Mengenal Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Beserta Contohnya


Motivasi intrinsik dan ekstrinsik sama-sama dapat memberi pengaruh baik asal disikapi dengan cara yang tepat. Motivasi intrinsik merupakan dorongan dari dalam diri sendiri, sedang ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor luar.

0,0
Motivasi intrinsik dan ekstrinsik sama-sama dapat memberi pengaruh baik asal disikapi dengan cara yang tepatKombinasi kedua jenis motivasi ini dapat membantu Anda menjadi lebih kompeten, produktif, dan kreatif
Ketika diberikan tugas tertentu, pernahkah Anda mengerjakannya dengan sangat menggebu dan maksimal karena ingin memperoleh bonus dan kesan positif dari atasan? Keinginan untuk meraih tujuan tertentu tersebut disebut dengan motivasi.Motivasi sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Lantas, apakah yang menjadi pembeda antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik?  Manakah yang lebih baik? Simak penjelasannya berikut.

Perbedaan motivasi intrinsik dan ekstrinsik

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang muncul karena ingin mencapai kepentingannya sendiri, bukan untuk mendapatkan imbalan dari luar. Motivasi ini membuat Anda terlibat dalam aktivitas atau kegiatan tertentu karena menganggapnya sebagai sesuatu yang bermanfaat.Beberapa contoh motivasi intrinsik dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:
  • Membersihkan ruangan karena memiliki hobi bersih-bersih
  • Mengerjakan teka-teki atau puzzle karena untuk mencari kesenangan
  • Berpartisipasi dalam perlombaan karena ingin menikmati aktivitas yang dilombakan
  • Mempelajari mata pelajaran tertentu karena menganggapnya sebagai sesuatu yang menarik
Sementara itu, motivasi ekstrinsik adalah motivasi dalam diri yang muncul karena Anda ingin mendapatkan imbalan dari luar. Beberapa orang juga termotivasi untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan maksud menghindari hukuman.Sejumlah contoh motivasi ekstrinsik dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • Membersihkan ruangan agar tidak dimarahi oleh orangtua
  • Mengerjakan teka-teki atau puzzle untuk memenangkan hadiah
  • Berpartisipasi dalam perlombaan untuk membawa pulang medali dan piala
  • Belajar dengan baik pada mata pelajaran tertentu karena ingin mendapatkan nilai bagus

Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik

Motivasi intrinsik dan ekstrinsik sama-sama memegang peranan penting dalam pembelajaran. Kombinasi kedua jenis motivasi ini dapat membantu Anda menjadi lebih kompeten, produktif, dan kreatif.Meski begitu, pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada masing-masing orang mungkin akan berbeda, tergantung situasi dan kondisi yang sedang dialami. Misal, orang yang sudah kaya dari lahir mungkin tidak akan tertarik pada aktivitas tertentu walaupun diberikan imbalan dengan nilai fantastis sebelum muncul motivasi dalam dirinya sendiri.

Mana yang lebih baik antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik?

Menurut penelitian berjudul “The Emerging Neuroscience of Intrinsic Motivation: A New Frontier in Self-Determination Research”, masing-masing jenis motivasi memberikan efek yang berbeda pada perilaku manusia. Pemberian imbalan eksternal yang berlebihan diketahui bisa berpotensi mengurangi motivasi intrinsik seseorang seiring berjalannya waktu.Sebagai contoh, seorang anak awalnya mungkin mempelajari mata pelajaran tertentu karena ia tertarik dengan apa yang dibahas di dalamnya. Hal tersebut kemudian membuatnya menguasai mata pelajaran tersebut dan berhasil memenangkan perlombaan. Hadiah lomba yang besar lalu membuatnya termotivasi untuk kembali menang lomba lagi agar kembali mendapatkan hadiah.Meski begitu, motivasi ekstrinsik tidak berarti selalu memberi dampak buruk. Pada beberapa orang, jenis motivasi ini dapat membantu dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang kurang menyenangkan atau disukai, tetapi harus dilakukan.Motivasi ekstrinsik juga bisa membantu menumbuhkan minat dan partisipasi pada aktivitas yang awalnya tidak diminati. Dengan begitu, mereka tidak hanya mendapatkan imbalan, melainkan juga pengetahuan dan keterampilan baru.Jadi, motivasi intrinsik dan ekstrinsik sebenarnya sama baiknya. Semua bergantung pada bagaimana cara Anda menyikapinya, sebagai sesuatu yang positif atau negatif.

Catatan dari SehatQ

Motivasi intrinsik dan ekstrinsik adalah dua hal yang berbeda. Motivasi intrinsik terjadi karena adanya dorongan dari dalam diri sendiri, sedangkan ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor dari luar.Kedua jenis motivasi ini sama-sama bisa memberikan pengaruh baik, asal disikapi dengan cara yang tepat. Jika Anda tak merasakan adanya motivasi dalam diri, segera berkonsultasi dengan profesional untuk mencari tahu kondisi yang mendasarinya. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/differences-between-extrinsic-and-intrinsic-motivation-2795384
Diakses pada 28 September 2021
Healthline. https://www.verywellmind.com/what-is-intrinsic-motivation-2795385
Diakses pada 28 September 2021
Frontiers in Human Neuronscience. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnhum.2017.00145/full
Diakses pada 28 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait