Morning Wood pada Pria: Apakah Penis Ereksi di Pagi Hari Normal Terjadi?

Ereksi pagi atau morning wood normal dialami oleh pria dan mengindikasikan alat vital yang sehat
Ereksi di pagi hari atau morning wood merupakan fenomena yang normal terjadi pada pria

Sehabis bangun tidur, para pria pada awalnya mungkin tercengang melihat ereksi di pagi hari yang muncul begitu saja meski tidak ada rangsangan ataupun mimpi yang membangkitkan hasrat seksual Anda.

Fenomena ini merupakan hal yang normal terjadi pada pria dan dikenal dengan sebutan morning wood atau ereksi pagi. Jangan malu karena ereksi pagi bukanlah hal yang terjadi karena adanya rangsangan seksual tetapi merupakan bagian dari proses sistem reproduksi seksual yang normal.

Ereksi pagi merupakan hal yang normal terjadi pada pria

Mengenal ereksi pagi atau morning wood

Ereksi pagi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Faktanya, ereksi di pagi hari menunjukkan bahwa alat reproduksi Anda sehat dan bekerja dengan baik. Adanya ereksi pagi merupakan suatu tanda bahwa saraf dan peredaran darah di alat reproduksi Anda bekerja dengan semestinya.

Secara medis, ereksi pagi atau morning wood dinamakan nocturnal penile tumescence (NTP). Jika seorang pria tidak mengalami ereksi di pagi hari secara teratur, terdapat kemungkinan bahwa pria tersebut mengalami disfungsi ereksi atau kesulitan untuk mengalami maupun mempertahankan ereksi.

Tidak hanya disfungsi ereksi, ketiadaan ereksi pagi bisa menjadi sinyal bahwa terjadi penurunan kadar testosteron dalam tubuh, masalah pada peredaran darah atau saraf pada alat reproduksi, depresi, ataupun masalah medis dan mental lainnya

Namun, jangan khawatir, karena tidak adanya ereksi di pagi hari juga bisa terjadi karena tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Faktor usia juga bisa berperan dalam menurunnya kemunculan morning wood. Semakin bertambah tua usia, semakin menurun pula frekuensi kemunculan ereksi pagi.

Ereksi pagi sebenarnya tidak hanya muncul di pagi hari saja, karena ereksi bisa terjadi di sepanjang waktu tidur, lebih tepatnya saat tahapan tidur REM (Rapid Eye Movement). Tahapan siklus tidur REM dapat berlangsung beberapa kali.

Biasanya saat terbangun, Anda baru saja keluar dari tahapan siklus tidur REM. Hal inilah yang menyebabkan ereksi lebih sering muncul di pagi hari.

Frekuensi ereksi pagi tiap pria berbeda-beda

Berapa frekuensi kemunculan ereksi pagi yang normal? 

Tidak ada patokan pasti mengenai jumlah ereksi pagi yang harus muncul tiap minggunya, karena kemunculan ereksi di pagi hari dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor kadar testosteron, usia, kondisi kesehatan dan sebagainya.

Biasanya, remaja dan pria dewasa muda yang berumur sampai 30-an akan mengalami ereksi pagi lebih sering daripada pria paruh baya dan anak-anak. Hal ini disebabkan karena pria muda memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.

Pada anak-anak, ereksi pagi biasanya akan terjadi pada rentang usia enam sampai delapan tahun.

Remaja dan pria dewasa bisa mengalami morning wood setiap paginya atau bahkan beberapa kali sepanjang malam dan ereksi dapat bertahan lebih dari 30 menit atau bahkan bisa selama dua jam.

Ereksi pagi umumnya dapat hilang dengan sendirinya beberapa menit setelah terbangun.

Saat pria sudah mulai memasuki usia 40 atau 50 tahunan, maka kemunculan ereksi pagi akan makin berkurang seiring dengan menurunnya kadar testosteron. Namun, penurunan tersebut tidak akan terjadi secara mendadak, tetapi secara bertahap dan perlahan.

Kemunculan ereksi pagi dipengaruhi oleh berbagai faktor

Penyebab munculnya ereksi di pagi hari 

Ereksi pagi tidak hanya timbul begitu saja dan sebagian besar tidak diakibatkan oleh adanya pemikiran, mimpi, ataupun stimulasi seksual. Ereksi di pagi hari biasanya terjadi di tahapan siklus tidur REM. Kemunculan morning wood dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti:

  • Relaksasi otak

Beberapa jam sebelum pria terbangun, otak pria akan memerintahkan tubuhnya untuk melepaskan hormon yang mencegah kemunculan ereksi. Namun, saat tertidur, pria akan menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang lebih sedikit yang dapat memicu peluang kemunculan ereksi di pagi hari yang lebih besar.

  • Kadar hormon

Tingkatan atau kadar hormon dalam tubuh merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kemunculan ereksi pagi. Kadar testosteron paling tinggi ketika pria baru saja terbangun dari tahapan REM di pagi hari.

Peningkatan hormon testosteron dapat menjadi pemicu kemunculan ereksi pagi tanpa adanya stimulasi atau rangsangan fisik apapun.

  • Stimulasi fisik

Meskipun morning wood jarang disebabkan oleh mimpi, pemikiran, atau rangsangan seksual, tetapi terkadang sentuhan dari luar juga bisa menimbulkan ereksi pagi. Saat Anda tertidur, tubuh tetap tersadar akan sensasi di sekitarnya.

Jika pasangan atau Anda secara tidak sengaja menyentuh penis, maka tubuh bisa saja menangkap stimulasi tersebut dan memunculkan ereksi pagi.

Catatan dari SehatQ

Ereksi pagi merupakan hal yang normal dan menunjukkan tidak ada masalah pada organ vital Anda. Namun, apabila Anda tidak mengalami ereksi pagi atau menyadari adanya penurunan kemunculan morning wood, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya ke dokter.

Selain penurunan atau ketiadaan kemunculan ereksi pagi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami ereksi pagi yang tidak kunjung hilang selama 30 menit setelah bangun, terasa menyakitkan, atau berlangsung selama berjam-jam.

Frekuensi kemunculan ereksi pagi tiap pria berbeda-beda, ada yang muncul hanya sekali seminggu dan ada pula yang timbul setiap harinya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bila Anda belum mengetahui secara pasti normal atau tidaknya frekuensi ereksi pagi yang dimiliki.

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/morning-wood#who-gets-morning-wood
Diakses pada 24 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325305.php
Diakses pada 24 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed