Mual di Tol Japek? Kenali 5 Cara Mengatasi Mabuk Darat Ini

Posisi duduk di dalam mobil juga menjadi cara mengatasi mabuk darat yang ampuh.
Salah satu cara mengatasi mabuk darat ialah dengan tidak membaca di dalam mobil.

Masyarakat yang sering menggunakan jalan tol untuk bepergian ke Jawa Barat tentu sangat senang, ketika jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) telah dibuka untuk publik sejak Minggu (15/12) kemarin. Namun, ada keluhan jalan bergelombang yang membuat mual penggunanya. Bagaimana cara mengatasi mabuk darat saat lintasi Tol Japek?

Cara mengatasi mabuk darat akibat motion sickness

Ketika Anda merasa mabuk darat dan mual, saat melewati jalanan bergelombang seperti di tol layang Japek, bisa jadi motion sickness adalah penyebabnya. Medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri, menyebutkan bahwa motion sickness terjadi karena adanya gangguan sistem keseimbangan.

Motion sickness adalah sensasi pusing atau mual, yang terjadi saat Anda bepergian menggunakan mobil, kereta api, atau pesawat. Hal ini terjadi karena organ-organ sensorik tubuh mengirimkan “pesan campuran” ke otak, yang mengakibatkan Anda merasa mual atau pusing.

Motion sickness disebabkan oleh gangguan sistem keseimbangan. Sistem keseimbangan dibentuk dari beberapa organ, yaitu bagian dalam telinga, mata, dan otot. “Jika salah satu tidak bekerja dengan sinkron, maka motion sickness bisa terjadi,” kata dr. Anandika.

Ketika Anda melewati jalan tol layang yang bergelombang, tapi pandangan tidak melihat ke luar jendela, telinga dalam akan bergerak naik dan turun. Kondisi ini menyebabkan otak kebingungan dalam memproses informasi yang berbeda ini. Akibatnya, terjadilah gejala-gejala motion sickness.

Yang paling banyak terlibat dalam motion sickness adalah persarafan yang memicu gejala pada berbagai organ, misalnya pencernaan. Akibatnya, Anda bisa mual dan malah muntah. Pusing, pucat, dan merasa bingung, juga bisa dialami pengguna jalan.

“Secara sistemik, akan timbul keringat dingin, sampai rasa tidak enak di seluruh tubuh,” ujar dr. Anandika.

Beragam cara mengatasi mabuk darat akibat motion sickness

Untuk menghidari sensasi motion sickness seperti mual dan pusing saat bepergian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, untuk meredakan gejala motion sickness agar tidak terlalu parah. Apa saja tips tersebut?

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Makanan yang Anda konsumsi sebelum bepergian ternyata bisa berpengaruh pada gejala-gejala motion sickness. Misalnya, makanan berlemak, pedas, dan yang terlalu “berat”, yang membuat Anda kekenyangan. Makanan-makanan tersebut bisa memperparah gejala motion sickness.

2. Posisi duduk di mobil

Posisi duduk di mobil, bisa menentukan tingkat keparahan gejala motion sickness. Ada beberapa posisi di mobil, yang membuat penumpangnya merasakan gerakan hebat saat jalanan bergelombang. Posisi itulah yang membuat mereka merasakan mual dan pusing. Maka dari itu, carilah posisi ternyaman, seperti pada bagian depan agar tidak merasakan guncangan akibat jalanan yang bergelombang.

3. Hindari membelakangi arah jalan

Pernahkah Anda merasa pusing dan mual, saat duduk di kendaraan umum, saat tidak menghadap ke arah jalanan di depan? Ya, membelakangi arah jalan juga bisa memicu kedatangan motion sickness, sehingga menyebabkan mabuk darat.

Maka dari itu, selalu duduk ke arah mobil berjalan, agar motion sickness tidak muncul, sehingga mual dan pusing bisa dihindari.

4. Cari udara

Pernahkah Anda melihat orang yang mual dan pusing di mobil, lalu membuka kaca agar mendapatkan udara segar?

Ternyata, mendapatkan udara segar saat merasakan motion sickness bisa membantu meredakan gejala pusing dan mual. Sebab, bau wangi yang ada di dalam mobil, juga bisa memicu kedatangan motion sickness.

5. Jangan membaca buku di mobil

Membaca buku di dalam mobil juga bisa menyebabkan gejala motion sickness semakin parah. Di saat mata tertuju pada tulisan yang ada di buku, sedangkan badan merasakan guncangan dari jalanan bergelombang, maka motion sickness bisa terjadi.

Biasanya, motion sickness adalah kondisi medis yang bisa berangsur membaik dengan sendirinya. Selain itu, beristirahat dengan cukup sebelum bepergian jauh dengan mobil atau kendaraan umum lainnya, juga bisa mencegah gejala motion sickness.

Namun, jika motion sickness sampai membuat takut naik mobil atau transportasi umum lainnya, maka ini saat yang tepat untuk berkonsultasi ke dokter, untuk mencari tahu penyebab lain dari motion sickness yang dirasakan. 

Liputan 6. https://www.liputan6.com/otomotif/read/4135516/headline-tol-layang-jakarta-cikampek-bergelombang-bikin-waswas-amankah-untuk-dilewati
Diakses pada 17 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/motion-sickness
Diakses pada 17 Desember 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/tips_to_prevent_motion_sickness/views.htm
Diakses pada 17 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed