Model Inquiry Based Learning, Apa Manfaatnya untuk Anak?

0,0
19 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Inquiry based learning mengharuskan anak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.Inquiry based learning menjadikan anak murid sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran, tidak hanya guru saja yang dituntut untuk aktif dalam menyampaikan materi. Anak-anak juga didorong untuk menyampaikan opini dan pertanyaannya secara aktif ketika belajar. Hal ini dikenal dengan model pembelajaran inquiry based learning. Mari simak pengertian inquiry based learning beserta manfaatnya untuk anak.

Apa itu inquiry based learning?

Inquiry based learning adalah metode belajar yang menempatkan murid (anak-anak) sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran. Pada metode inquiry based learning, anak-anak bisa lebih leluasa dan aktif bertanya, menyampaikan idenya, beropini, hingga mengobservasi.Para pengajar juga memiliki peran penting untuk membuat anak-anak muridnya lebih terbiasa dalam bertanya, memberikan ide, hingga beropini.Nantinya, anak-anak juga harus memfokuskan diri dan menginvestigasi sebuah pertanyaan terbuka atau masalah. Mereka akan dituntut untuk menyelidiki suatu masalah, mencari solusi yang didasari bukti, dan menggunakan strategi pemecahan masalah yang kreatif untuk mencapai sebuah kesimpulan.

Manfaat inquiry based learning untuk anak murid

Terdapat banyak manfaat inquiry based learning yang dapat dirasakan oleh anak-anak selama proses pembelajaran, di antaranya:

1. Meningkatkan rasa ingin tahu

Saat anak-anak dituntut untuk lebih aktif dalam model pembelajaran inquiry based learning, rasa ingin tahu mereka bisa meningkat. Hal ini dapat memicu peningkatkan aktivitas di bagian hipokampus, area otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan memori.

2. 'Pemanasan' untuk otak

Rasa ingin tahu yang tumbuh akibat model pembelajaran inquiry based learning dapat membuat otak lebih siap untuk belajar. Hal ini bisa mempermudah anak dalam memahami pelajarannya, serta mampu mengingat kemampuan dan konsep yang ia dapatkan.

3. Membangun sikap inisiatif dalam diri anak

Saat anak-anak diminta untuk aktif bertanya, menginvestigasi, berdiskusi, berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencari sebuah solusi dalam proses belajar, mereka dapat menumbuhkan sikap inisiatif di dalam dirinya.Hal ini dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan nilai yang lebih baik sekaligus mempersiapkan mereka untuk menyambut kenaikan kelas atau jenjang sekolah.

4. Membuat anak-anak lebih cinta dengan proses belajar

Metode pembelajaran inquiry based learning dapat mengubah mindset anak-anak. Jika dahulu mereka merasa malas belajar, metode ini bisa membuat mereka menyukai dengan proses belajar.Alasannya adalah inquiry based learning mengajarkan pada anak-anak betapa memuaskannya untuk mengeksplorasi, membuat teori, atau berhasil memecahkan masalah lewat sebuah strategi.Proses ini bisa membuat anak-anak 'ketagihan' dengan proses belajar dan mampu menikmatinya.

Berbagai jenis inquiry based learning

Terdapat beberapa jenis metode pembelajaran inquiry based learning yang dapat disesuaikan dengan kelas-kelas yang berbeda, di antaranya:
  • Confirmation inquiry based learning

Dalam jenis inquiry based learning ini, guru akan memberikan anak-anak sebuah pertanyaan, jawaban, serta metode untuk mendapatkan jawabannya.Tujuan dari confirmation inquiry based learning adalah membiasakan anak-anak untuk melakukan investigasi dan berpikir kritis untuk mempelajari bagaimana sebuah metode bekerja.
  • Inquiry based learning terstruktur

Dalam inquiry based learning yang terstruktur, guru akan memberikan pertanyaan terbuka beserta metode investigasi pada anak-anak. Nantinya, mereka harus menggunakan metode tersebut untuk mencari kesimpulan atau solusi yang didasari oleh bukti.
  • Inquiry based learning yang dipandu

Guru akan memberikan pertanyaan terbuka pada anak-anak dalam metode ini. Selanjutnya, anak-anak akan bekerja dalam satu kelompok untuk mencapai sebuah kesimpulan dari pertanyaan terbuka tersebut.
  • Inquiry based learning terbuka

Di dalam inquiry based learning terbuka, guru akan memberikan waktu dan dukungan pada anak-anak. Sehingga, mereka dapat menggunakan waktu dan dukungan itu untuk membuat pertanyaan dan jawabannya sendiri. Apa pun jenis inquiry based learning yang diterapkan, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam menganalisa, menggabungkan, dan mengevaluasi informasi.

Catatan dari SehatQ

Inquiry based learning adalah model pembelajaran yang dapat merangsang anak untuk berpikir kritis saat sedang menerima pelajaran dari gurunya. Metode ini juga bisa meningkatkan rasa ingin tahu pada anak saat sedang belajar.Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Edu Government Ontario. http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS_inquirybased.pdf
Diakses pada 4 Mei 2021
Prodigy Game. https://www.prodigygame.com/main-en/blog/inquiry-based-learning-definition-benefits-strategies/
Diakses pada 4 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait