Cara Menjaga Motivasi Diet demi Berat Badan Ideal

(0)
04 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Motivasi diet bisa dijaga dengan tetap aktif berolahragaMotivasi diet penting dalam membuat tubuh menjadi bugar
Tidak sedikit orang yang memegang prinsip ‘diet selalu dimulai besok’ sehingga mereka tidak kunjung memiliki bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Diet menurunkan berat badan memang butuh komitmen, bukan hanya program terstruktur, melainkan juga motivasi diet agar Anda konsisten menjalani program tersebut.Motivasi diet setiap orang mungkin berbeda-beda. Kebanyakan orang biasanya memulai diet setelah divonis mengidap penyakit tertentu oleh dokter sehingga harus menurunkan berat badan agar kondisinya tidak semakin parah.Meskipun demikian, tidak jarang pula orang ingin diet karena alasan sederhana, seperti ingin memakai celana lama atau bercita-cita main dengan cucu di hari tua. Motivasi diet inilah yang akan menjaga komitmen Anda untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Bagaimana cara menjaga motivasi diet?

Anda disarankan menurunkan bobot secara perlahan
Diet jarang berlangsung dengan mulus. Bahkan orang-orang yang paling konsisten menjalani program diet pun rentan tergoda melakukan cheating. Namun mereka selalu menemukan motivasi untuk kembali menjalani pola hidup sehat demi mencapai berat badan yang diinginkan.Bagaimana cara menjaga motivasi diet agar tetap konsisten hingga tujuan Anda tercapai? Berikut ini tips yang layak untuk dicoba.

1. Tetapkan target jangka pendek

Tips pertama untuk mempertahankan motivasi diet adalah dengan membuat target realistis jangka pendek. Misalnya, cobalah menetapkan target sebanyak 4 kg per bulan daripada ingin cepat-cepat menurunkan 20 kg sekaligus.Target jangka pendek ini akan menjaga kepercayaan diri bahwa program diet yang sedang dijalani memang menghasilkan perubahan yang nyata. Anda pun kian termotivasi untuk meneruskan diet.

2. Turunkan berat badan secara perlahan

Anda mungkin tergoda dengan hasil diet para artis atau selebgram yang mampu menurunkan hingga 10 kg dalam sebulan. Namun percayalah bahwa penurunan berat badan yang terlalu drastis juga tidak baik bagi kesehatan, setidaknya malah lebih rawan membuat Anda kembali gemuk di kemudian hari.Para ahli memang menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan secara perlahan, yakni sekitar 1 kg per minggu atau 4-5 kg per bulan. Penurunan yang bertahap ini juga akan membuat Anda tidak perlu memangkas kalori terlalu banyak, sehingga idak akan merasa kelaparan selama diet.

3. Kontrol keinginan cheating

Cheating alias mengonsumsi makanan yang tinggi kalori tidak masalah bila dilakukan sesekali. Berat badan Anda pun akan sedikit naik setelah melakukannya. Hanya saja, Anda harus tetap berpaku pada motivasi diet agar tidak terus-menerus melakukan cheating sehingga berat badan menjadi naik tidak terkontrol.

4. Bergerak aktif

Selain mengatur pola makan, diet yang baik juga harus membuat Anda bergerak aktif. Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga, mulai dari aerobik atau kardio, bersepeda, jogging, atau zumba dan jenis olahraga lain yang diiringi musik.Untuk menambah motivasi, Anda bisa bergabung dengan komunitas olahraga atau mendaftar anggota di pusat kebugaran dan mendapat bimbingan dari instruktur profesional. Bergerak aktif bukan hanya dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak, tapi juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan.

5. Pilih program diet jangka panjang yang realistis

Jangan lupa mengatur pola makan
Setiap orang punya program diet yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Ada yang berhasil menurunkan berat badan hanya dengan mengatur pola makan. Namun beberapa orang harus menambahnya olahraga. Selain itu, konsumsi suplemen atau obat tertentu sesuai rekomendasi dokter juga mungkin diperlukanPilih salah satu jalur diet yang sesuai dengan kondisi Anda dan hindari diet yang tidak masuk akal dalam jangka panjang. Misalnya, jangan lakukan diet yang memiliki pantangan akan jenis makanan tertentu atau bahkan hanya mengonsumsi makanan tertentu.Sebaliknya, pilih diet yang membuat Anda mampu mengatur jumlah kalori yang masuk sehingga berat badan lebih terkontrol. Konsumsi bermacam makanan dengan jumlah moderat serta bergizi seimbang serta lakukan hal-hal berikut:
  • Kurangi porsi makan.
  • Kurangi keinginan untuk ngemil.
  • Hindari gorengan dan makanan atau minuman yang terlalu manis.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

6. Berpikiran positif

Pada satu titik, berat badan mungkin akan stagnan atau bahkan sedikit naik meski sudah menjaga pola makan dan bergerak aktif. Saat inilah Anda akan ditantang untuk tetap berpikiran positif bahwa program yang Anda jalani sudah benar sambil mengevaluasi diri.Riset membuktikan orang dengan pikiran positif lebih mungkin mengalami penurunan berat badan dibanding yang stres karena berat badan ideal belum juga tercapai. Berpikiran positif juga akan menjaga motivasi diet Anda.

Catatan dari SehatQ

Diet itu bukan semata-mata untuk kurus, tapi untuk menuju berat badan ideal dan sehat. Setiap orang memiliki berat badan ideal yang berbeda. Diet tidak akan memperlihatkan hasil hanya dalam waktu satu malam.Butuh perjuangan yang lama sampai Anda mendapatkan berat ideal dan keluar dari status kegemukan maupun obesitas. Jangan menyerah dan jadikan motivasi diet sebagai bahan bakar untuk mencapai target tersebut.Untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang diet, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietdiet sehathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-motivation-tips
Diakses pada 19 Desember 2020
CDC. https://www.cdc.gov/healthyweight/losing_weight/index.html
Diakses pada 19 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/diet-motivation-tips
Diakses pada 19 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait