Mulai dari Kulit Sampai Deodoran, Ini 16 Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil beragam, mulai dari perawatan kulit sampai menjadi pembasmi serangga
Manfaat tea tree oil tidak hanya sekedar menjadi perawatan kulit saja, tetapi terdapat berbagai macam manfaat tea tree oil yang bisa digunakan

Minyak pohon teh atau tea tree oil terkenal sebagai salah satu komposisi atau bahan untuk menjaga kulit. Anda dapat menemukan berbagai macam perawatan wajah yang mengandung tea tree oil, mulai dari masker sampai penghilang jerawat.

Manfaat tea tree oil yang diketahui adalah untuk perawatan kulit, tetapi sebenarnya manfaat tea tree oil tidak hanya seputar kulit saja. Lantas, apa saja manfaat tea tree oil selain untuk menjaga kesehatan kulit?

16 Manfaat tea tree oil yang serbaguna

Terdapat beragam manfaat tea tree oil yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Selain perawatan kulit, tea tree oil juga bisa digunakan untuk membasmi serangga dan bahkan menjadi hand sanitizer. Penasaran dengan beragam manfaat tea tree oil? Berikut adalah beberapa manfaat tea tree oil.

  • Penyembuhan luka

Manfaat tea tree oil tidak hanya untuk merawat kulit, tetapi juga untuk membantu penyembuhan luka. Saat terluka, oleskan krim untuk luka yang telah dicampurkan dengan satu tetes tea tree oil sesuai dengan petunjuk dari krim untuk luka yang digunakan.

  • Mengatasi kutu air

Tidak tahan dengan kutu air yang menyebabkan kulit pecah-pecah dan kemerahan? Campurkan 20-25 tetes tea tree oil dengan ¼ cangkir bubuk arrowroot dan ? cangkir soda kue.

Oleskan campuran tersebut pada kaki dan setelahnya keringkan. Anda dapat melakukannya sebanyak dua kali sehari. Simpan campuran tersebut dalam tempat yang tertutup.

  • Meringankan gejala psoriasis

Tea tree oil dipercaya mampu meringankan gejala psoriasis, seperti peradangan dan infeksi. Namun, riset mengenai manfaat tea tree oil dalam mengatasi psoriasis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meskipun demikian, Anda bisa mencoba menggunakan tea tree oil dengan cara mengencerkan satu atau dua tetes tea tree oil dengan minyak lain, kemudian oleskan campuran tersebut ke daerah yang mengalami gejala psoriasis beberapa kali sehari.

  • Obat kumur alami

Manfaat tea tree oil  yang diyakini adalah dalam melawan mikroorganisme yang berdampak buruk pada kesehatan mulut. Oleh karenanya, tea tree oil dapat dijadikan alternatif obat kumur alami.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan tea tree oil sebagai obat kumur alami, maka Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam secangkir air hangat dan berkumur dengan campuran tersebut selama kurang lebih 30 detik.

Jangan menelan campuran air dengan tea tree oil karena tea tree oil bersifat racun bagi tubuh.

  • Mengatasi kulit yang merah dan meradang

Tea tree oil dapat membantu mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit.

Atasi kulit yang meradang dengan mengoleskan pelembap atau minyak yang telah dicampur dengan satu tetes tea tree oil beberapa kali per harinya pada kulit yang memerah.

  • Melawan jerawat

Perawatan wajah yang menggunakan tea tree oil umumnya adalah perawatan wajah untuk mengatasi jerawat. Manfaat tea tree oil dalam mengatasi jerawat adalah karena kandungan antiradang dan antimikroba di dalamnya.

Tea tree oil juga dipercaya dapat mencegah jerawat dan menyamarkan luka jerawat. Anda hanya perlu mengencerkan tiga tetes tea tree oil dengan dua ons bunga witch hazel. Gunakan campuran tersebut sebagai toner.

Jika tidak ingin repot, Anda dapat membeli sabun cuci muka, pelembap, ataupun obat jerawat yang mengandung tea tree oil.

  • Mengurangi minyak pada kulit

Kandungan antiseptik dalam tea tree oil mampu mengurangi minyak di kulit. Cukup campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam pelembap, toner, atau tabir surya yang digunakan.

Anda juga dapat membuat masker tea tree oil untuk mengatasi kulit berminyak dengan mencampurkan dua tetes tea tree oil ke dalam tanah liat bentonit.

  • Mengatasi gatal pada kulit

Manfaat tea tree oil untuk mengatasi gatal berasal dari kandungan antiradangnya yang dapat meringankan rasa gatal di kulit.

Anda dapat mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam pelembap atau minyak dan oleskan pada kulit beberapa kali tiap harinya.

  • Hand sanitizer alami

Kandungan antiseptik, antimikroba dan antiradang dalam tea tree oil membuatnya dapat dijadikan hand sanitizer alami. Studi bahkan menemukan bahwa mencampurkan tea tree oil ke dalam sabun cuci tangan dapat meningkatkan efektivitasnya dalam melawan bakteri E.coli.

  • Mengatasi kulit kering dan meringankan eksim

Tea tree oil mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi. Manfaat tea tree oil dalam mengatasi kulit kering juga efektif pada penderita eksim, bahkan lebih berdampak daripada penggunaan krim clobetasone butyrate dan zinc oxide.

Anda dapat menggunakan tea tree oil untuk mengatasi eksim dan kulit kering dengan meneteskan beberapa tea tree oil ke dalam pelembap atau minyak lainnya. Oleskan campuran tersebut pada daerah yang kering seusai mandi dan setidaknya sekali sehari.

  • Pembasmi serangga

Penelitian menemukan manfaat tea tree oil yang lebih efektif dalam mengusir nyamuk daripada senyawa DEET yang menjadi salah satu bahan dalam pembasmi serangga yang dijual di pasaran. Tidak hanya nyamuk, tea tree oil juga dapat mengusir lalat .

  • Deodoran alami

Faktanya, keringat sebenarnya tidak berbau, hanya saja keringat yang telah bercampur dengan bakteri mampu menimbulkan bau tidak sedap. Manfaat tea tree oil dalam melawan bakteri mampu membantu menjadi deodoran alami untuk memerangi bau ketiak yang tak sedap.

  • Mengatasi kutu rambut

Tidak hanya mencegah dan mengobati ketombe, manfaat tea tree oil terhadap kulit kepala adalah dalam membasmi kutu rambut. Anda dapat mencampurkan tea tree oil dengan shampo yang mengandung nerolidol dengan rasio satu berbanding dua untuk membunuh kutu rambut beserta telurnya.

Anda juga dapat mencampurkan tea tree oil dengan minyak lavender yang diyakini mampu membuat kutu rambut sulit untuk bernapas.

  • Pembersih lantai dan perabotan

Jangan salah, Anda juga dapat memanfaatkan tea tree oil sebagai pembersih rumah alami. Cukup dengan mencampurkan 20 tetes tea tree oil ke dalam ¾ cangkir air dan ½ cangkir cuka apel.

Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan dan semprotkan pada permukaan lantai atau perabot yang ingin dibersihkan. Setelahnya, lap campuran tersebut dengan kain kering. Setiap Anda ingin membersihkan rumah, selalu kocok campuran terlebih dahulu sebelum disemprotkan.

  • Mengatasi ketombe

Ingin mencari alternatif selain shampo antiketombe? Anda bisa menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan ketombe dan kulit mati, serta menjaga pertumbuhan dan kelembapan rambut.

Anda hanya perlu mencampurkan tea tree oil dengan minyak lain dan taruh campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan campuran tersebut selama 20 menit.

Setelahnya, Anda dapat menggunakan shampo yang mengandung tea tree oil sebanyak lima persen. Pijat kulit kepala dan rambut selama beberapa menit sebelum dibilas. Anda juga bisa menggunakan conditioner yang mengandung tea tree oil.

  • Mencegah tumbuhnya jamur di sayur dan buah

Jamur Botrytis cinerea dapat tumbuh pada buah dan sayur, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena tea tree oil mampu mengatasi jamur dengan kandungan terpinen dan cineole yang dimiliki.

Untuk mencegah tumbuhnya jamur pada buah dan sayur, Anda dapat mencampurkan lima sampai 10 tetes tea tree oil ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas buah dan sayur, setelahnya keringkan buah dan sayur.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan tea tree oil

Sebelum membeli tea tree oil dan merasakan manfaat tea tree oil, Anda harus memastikan bahwa tea tree oil yang dibeli adalah 100 persen tea tree oil tanpa tambahan. Cari tea tree oil yang mengandung 10-40% terpinen di dalamnya.

Tea tree oil hanya untuk pemakaian luar saja dan tidak boleh ditelan. Bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya campurkan tea tree oil dengan minyak lain, seperti minyak kelapa, minyak almond, ataupun minyak zaitun.

Sebelum menggunakan tea tree oil, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap tea tree oil yang dapat memicu iritasi. Selalu konsultasikan ke dokter apabila Anda ingin menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan alternatif.

Catatan dari SehatQ

Tea tree oil memiliki segudang manfaat mulai dari mengatasi jerawat hingga membersihkan lantai. Pastikan bahwa Anda membeli 100% tea tree oil yang mengandung 10-40 persen terpinen.

Jangan memakai tea tree oil apabila Anda alergi atau mengalami iritasi setelah penggunaan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan alami.

Healthline. https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin
Diakses pada 27 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tea-tree-oil
Diakses pada 27 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/262944.php
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20727129
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26294100
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20865268
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16418522
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15694979
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26412058
Diakses pada 27 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25171605
Diakses pada 27 September 2019

 NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12553397
Diakses pada 27 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed