logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Muay Thai, Seni Bela Diri yang Punya Banyak Manfaat

open-summary

Muay thai adalah seni bela diri unik yang berasal dari Thailand. Di Indonesia, sudah banyak tempat camp alias tempat berlatih muay thai untuk pria maupun wanita. Apa saja manfaat berlatih muay thai itu?


close-summary

3.4

(5)

22 Mar 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Muay thai bisa membentuk fisik dan mental, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Manfaat muay thai tidak hanya berdampak pada fisik, tapi juga mental.

Table of Content

  • Manfaat muay thai tidak hanya melatih bela diri
  • Tips mempersiapkan diri untuk berlatih muay thai

Berlatih muay thai tidak hanya mengasah kemampuan bela diri, tapi juga memberikan manfaat kesehatan yang tak disangka-sangka. Seni bela diri asal Thailand ini sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak heran banyak tempat belajar muay thai yang laku di kalangan pria maupun wanita.

Advertisement

Manfaat muay thai tidak hanya melatih bela diri

Manfaat muay thai tidak hanya mempengaruhi fisik, tapi juga kesehatan mental. Itulah sebabnya, banyak orang yang tertarik dengan seni bela diri ini. Bagi Anda yang baru memulai kursus muay thai, mari kenali berbagai macam manfaat muay thai, supaya latihannya lebih semangat lagi.

1. Meredakan gangguan cemas

Untuk pemula, mungkin tidak akan ada sparring atau berlatih tarung langsung dengan teman. Namun jika sudah merasa siap, maka Anda akan diminta pelatih untuk bertarung dengan teman satu camp.

Ternyata, selama bertarung itulah akan ada perasaan tenang yang didapatkan. Apalagi, fokus Anda sangat tertuju untuk memberikan yang terbaik selama pertarungan. Hal ini dianggap bisa meredakan perasaan cemas yang sering menyerang pikiran.

Bahkan, beberapa pelatih muay thai mengaku, melakukan gerakkan muay thai bisa meredakan gangguan cemas.

2. Meningkatkan kestabilan tubuh

Gerakkan muay thai banyak yang mengharuskan Anda berdiri dengan satu kaki, seperti ketika melakukan gerakkan menendang misalnya. Apalagi, jika sudah profesional, seni bela diri muay thai mengharuskan petarungnya untuk berdiri dengan satu kaki secara terus-menerus. Itulah sebabnya, manfaat muay thai dianggap bisa meningkatkan kestabilan tubuh.

3. Melatih berbagai macam otot

Tidak seperti seni bela diri lainnya yang fokus pada kaki dan tangan, muay thai malah menggunakan banyak anggota tubuh untuk bertarung. Mulai dari tangan, kaki, siku, tulang kering, hingga lutut ternyata menjadi aktif saat berlatih muay thai.

Ketika banyak otot yang digunakan dalam berlatih, maka kekuatan akan didapatkan dari segala penjuru tubuh.
Jangan lupakan juga bahwa semakin banyak otot yang digunakan, semakin besar juga kalori yang dibakar.

4. Tidak kalah hebat dari olahraga kardio

Muay thai
Muay thai setara dengan olahraga kardio

Muay thai adalah olahraga kardio yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, para petarung muay thai profesional harus menendang dengan berdiri satu kaki, sebanyak 500 kali sebelum latihan dimulai. Bayangkan betapa banyaknya keringat yang mengucur dan lemak yang terbakar.

Berbagai macam gerakkan olahraga kardio seperti berlari dan lompat tali, harus dilakukan sebelum latihan muay thai. Oleh karena itu, muay thai dapat diibaratkan sebagai olahraga kardio juga.

5. Meningkatkan refleks tubuh

Ketika melakukan pertarungan dengan teman satu kursus, Anda akan dipaksa untuk menghindari berbagai macam serangan muay thai lawan. Hal ini membuat refleks tubuh meningkat dengan pesat.

Itu artinya, otak dan otot harus bersatu, guna mempercepat proses berpikir untuk menghidari serangan lawan. Otomatis, refleks tubuh pun akan terbiasa dalam menghindari segala marabahaya yang datang.

6. Meningkatkan pertahanan tubuh

Banyak petarung muay thai yang mengaku bahwa mereka bisa mempertahankan diri dari lawan yang lebih besar dari mereka. Soalnya, muay thai mengajarkan para petarungnya untuk menggunakan banyak anggota tubuh untuk bertahan, sekaligus menyerang di saat yang bersamaan.

7. Meningkatkan rasa percaya diri

Muay thai
Muay thai tingkatkan rasa percaya diri

Sama seperti kebanyakan seni bela diri lainnya, belajar muay thai juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda. Tidak hanya karena yakin bisa menjaga diri dari bahaya yang datang, tapi Anda jadi lebih menyadari hal-hal hebat yang bisa dilakukan tubuh! Itulah sebabnya muay thai dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri.

8. Meningkatkan kemampuan berpikir dengan cepat

Muay thai akan mengajarkan Anda cara berpikir jauh ke depan. Sebab, di saat sedang bertarung dengan lawan, Anda dipaksa untuk berpikir 5 kali lebih jauh ke depan, dibandingkan lawan. Hal ini dilakukan guna memprediksi strategi lawan.

Namun, manfaat muay thai yang ini hanya akan didapatkan, jika Anda memberanikan diri untuk melakukan sparring dengan teman satu camp. Jika hanya berlatih bersama guru muay thai saja, maka manfaat muay thai yang satu ini akan sulit didapatkan.

Baca Juga

  • Terlalu Sering Tidur di Lantai Tingkatkan Risiko Penyakit Berbahaya
  • Jangan Panik, Lakukan Cara Ini untuk Pertolongan Pertama Dipatil Lele
  • 5 Tips Sarapan Pagi yang Sehat Agar Tubuh Kuat dan Terhindar Penyakit

Tips mempersiapkan diri untuk berlatih muay thai

Jangan salah, berlatih muay thai juga butuh persiapan. Tidak hanya persiapan fisik, tapi juga mental. Jika mental Anda loyo, ditakutkan akan ada rasa malas yang bisa membuat berhenti di tengah jalan.

Berikut ini adalah beberapa tips mempersiapkan diri untuk berlatih muay thai:

  • Meningkatkan olahraga kardio

Berlatih muay thai mengharuskan Anda mampu menjalani olahraga kardio yang luar biasa. Bayangkan saja, gerakkan muay thai memang akan menguras tenaga.

Maka dari itu, mulailah latihan muay thai Anda dengan melakukan beberapa gerakkan olahraga kardio, seperti berlari di treadmill.

  • Berlatih lompat tali

Jangan kaget ketika masuk ke ruang latihan, Anda akan diminta oleh pelatih untuk melakukan lompat tali sebagai gerakan pemanasan. Jika Anda memang belum terbiasa melakukan lompat tali, datanglah lebih awal untuk membiasakan diri terlebih dahulu, sebelum akhirnya berlatih muay thai.

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Berlatih muay thai tanpa tubuh yang fleksibel, akan menyulitkan Anda. Sebelum berlatih muay thai, ada baiknya melakukan peregangan tubuh terlebih dahulu, misalnya memperpanjang jangkauan tendangan Anda.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, sebelum berlatih muay thai, bisa membantu tubuh Anda tetap bugar. Makanlah sayuran, buah, dan daging berprotein. Hindari konsumsi alkohol dan merokok sebelum melakukan latihan muay thai.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mengikuti latihan muay thai di dekat rumah? Jangan ragu untuk berkonsultasi dulu dengan dokter atau instruktur muay thai, sebelum Anda memutuskan untuk ikut berlatih.

Sama seperti bela diri lainnya, muay thai juga bisa membuat Anda cedera, apalagi tanpa persiapan yang betul-betul matang.

Advertisement

olahragahidup sehatpola hidup sehatadv odyn

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved