Morning Wood (Penis Ereksi di Pagi Hari), Normal Terjadi?


Morning wood atau ereksi pagi merupakan fenomena yang dialami pria. Ereksi di pagi hari sebenarnya normal dan mengindikasikan berfungsinya alat vital pria. Sebaliknya, tidak ereksi di pagi hari justru mengindikasikan adanya masalah pada penis, seperti disfugsi ereksi hingga gangguan saraf.

0,0
24 Oct 2019|Anita Djie
Morning wood atau ereksi pagi yang dialami pria mengindikasikan alat vital yang sehatEreksi di pagi hari atau morning wood merupakan fenomena yang normal terjadi pada pria
Sehabis bangun tidur, para pria pada awalnya mungkin tercengang melihat penis ereksi di pagi hari yang muncul begitu saja meski tidak ada rangsangan ataupun mimpi yang membangkitkan hasrat seksual Anda.Fenomena ini merupakan hal yang normal terjadi pada pria dan dikenal dengan sebutan morning wood atau ereksi pagi. Jangan malu karena ereksi pagi bukanlah hal yang terjadi karena adanya rangsangan seksual tetapi merupakan bagian dari proses sistem reproduksi seksual yang normal.
Ereksi di pagi hari merupakan hal yang normal terjadi pada pria

Mengenal ereksi pagi atau morning wood

Morning wood adalah ereksi yang terjadi di pagi hari, pada saat baru bangun tidur. Sebenarnya, kondisi ini juga bisa terjadi di sepanjang waktu tidur malam, tepatnya saat tahapan tidur REM (Rapid Eye Movement). REM sendiri dapat terjadi beberapa kali di sepanjang malam.Itu sebabnya, ereksi di pagi hari juga dinamakan nocturnal penile tumescence (NTP).Ereksi di pagi menunjukkan bahwa alat reproduksi Anda sehat dan bekerja dengan baik. Adanya ereksi pagi merupakan suatu tanda bahwa saraf dan peredaran darah di alat reproduksi Anda bekerja dengan semestinya.Biasanya saat terbangun, Anda baru saja keluar dari tahapan siklus tidur REM. Hal inilah yang menyebabkan ereksi lebih sering muncul di pagi hari.

Penyebab morning wood

Morning wood dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor
Ereksi di pagi hari biasanya terjadi begitu saja dan sebagian besar tidak diakibatkan oleh adanya pemikiran, mimpi, ataupun rangsangan seksual. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu morning wood, yakni:

1. Relaksasi otak

Morning wood terjadi pada pagi hari, setelah pria keluar dari fase tidur REM. Dalam keadaan terjaga, otak pria akan memerintahkan tubuhnya untuk melepaskan hormon yang mencegah kemunculan ereksi.Namun, saat tertidur, pria akan menghasilkan hormon tersebut lebih sedikit. Akibatnya, peluang penis untuk ereksi saat bangun tidur menjadi lebih besar.

2. Kadar hormon

Tingkatan atau kadar hormon dalam tubuh merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kemunculan ereksi di pagi hari. Kadar testosteron paling tinggi terjadi ketika pria baru saja terbangun dari tahapan REM di pagi hari.Peningkatan hormon testosteron dapat menjadi pemicu kemunculan ereksi pagi tanpa adanya stimulasi atau rangsangan fisik apa pun.

3. Stimulasi fisik

Meskipun morning wood jarang disebabkan oleh mimpi, pemikiran, atau rangsangan seksual, tetapi terkadang sentuhan dari luar juga bisa menyebabkan ereksi di pagi hari. Saat Anda tertidur, tubuh tetap tersadar akan sensasi di sekitarnya.Jika pasangan atau Anda secara tidak sengaja menyentuh penis, maka tubuh bisa saja menangkap stimulasi tersebut dan memunculkan ereksi pagi.

Berapa frekuensi morning wood yang normal? 

Frekuensi morning wood tiap pria berbeda-beda
Tidak ada patokan pasti mengenai jumlah yang harus muncul tiap minggunya, karena kemunculan ereksi di pagi hari dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kadar testosteron, usia, dan kondisi kesehatan.Biasanya, remaja dan pria dewasa muda yang berumur sampai 30-an akan mengalami ereksi pagi lebih sering daripada pria paruh baya dan anak-anak. Hal ini disebabkan karena pria muda memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.Pada anak-anak, ereksi pagi biasanya akan terjadi pada rentang usia enam sampai delapan tahun.Remaja dan pria dewasa bisa mengalami morning wood setiap paginya atau bahkan beberapa kali sepanjang malam hari dan ereksi dapat bertahan lebih dari 30 menit atau bahkan bisa selama dua jam.Ereksi pagi umumnya dapat hilang dengan sendirinya beberapa menit setelah terbangun.Saat pria sudah mulai memasuki usia 40 atau 50 tahunan, kemunculan ereksi pagi akan makin berkurang seiring dengan menurunnya kadar testosteron. Namun, penurunan tersebut tidak akan terjadi secara mendadak, tetapi secara bertahap dan perlahan.

Jika seorang pria tidak ereksi di pagi hari secara teratur, ada kemungkinan bahwa pria tersebut mengalami disfungsi ereksi atau kesulitan untuk mengalami maupun mempertahankan ereksi.Tidak mengalami ereksi di pagi hari juga menjadi tanda kadar testosteron rendah, masalah peredaran darah atau saraf pada alat reproduksi, depresi, ataupun masalah medis dan psikis lainnya

Tips agar tidak mengalami disfungsi ereksi

Ereksi penis yang terjadi di pagi hari menandakan jika organ reproduksi pria yang satu ini dalam kondisi baik. Namun jika tidak demikian, maka Anda mungkin perlu waspada terhadap kemungkinan disfungsi ereksi atau biasa kita kenal sebagai impotensiMengingat disfungsi ereksi berdampak sangat signifikan terhadap kehidupan seksual seorang pria, maka sebaiknya lakukan langkah-langkah untuk mencegah kondisi ini terjadi.Caranya antara lain dengan:
  • Pertahankan berat badan yang ideal
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Jaga tekanan darah dan kolesterol normal
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari rokok dan minuman alkohol
  • Hindari stress

Catatan dari SehatQ

Ereksi pagi merupakan hal yang normal dan menunjukkan tidak ada masalah pada organ vital Anda. Namun, apabila Anda tidak mengalami ereksi pagi atau menyadari adanya penurunan kemunculan morning wood, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya ke dokter.Selain penurunan atau ketiadaan kemunculan ereksi pagi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami ereksi pagi yang tidak kunjung hilang selama 30 menit setelah bangun, terasa menyakitkan, atau berlangsung selama berjam-jam.Frekuensi kemunculan ereksi pagi tiap pria berbeda-beda, ada yang muncul hanya sekali seminggu dan ada pula yang timbul setiap harinya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bila Anda belum mengetahui secara pasti normal atau tidaknya frekuensi NTP yang dimiliki.Gunakan layanan chat dokter dari aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk konsultasi medis yang lebih mudah dan cepat. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play
kesehatan organ intimdisfungsi ereksimasalah reproduksikelamin laki-lakireproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/morning-wood#who-gets-morning-wood
Diakses pada 24 Oktober 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325305.php
Diakses pada 24 Oktober 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait