Mulai Telur Hingga Cokelat, Ini 7 Makanan untuk Vitamin Otak Anak

(0)
15 Jun 2020|Azelia Trifiana
Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin otak untuk anakTelur rebus adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin otak untuk anak
Otak anak berkembang dengan begitu cepat setiap saat. Itulah sebabnya penting memastikan asupan nutrisi mereka benar-benar tepat dan mendukung perkembangan otak. Ada beberapa makanan yang manfaatnya bagaikan vitamin otak anak dan sayang untuk dilewatkan, seperti telur, yogurt, hingga sayuran hijau.Apa yang dikonsumsi anak akan berpengaruh terhadap fokus dan kemampuan kognitif mereka. Utamanya dalam 36 bulan atau 3 tahun pertama kehidupan anak, saat otak mereka terus berkembang dan menyerap banyak hal seperti spons.

Makanan sumber vitamin otak anak

Makanan yang bisa menjadi vitamin otak anak adalah yang kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3, karbohidrat kompleks, dan juga kolin. Memang tidak ada jaminan jika anak mengonsumsi jenis-jenis makanan di bawah ini maka mereka akan jadi unggulan di kelas, namun tetap saja nutrisinya sangat baik untuk kesehatan si kecil.Apa saja makanan sumber vitamin otak anak?

1. Telur

Protein dan nutrisi dalam telur bisa membantu anak untuk lebih fokus dan konsentrasi. Namun tentu saja, fokus ini sesuai dengan rentang waktu fokus usia mereka. Di dalamnya, ada vitamin B-6, vitamin B-12, dan juga asam folat yang bisa mencegah penyusutan otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

2. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bisa membantu pembentukan membran, termasuk di otak. Itulah mengapa ikan bisa meningkatkan struktur sel otak atau neuron. Beberapa jenis ikan kaya omega 3 yang sebaiknya diberikan untuk anak seperti salmon, tuna, sarden, haring, dan juga ikan tenggiri.Dalam sebuah penelitian, konsumsi ikan tinggi omega 3 juga melancarkan aliran darah ke otak. Selain itu, omega 3 juga membantu anak bisa berpikir lebih cepat dan kemampuan kognitifnya terus berkembang.

3. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung antioksidan flavonoid yang sangat penting bagi kesehatan otak dan menjaganya dari stres oksidatif. Bahkan dalam beberapa penelitian, komponen flavonoid dalam cokelat bisa mencegah penurunan daya ingat dan melancarkan aliran darah ke otak.

4. Sayuran hijau

Kaya akan vitamin dan asam folat, sayuran hijau seperti kale dan bayam dapat menurunkan risiko seseorang mengalami demensia ketika berusia lanjut. Anda bisa mencampurkan sayuran hijau dalam omelet atau smoothies, atau mengolahnya menjadi camilan sehat seperti kale chips.Tak hanya kale dan bayam, brokoli juga kaya glucosinolates yang bisa menurunkan risiko stres oksidatif dan penyakit degeneratif saraf. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk kesehatan otak anak. Sayuran hijau lain yang bisa jadi vitamin otak anak adalah kubis, kembang kol, dan juga bok choy.

5. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak, vitamin, mineral, dan protein yang bisa menjaga sistem saraf tetap sehat. Ketika ingin memberikannya pada anak, bentuknya bisa dalam bentuk selai atau campuran pada pasta.Hanya saja, pastikan selalu mengolah kacang-kacangan dan biji-bijian dengan tepat agar tidak rentan mengakibatkan anak tersedak. Sesuaikan ukurannya dengan usia mereka.

6. Apel dan plum

Ketika anak meminta camilan manis, coba tawarkan buah yang bisa juga berfungsi sebagai vitamin otak anak seperti apel dan plum. Keduanya mengandung antioksidan bernama quercetin yang bisa menangkal penurunan fungsi mental.Jika membeli buah dan memberikan kepada anak beserta kulitnya, pastikan sudah mencucinya secara menyeluruh. Atau alternatifnya bisa juga dikupas dan iris kecil-kecil sebagai camilan si kecil di sela waktu makan.

7. Yogurt

Lemak juga berperan penting dalam perkembangan otak anak. Pilih jenis Greek yogurt yang mengandung protein lebih tinggi ketimbang yogurt lainnya agar sel otak bisa berkembang semakin baik dalam menyerap dan menyampaikan informasi.Menyajikan yogurt pun mudah bisa dengan memadukannya bersama buah-buahan sehat seperti blueberry atau stroberi. Nutrisi yang ada dalam yogurt bisa menjadi vitamin otak anak karena melancarkan aliran darah ke otak.Beberapa orangtua juga memberikan suplemen untuk vitamin otak anak. Jenisnya bisa vitamin B, C, dan juga E untuk meningkatkan fungsi otak. Meski demikian, sumber nutrisi dari makanan tentu alami dan jauh lebih baik.Bagi orangtua yang masih kesulitan memperkenalkan jenis makanan yang bisa bertindak sebagai vitamin otak anak ini, tetap semangat dan jangan kehabisan ide. Siapa tahu dengan mengajak si kecil berpartisipasi membuat makanan, minat mereka terhadap jenis makanan baru pun meningkat.
tips parentingibu dan anakvitamin anak
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044
Diakses 31 Mei 2020
WebMD. https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids#1
Diakses 31 Mei 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/brain-food-for-kids.aspx
Diakses 31 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait