Mual Setelah 3 Hari Berhubungan, Apa Penyebabnya?

(0)
21 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan.Mual setelah 3 hari berhubungan, apakah menandakan kehamilan?
Mual setelah 3 hari berhubungan intim belum tentu menandakan kehamilan. Pasangan suami dan istri yang sedang menantikan kehadiran momongan harus memahami bahwa mual setelah 3 hari berhubungan bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis yang perlu diperhatikan.Oleh karena itu, simak penjelasan ilmiah mengenai mual setelah 3 hari berhubungan di bawah ini.

Penyebab mual setelah 3 hari berhubungan

Tidak harus menunggu sampai tiga hari, bahkan mual bisa langsung dirasakan sesaat setelah sesi hubungan intim dengan pasangan usai.Biasanya, hal ini disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis seperti:Tentunya, jika Anda dan pasangan selalu merasa mual setelah berhubungan, berkonsultasi dengan dokter adalah opsi paling tepat. Apalagi jika rasa mual selalu datang setelah sesi hubungan intim usai.Selain beberapa kondisi medis di atas, masih ada penyebab mual setelah 3 hari berhubungan lainnya yang perlu diketahui pasangan suami-istri, seperti berikut ini.

1. Sinkop vasovagal

Sinkop vasovagal adalah kondisi medis yang ditandai dengan pingsan setelah tubuh bereaksi terhadap pemicunya, seperti melihat darah atau adanya gangguan stres.Sinkop vasovagal memicu detak jantung dan tekanan darah turun secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan kurangnya pasokan darah ke otak, sehingga rasa mual dan pingsan bisa terjadi.Saat berhubungan intim, sinkop vasovagal dapat munculi saat penis suami menyentuh serviks, yang memiliki banyak ujung saraf.

2. Endometriosis

Endometriosis terjadi saat adanya jaringan lapisan rahim tumbuh di luar rongga rahim. Hasilnya, endometriosis dapat menyebabkan kram, perdarahan, dan rasa sakit saat berhubungan intim dengan suami.Beberapa penderita endometriosis juga melaporkan keberadaan gejala mual setelah berhubungan intim dengan pasangannya.Umumnya, penderita endometriosis akan mengonsumsi obat pereda rasa nyeri beberapa jam sebelum berhubungan seks maupun mencoba posisi seks lain, supaya hubungan intim tetap dapat dinikmati.

3. Reaksi alergi

Penyebab mual setelah berhubungan lainnya datang dari reaksi alergi. Sebab, seorang wanita bisa memiliki alergi terhadap sperma atau komponen sperma milik pasangannya.Untuk mengatasi mual setelah berhubungan akibat reaksi alergi, mintalah pasangan Anda menggunakan kondom.Namun jika Anda dan suami ingin memiliki momongan, ada baiknya datang ke dokter dan mendiskusikan cara pengobatan terbaiknya.

4. Post orgasmic illness syndrome (POIS)

Mual hamil
Mual setelah 3 hari berhubungan
Post orgasmic illness syndrome (POIS) adalah kondisi yang bisa menyebabkan datangnya rasa mual, demam, perubahan suasana hati, hingga rasa lelah setelah orgasme atau ejakulasi. Walaupun POIS paling sering menyerang pria, bukan berarti wanita tak bisa merasakannya.

5. Gangguan kecemasan

Terkadang, mual setelah 3 hari berhubungan tidak hanya disebabkan oleh kondisi fisik. Masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan juga bisa menjadi penyebabnya.Perlu diketahui, gangguan kecemasan dapat menyebabkan munculnya rasa mual. Hal ini bisa terjadi jika Anda sedang tidak merasa nyaman saat berhubungan seks dengan pasangan.

6. Sexual aversion

Sexual aversion atau rasa tidak ingin berhubungan seksual adalah gangguan mental yang menimbulkan ketakutan dan kecemasan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan seks. Baik pria maupun wanita dapat mengalaminya.

Mual setelah 3 hari berhubungan, apakah sudah pasti hamil?

Mual
Mual setelah 3 hari berhubungan
Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan. Sebab, dibutuhkan waktu lebih lama bagi sperma untuk membuahi sel telur dan menanamkannya di dalam rahim.Setidaknya, diperlukan hingga enam hari untuk sperma dan sel telur bersatu dan membentuk sel telur yang telah dibuahi.Kemudian, masih dibutuhkan sekitar 3-4 hari bagi sel telur yang telah dibuahi, untuk menempel di dalam rahim.

Catatan dari SehatQ:

Kesimpulannya, mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan. Faktanya, hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang “diam-diam” diderita oleh wanita.Itulah sebabnya, Anda dan pasangan selalu disarankan untuk datang ke dokter dan berkonsultasi mengenai mual setelah 3 hari berhubungan. Selain memastikan keberadaan kondisi medis yang menyebabkannya, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai gejala awal kehamilan yang sesungguhnya.
mualhubungan sekskehamilanmanfaat hubungan seks
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/nausea-after-sex#common-causes
Diakses pada 7 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vasovagal-syncope/symptoms-causes/syc-20350527
Diakses pada 7 Juli 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/ask-experts/how-long-does-it-take-for-a-girl-to-get-pregnant-after-having-sex
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait