Mudah dan Cepat, Begini Cara Daftar Program Jaminan Kecelakaan Kerja


Program Jaminan Kecelakaan Kerja diberikan untuk menunjang kesejahteraan pekerja, terutama dalam aspek kesehatan. Cara mendaftar program JKK sangat mudah dan tak butuh waktu lama.

(0)
24 Jan 2021|Bayu Galih Permana
Jaminan Kecelakaan Kerja adalah program yang dibuat pemerintah untuk menjamin kesehatan pekerjaJKK dibuat untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para pekerja
Beragam cara dilakukan pemerintah untuk menunjang kesejahteraan para pekerja yang ada di tanah air. Guna menjamin kesejahteraan para pekerja di bidang kesehatan, berbagai macam program kemudian diluncurkan pemerintah, salah satunya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Apa itu program Jaminan Kecelakaan Kerja?

Jaminan Kecelakaan Kerja adalah program yang dibuat pemerintah untuk menjamin kesehatan pekerja ketika mengalami kecelakaan saat berangkat ke tempat kerja atau sedang bekerja. Selain itu, program ini juga turut memberi jaminan pelayanan dan santunan apabila pekerja terinfeksi penyakit ketika tengah menjalankan tugasnya.Program Jaminan Kecelakaan Kerja diberikan untuk semua pekerja di Indonesia yang sudah membayar iuran JKK. Iuran tersebut dibayarkan pekerja yang menjadi peserta melalui BPJS Ketenagakerjaan. Peserta program JKK terdiri dari:Peserta penerima upah yang bekerja pada pemberi kerja selain penyelenggara negara
  • Pekerja pada perusahaan
  • Pekerja pada orang perseorangan
  • Orang asing yang bekerja di Indonesia paling singkat 6  bulan
Peserta bukan penerima upah
  • Pemberi kerja
  • Pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri
  • Pekerja yang tidak termasuk pekerja mandiri yang bukan menerima upah

Manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja

Sama seperti halnya program-program lain, JKK dibuat dengan tujuan untuk menyejahterakan kehidupan para pekerja di Indonesia, terutama dalam aspek kesehatan. Sejumlah manfaat yang bisa didapatkan para peserta dari program JKK, di antaranya:
  • Perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, baik saat perjalanan pergi, pulang, dan di tempat peserta bekerja maupun perjalanan dinas.
  • Perawatan tanpa batasan biaya sesuai kondisi dan kebutuhan medis yang diperlukan oleh peserta JKK.
  • Santunan upah selama peserta JKK tidak bekerja dengan nilai 100% pada 12 bulan pertama dan 50% mulai bulan ke-13 hingga sembuh.
  • Santunan kematian akibat kecelakaan kerja dengan nilai 48x upah yang dilaporkan pemberi kerja atau peserta JKK.
  • Bantuan beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak peserta JKK yang meninggal dunia atau mengalami cacat total akibat kecelakaan kerja. Jumlah bantuan beasiswa yang diberikan maksimal senilai Rp174 juta.
  • Bantuan untuk kesiapan kembali bekerja dan pendampingan kepada peserta Jaminan Kecelakaan Kerja yang menderita penyakit atau mengalami kecelakaan kerja. Bantuan ini diberikan mulai peserta JKK menjalani perawatan di rumah sakit hingga bisa kembali bekerja.

Cara daftar program Jaminan Kecelakaan Kerja

Cara mendaftar program Jaminan Kecelakaan Kerja tidaklah sulit. Bagi pemberi kerja selain penyelenggara negara, cukup menyerahkan formulir berisi data diri pekerja beserta anggota keluarganya ke BPJS Ketenagakerjaan. Umumnya, pendaftaran akan diproses maksimal 30 hari sejak berkas diterima.Program Jaminan Kecelakaan Kerja mulai berlaku mulai 1 hari sejak BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan nomor kepesertaan. BPJS Ketenagakerjaan akan mengeluarkan sertifikat bagi perusahaan dan kartu peserta untuk pemberi kerja dan pekerja.Sementara itu, calon peserta yang bukan merupakan penerima upah harus mendaftarkan diri sesuai dengan penahapan kepesertaan.Jika punya lebih dari 1 usaha atau pekerjaan, calon peserta wajib menjelaskan secara rinci dalam formulir pendaftaran.Peserta bukan penerima upah bisa mulai memanfaatkan program Jaminan Kecelakaan Kerja 1 hari sejak nomor kepesertaan dikeluarkan. Selain itu, peserta juga wajib membayar lunas iuran pertama terlebih dahulu supaya kepesertaannya dalam program JKK aktif.

Berapa iuran yang harus dibayar peserta Jaminan Kecelakaan Kerja?

Iuran yang harus dibayarkan peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja dapat berbeda satu sama lain. Besar iuran bergantung pada tingkat risiko yang ada di lingkungan tempat peserta bekerja. Berikut nilai iuran yang harus dibayarkan oleh peserta program JKK dalam sebulan:
  • Lingkungan kerja dengan tingkat risiko sangat rendah: 0,24% dari upah per bulan
  • Lingkungan kerja dengan tingkat risiko rendah: 0,54% dari upah per bulan
  • Lingkungan kerja dengan tingkat risiko sedang: 0,89% dari upah per bulan
  • Lingkungan kerja dengan tingkat risiko tinggi: 1,27% dari upah per bulan
  • Lingkungan kerja dengan tingkat risiko sangat tinggi: 1,74% dari upah per bulan
Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai program Jaminan Kecelakaan Kerja, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatanbpjs ketenagakerjaaniuran bpjspeserta bpjs
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/jaminan-kecelakaan-kerja.html
Diakses pada 8 Januari 2021
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-kecelakaan-kerja.html
Diakses pada 8 Januari 2021
Jamsos Indonesia. http://www.jamsosindonesia.com/program/view/jaminan-kecelakaan-kerja_22#:~:text=Program%20Jaminan%20Kecelakaan%20Kerja%20disingkat,penyakit%20yang%20berhubungan%20dengan%20pekerjaan.
Diakses pada 8 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait