Move On Artinya Meninggalkan Kenangan Lama, Begini Cara Melakukannya

(0)
16 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Move on artinya melupakan mantan pasangan dan melanjutkan hidup tanpa terpaku pada kenanganMove on artinya melupakan kenangan bersama mantan pasangan di masa lalu
Secara harfiah, move on artinya meninggalkan tempat yang selama ini ditinggali untuk menuju ke tempat yang baru. Istilah ini sering digunakan pada orang yang putus hubungan dan tidak lagi meratapi kandasnya hubungan tersebut, serta tidak lagi mengenang mantan pasangan.Jadi, bisa dibilang move on artinya melupakan mantan pasangan dan melanjutkan hidup tanpa terpaku pada kenangan masa lalu lagi. Ada beberapa orang yang bisa langsung move on setelah putus, tapi tidak sedikit juga yang tidak bisa melakukannya, bahkan setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Bagaimana caranya untuk move on?

Bagi sebagian orang, move on bisa jadi hal yang sangat berat. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang terpaksa memutuskan hubungan, tapi masih memiliki perasaan terhadap mantan pasangannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk move on.

1. Perjuangkan perasaan Anda

Walaupun terdengar berlawanan dengan arti move on, memperjuangkan perasaan secara maksimal dapat membantu Anda untuk melakukannya. Jika Anda telah melakukan usaha terbaik dan ternyata masih gagal, setidaknya Anda bisa menyudahi semua harapan dan move on tanpa ada penyesalan.

2. Putuskan kontak dan nonaktifkan media sosial

Ingin move on artinya sudah siap untuk tidak menjadikan mantan sebagai bagian hidup Anda lagi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memutuskan kontak, setidaknya untuk sementara. Ada banyak orang yang tetap berteman dengan mantan pasangannya dengan maksud mempertahankan harapan untuk bisa bersama lagi. Hal Ini sama sekali tidak akan membantu untuk move on.Sebaiknya putuskan kontak dan jangan melakukan stalking pada media sosial miliknya. Lebih baik jika Anda juga menonaktifkan media sosial untuk sementara waktu. Namun, jangan menghilang begitu saja jika hubungan kalian putus secara baik-baik.Katakan terus terang kepadanya bahwa Anda butuh waktu sendiri dan saat ini sedang tidak ingin dihubungi. Cara ini akan membuat Anda move on lebih cepat.

3. Jangan berangan-angan

Berakhirnya sebuah hubungan pasti karena ada masalah yang menyebabkannya. Jika Anda sulit move on, berarti Anda terjebak dalam khayalan seandainya hubungan itu tetap berjalan sesuai harapan Anda.Move on artinya juga belajar menerima fakta bahwa memang ada yang salah dengan hubungan Anda dan itu tidak bisa diperbaiki. Maka, ketimbang berangan-angan seandainya mantan melakukan sesuai yang Anda inginkan, sebaiknya terima kenyataan bahwa dia memang bukan orang yang tepat untuk Anda.

4. Berdamai dengan masa lalu

Saat seseorang mengkhianati kepercayaan Anda, mungkin akan sangat sulit untuk bisa memaafkannya. Namun, dengan terus terpaku pada masa lalu, Anda sebetulnya memberikan peluang pada orang lain untuk tetap memegang kendali akan hidup Anda.Move on artinya memaafkan dan berdamai dengan masa lalu. Dengan memaafkan, Anda membebaskan pikiran Anda dari beban yang tidak perlu ditanggung selamanya. Sadarilah bahwa semua orang memiliki kekurangan dan membuat kesalahan.Jika Anda sudah bisa memaafkan diri sendiri dan orang lain, maka Anda siap meninggalkan semuanya di masa lalu dan mulai move on.

5. Lebih mencintai diri sendiri

Alasan move on yang paling penting adalah supaya Anda dapat mencintai diri sendiri. Percayalah bahwa Anda pantas bersama orang yang mampu memperlakukan Anda dengan baik. Anda layak berada dalam hubungan yang membahagiakan.Anda juga dapat melakukan hal-hal baru yang dapat membuat Anda bahagia. Misalnya, ikut kursus piano atau melukis, pergi ke tempat spa untuk memanjakan diri sendiri, dan semacamnya.

6. Alihkan fokus pada hal lain

Saat percintaan Anda gagal, bukan berarti aspek kehidupan lainnya harus ikut gagal. Agar dapat move on lebih cepat, alihkan fokus Anda pada hobi, pekerjaan, atau orang lain yang bermakna bagi Anda.Dengan mendapatkan kebahagiaan dari sumber lainnya, Anda akan lebih cepat melupakan kesedihan dari kandasnya hubungan asmara.

7. Jangan cepat-cepat pindah hati

Ada yang mengatakan bahwa cara terbaik melupakan cinta lama adalah dengan menemukan cinta yang baru. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar.Membuka diri Anda untuk berkenalan dan dekat dengan orang lain adalah hal yang baik. Namun, jangan terburu-buru untuk segera menjalin hubungan lagi, sementara Anda masih belum move on.Hal ini hanya akan membuat hubungan Anda yang baru hanya sekadar pelarian yang tidak akan membuat Anda bahagia.

8. Tetap aktif dan hindari menyendiri

Sebaiknya Anda hindari untuk selalu menyendiri saat berusaha move on. Pada sebagian orang, menyendiri saat bersedih dapat menyebabkan depresi.Sebaiknya habiskan lebih banyak waktu dengan aktivitas yang membuat Anda tetap aktif, seperti olahraga atau jalan-jalan. Carilah seseorang yang dapat dijadikan teman bicara dan seorang pendengar yang baik.Semoga berbagai hal di atas dapat membantu Anda untuk move on dan menjalani hidup dengan lebih baik.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
asmaramenjalin hubungan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-forward/201508/5-ways-move-ex-you-still-love
Diakses 1 Januari 2021
Inspiring Tips. https://inspiringtips.com/ways-to-move-on-when-you-still-love-your-ex/
Diakses 1 Januari 2021
Cambridge Dictionary. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/move-on
Diakses 1 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait