yang digunakan untuk meringankan gejala penyakit tertentu.

Penderita akan direkomendasikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengikuti terapi kognitif, melakukan latihan memori, dan program-program lain yang digunakan sebagai cara meningkatkan daya ingat.

Selain itu, penderita dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah hilang ingatan akibat penurunan daya ingat. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Menggunakan buku atau aplikasi dari ponsel untuk menyimpan hal-hal penting yang perlu diingat lagi
  • Menempelkan catatan kecil sebagai pengingat jadwal ataupun tugas yang perlu dilakukan
  • Memanfaatkan kalender untuk memantau hal-hal yang perlu dilakukan atau pertemuan-pertemuan yang harus dihadiri
  • Memasang alarm pada ponsel untuk mengingatkan tugas atau jadwal yang perlu diikuti
  • Menaruh barang-barang di tempat yang sama agar mudah untuk diingat
  • Selalu bawa buku atau ponsel untuk mencatat informasi yang penting
  • Menerapkan rutinitas agar Anda bisa mudah mengingat jadwal
  • Selesaikan tugas atau pertemuan secara satu persatu dan centang tugas atau pertemuan yang sudah dilakukan agar tidak dilakukan kembali
  • Ulang informasi yang telah didapatkan dari orang lain untuk mengecek kebenarannya dan agar bisa semakin mengingat informasi tersebut
  • Cobalah untuk lebih menggunakan metode visualisasi dalam mengingat, misalnya memvisualisasi arah menuju ke rumah, dan sebagainya
  • Gunakan metode asosiasi kata atau mengingat sesuatu dengan mengaitkannya bersama sesuatu yang familiar, contohnya mengingat orang yang bernama Brian dengan mengaitkannya dengan nama ayah Anda yang juga Brian
  • Hindari melakukan aktivitas fisik dan mental secara bersamaan untuk menghindari lupa

Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain 

Bila Anda mengalami penyakit multiple sclerosis, Anda tidak perlu ragu dan sungkan untuk meminta bantuan keluarga, teman, ataupun tenaga profesional yang dapat mendampingi untuk membantu mencegah hilang ingatan.

Selalu konsultasikan setiap gejala atau gangguan yang dialami pada dokter atau spesialis saraf agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Apa yang harus dilakukan jika kerabat mengalami multiple sclerosis?

Apabila Anda memiliki kerabat yang menderita multiple sclerosis, Anda harus mengingat bahwa penyakit tersebutlah yang membuat kerabat mengalami hilang ingatan dan hal tersebut tidak hanya merepotkan Anda, tetapi juga kerabat.

Anda juga bisa membantu dengan langsung menuliskan atau mengirimkan informasi-informasi penting dalam kertas, chat, ataupun surel yang dapat membuat kerabat lebih mudah untuk mengingat informasi-informasi tersebut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/autoimmune-disorders#treatment
Diakses pada 09 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/multiple-sclerosis/memory-loss#ms-and-memory
Diakses pada 09 Agustus 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/multiple-sclerosis/symptoms-causes/syc-20350269
Diakses pada 09 Agustus 2019

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=15910
Diakses pada 09 Agustus 2019

Multiple Sclerosis Trust. https://www.mstrust.org.uk/news/views-and-comments/thanks-memory-forgetting-things-and-ms
Diakses pada 09 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed