Mulai dari Olahraga Voli, Ini Beragam Olahraga Tangan Menyehatkan

Olahraga voli merupakan salah satu olahraga yang baik untuk meningkatkan kordinasi tangan dan mata
Voli adalah salah satu olahraga yang meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Ada banyak jenis olahraga yang memerlukan koordinasi mata dan tangan. Bahkan, olahraga voli, basket, bahkan tenis meja dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Hanya perlu berolahraga sekitar 45 menit, maka kesehatan dan kekuatan tubuh bisa ditingkatkan.

Jenis olahraga dengan tangan dan manfaatnya

Beberapa pilihan olahraga dengan tangan yang bermanfaat untuk kesehatan adalah:

1. Olahraga voli

Olahraga voli adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang berpengaruh terhadap lemak tubuh dan rasio otot tubuh secara positif. Bahkan, melakukan olahraga voli selama 45 menit saja bisa membakar hingga 585 kalori. Artinya, jika dilakukan dalam jangka waktu panjang bisa terjadi penurunan berat badan signifikan. Ketika berat badan menjadi ideal, risiko mengalami hipertensi, jantung, dan diabetes juga menurun.

Tak hanya itu, olahraga voli juga memperkuat otot tubuh bagian atas, utamanya tangan dan bahu. Sistem pernapasan dan jantung juga menjadi lebih kuat lewat olahraga voli. Ketika seluruh tubuh bergerak, sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen juga menjadi lebih lancar.\

2. Olahraga basket

Gerakan-gerakan dalam olahraga basket seperti dribble, shoot, dan juga pass memerlukan koordinasi tangan dan mata yang baik. Setidaknya 80% olahraga basket melibatkan tangan dan mata sembari berlari dengan cepat. Belum lagi fokus dan strategi waktu juga diperlukan dalam memainkan basket.

Seluruh gerakan ini memperkuat otot tak hanya bagian atas namun juga kaki yang digunakan untuk berlari sepanjang permainan berlangsung. Gerakan melompat juga kerap membuat basket disebut sebagai salah satu olahraga bikin tinggi dan baik untuk kelancaran sirkulasi darah.

3. Tenis meja

Meskipun tak memerlukan lapangan luas dan hanya dimainkan 2-4 orang, tenis meja juga memerlukan kekuatan besar untuk mengarahkan bola ke area lawan. Kecepatan menjadi kunci dalam permainan ini, tentunya dengan melibatkan koordinasi tangan dan mata.

Tak hanya itu, gerakan mata mengikuti bola juga menggunakan otot extra-ocular, sama seperti otot yang bertanggung jawab untuk memutar bola mata. Seluruh gerakan ini memerlukan koordinasi tangan dan mata yang baik serta memperkuat otot tangan.

4. Memanah

Ada banyak manfaat memanah untuk kesehatan, tak hanya seputar fokus mencapai target saja. Ketika memanah, tangan harus benar-benar kuat menarik busur dengan tekanan yang tepat. Jangan lupakan juga mata harus benar-benar fokus untuk bisa mencapai target dengan baik sehingga

Tak hanya membakar kalori dan memperkuat otot, memanah bahkan bermanfaat untuk kesehatan mental. Orang yang terbiasa melakukan olahraga memanah akan menjadi lebih fokus, sabar, dan berpengaruh dengan kemampuannya mengambil keputusan.

5. Baseball

Meskipun gerakan dalam baseball bukan seperti olahraga voli yang memerlukan kekuatan konstan, tetap saja diperlukan koordinasi mata dan tangan yang apik. Baik itu saat harus memukul bola, berlari dari satu base ke lainnya, serta memantau ke mana arah bola.

Orang yang bermain baseball harus benar-benar fokus agar arah pukulan bola bisa menguntungkan timnya. Tentunya, otot tangan menjadi lebih kuat dan sirkulasi darah lebih lancar jika digunakan untuk aktivitas fisik seperti baseball.

6. Tenis

Jika ingin mendapatkan fungsi metabolisme tubuh yang baik, maka tenis bisa jadi pilihan olahraga yang dilakukan. Tak hanya itu, ada banyak kalori terbakar saat bermain tenis sehingga dapat membantu mencapai berat badan ideal dan menurunkan massa tubuh.

Sementara untuk kekuatan otot, tangan pasti mendapatkan porsi yang paling banyak karena untuk memukul dan membalas bola dari lawan, harus ada kekuatan otot tangan yang optimal.

7. Badminton

Sebagai salah satu olahraga terpopuler di Indonesia, badminton atau bulutangkis juga termasuk yang banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Dalam melakukan set permainan bulutangkis, seluruh tubuh harus bergerak untuk memukul kok. Baik itu maju, mundur, melompat, hingga bermanuver miring demi menangkis kok.

Olahraga ini sangat baik untuk fleksibilitas dan kekuatan otot, bersanding dengan peningkatan konsentrasi dan gerakan refleks. Tak hanya itu, badminton juga membantu orang yang memainkannya secara berkala agar tetap sehat dan mencapai berat badan ideal.

Olahraga manapun baik untuk kesehatan, pilih saja yang paling sesuai dengan kondisi tubuh. Terutama jika pernah mengalami cedera di bagian tubuh tertentu, pastikan gerakan-gerakan dalam olahraga tidak berisiko. Sisanya, selamat menikmati hormon endorfin usai berolahraga yang membuat mood makin baik!

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/407232-what-are-the-health-benefits-of-volleyball/

Diakses 30 April 2020

Top End Sports. https://www.topendsports.com/fitness/sports-coordination.htm

Diakses 30 April 2020

Fringe Sport. https://www.fringesport.com/blogs/news/how-5-amazing-sports-can-improve-your-hand-eye-coordination

Diakses 30 April 2020