Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan Kulit dan Lainnya


Manfaat tea tree oil untuk wajah ternyata melimpah, di antaranya mengatasi jerawat hingga menyembuhkan luka. Tak hanya itu saja, manfaat minyak pohon teh juga bisa berguna untuk hal lainnya.

0,0
30 Sep 2019|Anita Djie
Manfaat tea tree oil salah satunya adalah untuk mengatasi jerawatTea tree oil memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit
Tea tree oil atau minyak pohon teh dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk kecantikan kulit. Tak ayal bila manfaat tea tree oil untuk wajah sangat melimpah. Bahkan, tak hanya untuk kulit, tetapi juga jadi minyak serbaguna bagi hal lainnya. Lantas, apa saja manfaat tea tree oil untuk wajah dan area kulit tubuh lainnya?

Manfaat tea tree oil untuk kulit dan kecantikan

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah tanaman asal Australia yang memiliki nama latin Melaleuca alternifolia.Tea tree oil dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Penasaran dengan beragam manfaat tea tree oil? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Mengobati jerawat

Manfaat tea tree oil untuk jerawat mungkin sudah akrab di telinga Anda. Bahkan, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minyak pohon teh bisa mengurangi jumlah jerawat dan tingkat keparahannya. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam American Society of Microbiology dan jurnal Integrative Medicine membuktikan bahwa kegunaan tea tree oil untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa antiradang dan antimikroba. Kedua senyawa ini dipercaya mampu mengobati jerawat membandel pada kulit.Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology Research and Therapy menyebutkan bahwa kombinasi antara tea tree oil dan resveratrol mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab jerawat, serta dapat mengecilkan pori-pori. Riset dalam Australasian Journal of Dermatology juga membuktikan bahwa mengoleskan tea tree oil sebanyak 2 kali tiap hari selama 12 minggu, mampu mengobati jerawat ringan dan sedang, tanpa efek samping serius. Sayangnya, riset ini hanya diikuti oleh 14 partisipan saja.Tidak hanya itu, studi dalam Clinical Pharmacology: Advances and Applications menyatakan, cara pakai tea tree oil dengan lidah buaya dan propolis dapat mengobati jerawat. Kemudian, studi yang dipublikasikan dalam The Medical Journal of Australia menunjukkan bahwa kandungan tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida yang banyak ditemukan dalam produk obat jerawat.
Manfaat tea tree oil adalah mengatasi jerawat
Tea tree oil bisa mencegah jerawat dan menyamarkan bekasnya
Tea tree oil juga dipercaya dapat mencegah jerawat dan menyamarkan luka jerawat. Cara membuat tree oil untuk jerawat adalah campurkan 1 tetes minyak pohon teh dan 9 tetes air putih atau carrier oil (minyak pembawa) terlebih dahulu. Aduk merata. Kemudian, oleskan pada area kulit yang terdapat jerawat menggunakan cotton bud sebanyak 1-2 kali dalam sehari sebagai cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Alangkah baiknya, untuk melakukan tes pada kulit guna mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan dari penggunaan tea tree oil untuk jerawat. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaannya sebagai obat jerawat alami. Sebaliknya, bila tidak ada reaksi negatif yang muncul, Anda dapat menggunakannya secara rutin pada area kulit yang terdapat jerawat. Oleskan tiap pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Anda bisa pula menggunakan sabun cuci muka, pelembap, ataupun obat penghilang jerawat dengan kandungan tea tree oil yang banyak dijual di pasaran.

2. Mengatasi kulit yang merah dan meradang

Manfaat tea tree oil untuk wajah berikutnya adalah mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam International Journal of Legal Medicine menunjukkan bahwa penggunaan minyak pohon teh murni mampu mengurangi peradangan kulit yang sensitif terhadap nikel. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai cara mengatasi kemerahan dan peradangan pada kulit, selalu larutkan dengan minyak pelarut atau pelembap terlebih dahulu. Cara membuat tea tree oil untuk kulit ini, campurkan 1 tetes minyak pohon teh pada minyak pelarut atau pelembap. Lalu, oleskan pada area kulit yang terinfeksi selama beberapa kali sehari. 

3. Mengurangi produksi minyak berlebih 

Manfaat tea tree oil bisa mengurangi minyak berlebih
Tea tree oil bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah
Tahukah Anda kalau ada manfaat tea tree oil untuk wajah berminyak? Kandungan antiseptik dalam minyak pohon teh dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Hal tersebut diperkuat oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatology Research and TherapyPara peneliti menemukan bahwa partisipan yang menggunakan tabir surya dengan kandungan minyak pohon teh di dalamnya selama 30 hari berturut-turut mengalami perbaikan kondisi berupa kulit tidak terlalu berminyak. Nah, Anda bisa memperoleh fungsi tea tree oil ini bila mencampurkannya dengan toner, pelembap, atau sunscreen

4. Mengatasi gatal pada kulit

Manfaat tea tree oil untuk wajah juga bisa mengatasi rasa gatal yang timbul. Kandungan antiradangnya diyakini dapat meredakan dan menenangkan kulit yang gatal, sekaligus meringankan infeksi yang disebabkan gatal pada kulit. Manfaat tea tree oil untuk mengatasi gatal berasal dari kandungan antiradangnya. Para peneliti melakukan percobaan dengan mengoleskan salep mengandung 5 persen tea tree oil pada kelopak mata peserta. Hasilnya, 16 dari 24 peserta mengaku tidak merasa gatal sepenuhnya. Sedangkan, 8 orang lainnya mengalami perbaikan kondisi. Cara pakai tea tree oil untuk mengurangi rasa gatal sebaiknya dilakukan dengan meneteskannya pada pelembap atau minyak pelarut. Kemudian, oleskan beberapa kali pada kulit yang terasa gatal tiap harinya.

5. Mengatasi kulit kering dan meringankan eksim

Kulit kering bisa diatasi dengan manfaat tea tree oil
Anda bisa mengatasi kulit kering dengan minyak pohon teh
Mengatasi kulit kering juga jadi manfaat tea tree oil untuk wajah. Bahkan, kegunaan ini juga baik untuk para penderita eksimHasil temuan mengungkapkan bahwa minyak pohon teh lebih efektif dibandingkan penggunaan krim clobetasone butyrate dan zinc oxide dalam mengobati eksim.Cara pakai tea tree oil untuk mengatasi eksim dan kulit kering, yaitu teteskan pada pelembap atau minyak esensial lainnya. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang kering setelah mandi setidaknya sekali sehari.

6. Meringankan gejala psoriasis

Manfaat tea tree oil dipercaya mampu meringankan gejala peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh psoriasisAnda bisa coba menggunakan tea tree oil dengan cara mengencerkan 1-2 tetes tea tree oil dengan minyak esensial lain. Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke area kulit yang terinfeksi sebanyak beberapa kali sehari.Namun, perlu diketahui bahwa riset mengenai kegunaan tea tree oil untuk mengatasi psoriasis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat tea tree oil ternyata mampu menyembuhkan luka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat membantu mengurangi peradangan dan aktivitas sel darah putih agar luka lebih cepat sembuh. Jika Anda tak sengaja terluka, oleskan krim untuk luka yang telah dicampurkan 1 tetes minyak pohon teh. Pastikan pula Anda menggunakan krim untuk luka sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan produk. 

8. Mengatasi kutu air

Manfaat tea tree oil untuk kulit ternyata beragam
Manfaat tea tree oil bisa mengatasi kutu air
Tidak tahan dengan kutu air yang menyebabkan kulit pecah-pecah dan kemerahan? Anda bisa mencoba manfaat tea tree oil untuk kulit satu ini. Beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak pohon teh dapat menjadi alternatif pengobatan kutu air yang efektif. Pada sebuah studi terkontrol yang melibatkan 158 orang, 72 persen dari kelompok peserta yang menggunakan minyak pohon teh mengalami perbaikan kondisi yang signifikan, dibandingkan dengan 39 persen kelompok plasebo. Meski demikian, sebuah riset lanjutan yang terdapat dalam Australasian Journal of Dermatology menyatakan bahwa minyak pohon tidak benar-benar efektif menghilangkan jamur penyebab kutu air di kaki. 

9. Mengatasi ketombe

Tidak hanya untuk kesehatan kulit wajah, manfaat tea tree oil diklaim mampu menghilangkan ketombe dan sel kulit mati dengan cara menjaga kesehatan dan kelembapan rambut. Sayangnya, studi yang menyebutkan kegunaan tea tree oil ini masih sangat terbatas. Salah satu studi terkontrol dalam Journal of the American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa kelompok peserta yang menggunakan sampo dengan kandungan minyak pohon teh mengalami perbaikan kondisi sebesar 40 persen. Jika Anda tertarik memperoleh manfaat ini, tak ada salahnya coba menuangkan beberapa tetes minyak pohon teh pada sampo yang biasa Anda gunakan.  Anda juga bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak esensial lain, lalu oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan campuran tersebut selama 20 menit.Pijat kulit kepala dan rambut selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air. 

10. Membasmi kutu rambut

manfaat tea tree oil untuk kulit kepala adalah membasmi kutu rambut
Basmi kutu rambut dengan minyak pohon teh
Tidak hanya mengatasi ketombe, manfaat tea tree oil untuk kulit kepala ternyata mampu membasmi kutu rambutSebuah studi membandingkan penggunaan minyak pohon teh dan nerolidol, yakni sebuah senyawa alami yang ditemukan dalam beberapa minyak esensial, sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Hasilnya, ditemukan bahwa minyak pohon teh lebih efektif dalam membunuh kutu. Sedangkan, nerolidol lebih efektif dalam membasmi telur kutu. Jika penggunaannya dikombinasikan dengan perbandingan 1:2, tea tree oil dan nerolidol ampuh dalam menghilangkan telur dan kutu. Anda dapat mencampurkan tea tree oil dengan sampo yang mengandung nerolidol dengan rasio 1:2 untuk membunuh kutu rambut beserta telurnya.

11. Hand sanitizer alami

Tea tree oil bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer alami. Sebuah riset pada Clinical Microbiology Reviews membuktikan bahwa kandungan antiseptik, antimikroba, dan antiradang dalam minyak pohon teh bisa membunuh berbagai macam bakteri, seperti  E. coli, S. pneumoniae and H. influenzae.Bahkan, studi lain dalam The Journal of Hospital Infection juga menemukan bahwa mencampurkan tea tree oil ke dalam sabun cuci tangan dapat meningkatkan efektivitasnya dalam melawan bakteri E.coli.

12. Deodoran alami

Faktanya, keringat sebenarnya tidak berbau, hanya saja keringat yang telah bercampur dengan bakteri mampu menimbulkan bau tidak sedap. Fungsi tea tree oil dalam melawan bakteri mampu membantu menjadi bahan deodoran alami untuk memerangi bau ketiak yang tak sedap.

Manfaat minyak pohon teh selain untuk kulit

Selain untuk kulit, ada beberapa manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan hal-hal lainnya, yakni:

1. Obat kumur alami

Manfaat tea tree oil tidak hanya untuk kulit saja, melainkan dapat dijadikan sebagai alternatif obat kumur alami. Sebuah hasil studi dalam International Dental Journal meyakini bahwa kegunaan tea tree oil dapat melawan mikroorganisme yang berdampak buruk pada kesehatan mulut. Bila tertarik untuk menggunakan tea tree oil sebagai obat kumur alami, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam segelas air hangat. Lalu, gunakan campurkan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Namun ingat, jangan menelan campuran air dengan tea tree oil. Sebab, tea tree oil dapat bersifat racun bagi tubuh.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain sebagai obat kumur alami, fungsi tea tree oil mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.Bagi orang yang mengalami radang gusi kronis, penggunaan odol dengan kandungan minyak pohon teh diketahui dapat bermanfaat.Orang dengan radang gusi kronis yang menggunakan odol dengan minyak pohon teh diketahui mampu meredakan gejala perdarahan dan peradangannya. Selain itu, minyak esensial ini juga mampu mengatasi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

3. Pembasmi serangga

Ternyata, ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa ada manfaat tea tree oil untuk mengusir nyamuk.Bahkan, bahan alami ini lebih efektif membunuh nyamuk, lalat, dan serangga dibandingkan senyawa DEET yang umum ditemukan dalam produk pembasmi serangga.

4. Pembersih lantai dan perabotan

Jangan salah, Anda juga dapat memanfaatkan tea tree oil sebagai pembersih rumah alami. Cara pakai tea tree oil untuk mendapatkan manfaat ini adalah campurkan 20 tetes minyak pohon teh ke dalam ¾ cangkir air dan ½ cangkir cuka apel.Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan pada permukaan lantai atau perabot barang yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, lap campuran tersebut dengan kain kering. Setiap Anda ingin menggunakannya untuk membersihkan rumah, selalu kocok campuran terlebih dahulu sebelum disemprotkan.

5. Mencegah pertumbuhan jamur pada sayur dan buah

Jamur Botrytis cinerea dapat tumbuh pada buah dan sayur.Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kegunaan tea tree oil dalam mengatasi jamur berkat kandungan terpinen dan cineole yang dimiliki. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Applied MicrobiologyCara pakai tea tree oil untuk mencegah tumbuhnya jamur pada buah dan sayur, yakni campurkan 5-10 tetes tea tree oil ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas buah dan sayur. Kemudian, keringkan buah dan sayur.

Efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan tea tree oil

Cara menggunakan tea tree oil untuk kulit sebenarnya aman-aman saja. Namun, minyak pohon teh dapat menimbulkan efek samping, seperti reaksi alergi, iritasi, hingga pembengkakan, pada beberapa orang. Efek samping ini mungkin terjadi pada beberapa orang dengan jenis kulit sensitif. Beberapa orang dengan kulit berjerawat, penggunaan minyak pohon teh terkadang bisa menyebabkan kulit kering, gatal, perih, sensasi rasa terbakar, dan kemerahan. Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya campurkan tea tree oil dengan minyak esensial lain terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Minyak esensial yang dimaksud adalah minyak kelapa, minyak almond, ataupun minyak zaitun.
Manfaat tea tree oil bisa didapat bila digunakan dengan benar
Minyak pohon teh bisa dijadikan obat kumur alami tapi jangan ditelan
Sebelum cara menggunakan tea tree oil untuk kulit dilakukan, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak pohon teh yang dapat memicu iritasi. Selalu konsultasikan ke dokter apabila Anda ingin menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan alternatif.Sebelum membeli tea tree oil dan merasakan manfaat minyak pohon teh, Anda harus memastikan bahwa kandungannya 100 persen tea tree oil tanpa tambahan kandungan apa pun.Anda bisa pula mencari tea tree oil yang mengandung 10-40 persen terpinen di dalamnya.Penting untuk diingat bahwa tea tree oil hanya untuk pemakaian luar saja dan penggunaannya tidak boleh ditelan. [[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Manfaat tea tree oil untuk kulit ternyata melimpah. Mulai dari mengatasi jerawat hingga menyembuhkan luka. Pastikan Anda membeli minyak pohon teh dengan kandungan terpinen sebesar 10-40 persen.Jangan memakai tea tree oil apabila Anda memiliki alergi atau mengalami iritasi setelah penggunaannya. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan alami.Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanessential oilketombejerawatpengobatan jerawat
Healthline. https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin
Diakses pada 27 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tea-tree-oil
Diakses pada 27 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/262944.php
Diakses pada 27 September 2019
Web Md. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-113/tea-tree-oil
Diakses pada 14 Oktober 2020
Integrative Medicine. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780323358682000773
Diakses pada 18 Maret 2021
The Medical Journal of Australia. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.5694/j.1326-5377.1990.tb126150.x
Diakses pada 18 Maret 2021
International Journal of Legal Medicine. https://link.springer.com/article/10.1007/s00011-004-1317-6
Diakses pada 18 Maret 2021
Journal of Dermatology Research and Therapy. https://clinmedjournals.org/articles/ijdrt/journal-of-dermatology-research-and-therapy-ijdrt-2-032.php?jid=ijdrt
Diakses pada 18 Maret 2021
Journal of Cornea and External Disease. https://journals.lww.com/corneajrnl/Abstract/2012/01000/Treatment_of_Ocular_Itching_Associated_With_Ocular.3.aspx
Diakses pada 18 Maret 2021
Advances in Psoriasis. A Mltisystemic Guide. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00403-010-1083-y
Diakses pada 18 Maret 2021
Australasian Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1440-0960.1992.tb00103.x
Diakses pada 18 Maret 2021
Australasian Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1046/j.1440-0960.2002.00590.x
Diakses pada 18 Maret 2021
Journal of the American Academy of Dermatology. https://www.jaad.org/article/S0190-9622(02)00313-4/pdf
Diakses pada 18 Maret 2021
BMC. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00436-012-3045-0
Diakses pada 18 Maret 2021
Clinical Microbiology Reviews. https://cmr.asm.org/content/19/1/50
Diakses pada 18 Maret 2021
The Journal of Hospital Infection. https://www.journalofhospitalinfection.com/article/S0195-6701(04)00297-X/fulltext
Diakses pada 18 Maret 2021
International Dental Journal. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0020653920359864?via%3Dihub
Diakses pada 18 Maret 2021
Parasitology Research. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs00436-015-4739-x
Diakses pada 18 Maret 2021
Journal of Applied Microbiology. https://sfamjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jam.12939
Diakses pada 18 Maret 2021
Clinical Pharmacology Advances and Applications. https://www.dovepress.com/treatment-of-acne-with-a-combination-of-propolis-tea-tree-oil-and-aloe-peer-reviewed-fulltext-article-CPAA
Diakses pada 29 Juli 2021
Australasian Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ajd.12465
Diakses pada 29 Juli 2021
Journal of Dermatology Research and Therapy. https://clinmedjournals.org/articles/ijdrt/journal-of-dermatology-research-and-therapy-ijdrt-2-032.php?jid=ijdrt
Diakses pada 29 Juli 2021
American Society of Microbiology. https://journals.asm.org/doi/10.1128/cmr.19.1.50-62.2006?permanently=true&
Diakses pada 29 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait