Multigrain Rice Pengganti Nasi, Benarkah Lebih Sehat?


Multigrain rice atau kongbap disebut lebih sehat dari nasi putih biasa karena campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum. Ini menjadikan multigrain rice sebagai karbohidrat kompleks yang lebih kaya serat.

0,0
multigrain riceMultigrain rice punya kandungan serat yang lebih banyak dari nasi putih biasa
Nasi merupakan makanan pokok bagi beberapa negara. Namun, seiring meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat, banyak orang mulai beralih dari beras biasa ke bahan pangan yang diklaim lebih sehat, seperti multigrain riceNamun, apakah benar multigrain rice lebih sehat daripada nasi biasa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu multigrain rice?

Multigrain rice adalah gabungan antara beras, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Produk beras satu ini juga dikenal dengan nama kongbap. Sebagaimana disebut dalam Journal of Food Sciences and Technology, multigrain rice dinilai memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam daripada beras biasa karena campuran berbagai macam bulir, seperti beras, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan.Tidak hanya berupa nasi, beberapa produk multigrain lain juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran dengan berbagai bentuk seperti roti, susu, hingga camilan. 

Manfaat multigrain rice bagi kesehatan

Multigrain rice merupakan karbohidrat kompleks yang tidak membuat gula darah melonjak
Multigrain rice merupakan karbohidrat kompleks yang tidak membuat gula darah melonjak
Mengingat mengandung campuran beras, biji-bijian, dan kacang-kacangan, semua manfaat dari masing-masing komponennya bisa Anda dapatkan dalam satu porsi multigrain riceMultigrain rice merupakan sumber serat, protein, vitamin E, seng, selenium, dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Dibandingkan dengan beras putih, multigrain rice bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah karena termasuk karbohidrat kompleksTak hanya itu, jurnal Nutrients menyatakan bahwa multigrain rice mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita usia di bawah 50 tahun dibandingkan dengan nasi putih.Hal tersebut karena kandungan serat tinggi dalam multigrain rice memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Multigrain rice juga memiliki kandungan antioksidan dari vitamin dan mineral di dalamnya yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Lebih dari itu, multigrain rice merupakan sumber fitoestrogen, berupa lignan yang punya efek anti-karsinogenik dan antiproliferasi. Kedua zat ini diketahui dapat menurunkan risiko kanker payudara atau menghambat perkembangannya. Jika dirangkum, manfaat mengonsumsi multigrain rice antara lain: 
  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menurunkan risiko peradangan 
  • Mengontrol berat badan ideal sehingga menurunkan risiko obesitas
  • Mengontrol kadar gula dalam darah dan metabolisme insulin

Multigrain rice vs whole grain, mana yang lebih sehat?

Whole grain tidak melalui banyak proses yang menghilangkan nutrisinya
Whole grain tidak melalui banyak proses yang menghilangkan nutrisinya
Meskipun memiliki campuran beragam jenis bulir, produk multigrain rice tergolong makanan olahan (processed food). Pemrosesan ini turut menghilangkan sebagian kandungan kandungan gizi. Berbeda dengan whole grain atau biji-bijian utuh yang tidak melalui proses pemurnian. Whole grain memiliki semua bagian alami, mulai dari kulit padi atau dedak, endosperma, hingga kuman yang digunakan dalam proses pembuatan. Pasalnya, nutrisi terbesar justru berada pada kulit padi (bran), kuman, dan senyawa tanaman alami di dalam whole grainUntuk itu, konsumsi whole grain lebih disarankan berkat kelebihan tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi keduanya secara bergantian dengan porsi yang tepat sebagai variasi.Katherine Zeratsky R.D., L.D. dari Mayo Clinic menyarankan konsumsi 28 gram whole grain sebanyak 3 kali dalam sehari. Lebih dari itu, Anda juga bisa mengonsumsi beragam jenis whole grain untuk mendapatkan manfaat dari masing-masing jenisnya. 

Catatan dari SehatQ

Itulah beberapa informasi seputar multigrain rice yang penting untuk Anda ketahui. Tidak ada salahnya mengonsumsi multigrain rice maupun whole grain ke dalam menu makanan Anda agar lebih bervariasi, baik jenis maupun kandungan gizinya. Jangan lupa untuk lengkapi olahan multigrain rice Anda dengan sumber zat gizi lainnya seperti protein hewani dan nabati, vitamin, dan mineral agar lebih seimbang. Mengingat makanan ini cukup tinggi serat, orang dengan masalah pencernaan mungkin perlu membatasi asupan atau berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Jika masih ada pertanyaan terkait multigrain rice, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
makanan sehatmakanan dietserathidup sehat
Journal of Food Sciences and Technology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3857421/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/multigrain/faq-20057867
Diakses pada 25 Agustus 2021
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7468941/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait