logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Mudah dan Sederhana, Terapkan Cara Ini untuk Memperoleh Ketenangan Batin

open-summary

Banyak orang berusaha untuk mencari ketenangan batin agar tehindar dari depresi dan kecemasan. Cara mencari ketenangan hati dapat dimulai dari diri sendiri, seperti bermeditasi atau menulis jurnal.


close-summary

3.14

(22)

9 Sep 2020

| Bayu Galih Permana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Ketenangan batin bisa diperoleh dengan pikiran positif dan berlatih meditasi

Meditasi dapat membantu menyingkirkan pikiran yang mengganggu dan memberi ketenangan batin

Table of Content

  • Cara untuk memperoleh ketenangan batin
  • Tips supaya pikiran tidak merasa terbebani masalah
  • Catatan dari SehatQ

Depresi dan kecemasan merupakan masalah mental yang mungkin dialami oleh banyak orang. Penyebab dari depresi dan kecemasan pun beragam, bisa karena adanya masalah keluarga, pekerjaan, percintaan, hingga kehidupan di media sosial. Untuk mengatasi masalah tersebut, kebanyakan orang berusaha mencari ketenangan batin.

Advertisement

Langkah paling penting untuk mendapatkan ketenangan batin yaitu dengan menyadari adanya kendali atas diri sendiri. Hal ini mencakup bagaimana memikirkan, menerima, dan memberikan respons terhadap situasi yang ada. Selain itu, ketenangan batin pun juga bisa didapatkan melalui beberapa cara.

Cara untuk memperoleh ketenangan batin

Selain reaksi terhadap situasi yang sedang Anda hadapi, ada sejumlah cara untuk menemukan ketenangan batin. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapat ketenangan batin antara lain:

1. Batasi penggunaan media sosial

Di balik dampak positif yang diberikan, penelitian menyebut bahwa media sosial dapat membahayakan kesehatan mental penggunanya. Penggunaan media sosial membuat Anda cenderung membanding-bandingkan hidup dengan orang lain. Maka dari itu, jika Anda ingin memperoleh ketenangan batin, cobalah untuk tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat mengganggu aktivitas Anda. Rasa ingin tahu untuk menerima update terbaru mengenai orang-orang sekitar seperti teman atau keluarga bisa membuat Anda tergoda berhenti melakukan apa yang sedang dikerjakan.

2. Move on dari masa lalu

Belum bisa move on  dari masa lalu membuat Anda sulit untuk fokus ke kehidupan saat ini dan masa depan, sehingga mengganggu ketenangan jiwa. Memikirkan sesuatu yang tidak bisa kita ubah membuat pikiran jadi semakin tidak tenang. Jika Anda merasa dapat memperbaiki kesalahan yang terjadi di masa lalu, lakukanlah. Namun, apabila kesalahan tersebut tidak bisa diperbaiki, sudah saatnya bagi Anda untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain agar bisa melanjutkan hidup dengan tenang.

3. Jangan mudah tersinggung

Ketika mudah tersinggung akan hal kecil yang dilakukan atau dikatakan orang lain, Anda justru akan merasa frustasi. Untuk mendapat ketenangan batin, cobalah untuk membiarkan semua berjalan apa adanya. Belajarlah untuk percaya dengan orang lain, maka Anda akan lebih mudah menemukan kedamaian dalam hidup.

4. Menempatkan diri dengan tepat

Jangan biarkan pikiran Anda berfokus pada hal-hal yang tidak berkaitan dengan Anda. Contohnya, ketika merasa tidak setuju dengan percakapan antara atasan dan rekan kerja padahal sesuatu yang dibahas tidak berkaitan langsung dengan Anda , sebaiknya cobalah untuk tidak ikut campur. Menempatkan diri bukan pada tempatnya hanya akan menambah stres, bahkan berisiko membuat Anda kehilangan sesuatu.

5. Menulis jurnal

Memperoleh ketenangan batin bisa dilakukan dengan menulis jurnal
Lepaskan beban pikiran dengan mengekspresikan dalam bentuk tulisan

Menulis jurnal merupakan cara bagus untuk melepaskan segala hal yang membebani pikiran Anda. Beberapa orang suka merobek atau membakar kertas sebagai simbol bahwa mereka sudah berhasil move on. Selain itu, menulis jurnal membantu Anda memproses situasi dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Cobalah meluangkan waktu untuk menulis tentang apa yang mengganggu pikiran Anda, kemudian baca ulang tulisan tersebut untuk mencari pelajaran hidup yang bisa dipetik, dan lanjutkan hidup Anda.

6. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Cara mencari ketenangan hati lainnya, yaitu dengan mencoba meluangkan waktu untuk pergi sendirian. Temukan tempat yang tenang supaya Anda dapat berpikir dengan baik. Setelah cukup tenang dan mendapat jawaban, putuskan bagaimana masalah tersebut akan ditangani.

7. Lakukan meditasi

Biasa dilakukan orang-orang untuk tujuan spiritual, meditasi dapat memberikan manfaat bagi fisik dan emosional Anda. Meditasi menungkinkan diri Anda untuk menyingkirkan pikiran-pikiran yang mengganggu. Selain itu, meditasi membantu untuk mengendalikan stres dan kecemasan sehingga Anda dapat merasakan ketenangan batin.

Apabila masih merasa kesulitan mendapatkan ketenangan batin setelah melakukan hal-hal di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog. Dengan berkonsultasi pada ahli, Anda akan mendapatkan arahan serta solusi yang bisa dilakukan untuk menemukan ketenangan batin.

Tips supaya pikiran tidak merasa terbebani masalah

Supaya tidak terbebani masalah dan dapat melupakan pikiran yang mengganggu ketenangan batin, beberapa hal bisa Anda dilakukan. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar tidak merasa terbebani masalah:

  • Lakukan sesuatu yang kompleks

Saat merasa lelah dan cemas, Anda biasanya akan menjadi overthinking yang tentunya dapat memperburuk keadaan. Untuk mengatasi hal itu, cobalah sesuatu yang rumit tapi tidak membuat Anda kesulitan. Lakukan sesuatu yang biasa Anda lakukan, tapi dengan sedikit menambah tingkat kesulitan. Aktivitas tersebut akan menyita perhatian sehingga membuat Anda lupa akan beban pikiran. Misalnya jika Anda senang corat-coret untuk mengalihkan pikiran, cobalah untuk menggambar dengan lebih serius dalam waktu terbatas. Hal ini akan membantu Anda menyingkirkan sejenak perasaan cemas dan overthinking.

  • Lakukan sesuatu untuk orang lain

Memfokuskan diri pada sesuatu yang berguna untuk orang lain dapat membuat Anda lupa akan beban pikiran. Selain itu, fokus pada kesejahteraan orang lain bisa memberi Anda makna dan tujuan yang baik untuk hidup.

  • Berolahraga agar bisa tidur nyenyak

Berolahraga seperti jogging dapat membantu memberi ketenangan batin
Jogging dapat membantu tidur lebih nyenyak

Rasa cemas dapat memengaruhi kualitas istirahat Anda. Banyaknya pikiran terkadang membuat istirahat menjadi tidak tenang sehingga Anda seringkali terbangun saat tidur. Olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini membuat Anda mendapat efek pemulihan sebagaimana yang dibutuhkan.

  • Relaksasi diri

Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat rileks untuk menghilangkan rasa stres. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk merelaksasi diri antara lain menarik napas dalam-dalam, pijat, tai chi, yoga, dan melakukan terapi.

Baca Juga

  • Mengenal Thumb Sucking atau Kebiasaan Mengisap Jempol pada Orang Dewasa
  • Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional untuk Bersosialisasi dengan Orang Lain
  • Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Paha dan Membuatnya Lebih Kencang

Catatan dari SehatQ

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh ketenangan batin. Namun, jika pikiran Anda masih merasa terganggu dan membutuhkan bantuan untuk mencari solusinya, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan arahan.

Advertisement

stresyogagangguan psikologisberpikir positif

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved