Tanda bahwa pria mengalami mimpi basah ketika tidur adalah saat celana dan sprei basah karena cairan sperma
Saat pria mengalami mimpi basah, ia sebenarnya merasakan orgasme ketika sedang terlelap

Terbangun dengan celana dan sprei yang basah. Sepintas teringat, semalam ada mimpi erotis yang mampir menjadi bunga tidur. Itulah mimpi basah, kondisi saat seseorang merasakan orgasme tanpa disengaja saat sedang terlelap.

Ketika seseorang mengalami mimpi basah, satu ciri yang pasti adalah celana dan sprei basah. Ini terjadi karena cairan yang mengandung sperma dikeluarkan saat mimpi basah.

Tidak ada yang bisa memprediksi atau mengatur apakah seseorang mengalami mimpi basah atau tidak. Semua terjadi secara alami dan merupakan bagian dari mekanisme testis untuk ‘mengganti’ sperma lama dengan yang baru dan sehat.

Mitos seputar mimpi basah

Ada banyak mitos seputar mimpi basah yang tidak benar-benar valid. Bahkan bisa dibilang tidak ada kaitannya dengan mimpi yang disebut nocturnal emission ini. Beberapa mitos tersebut adalah:

  • Tidur telungkup memicu mimpi basah

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hipotesis di atas. Posisi tidur tidak menentukan apakah seseorang akan mengalami mimpi basah atau tidak.

  • Mimpi basah akan memperkecil ukuran penis

Tidak ada masalah medis atau kondisi apapun yang akan membuat organ reproduksi pria mengecil.

  • Mimpi basah indikasi seseorang sakit

Justru sebaliknya, mimpi basah menandakan bahwa seorang pria matang secara seksual dan sehat.

  • Mimpi basah menurunkan kekebalan tubuh

Beberapa orang percaya bahwa mimpi basah menurunkan imunitas. Justru mimpi basah dapat membuang kelebihan sperma di testis sehingga fungsi reproduksi pria semakin prima.

Kapan mimpi basah terjadi?

Umumnya, mimpi basah dialami remaja sejak menginjak usia 15 tahun. Bahkan ketika sudah dewasa dan menikah pun, seorang pria juga bisa mengalami mimpi basah. 

Tentunya mimpi basah lebih sering terjadi saat masa pubertas karena ada perubahan hormon yang cukup signifikan. Sementara pada orang dewasa, level hormonnya lebih konsisten sehingga kian jarang mengalami mimpi basah.

Mimpi basah juga bisa sering terjadi pada orang-orang yang lebih jarang berhubungan seksual atau masturbasi. Lagi-lagi, ejakulasi saat mimpi basah merupakan cara testis untuk mengganti sperma yang lama dengan baru.

Mimpi basah terjadi saat seseorang tengah terlelap karena organ genital lebih sensitif terhadap aliran darah yang lebih kencang saat tidur. Itulah mengapa seseorang bisa mengalami mimpi basah hingga ejakulasi dan tetap terlelap.

Mimpi basah juga terjadi pada wanita

Jika selama ini ada pemahaman bahwa mimpi basah hanya dialami pria, itu salah. Wanita juga bisa mengalami mimpi basah setidaknya sekali selama hidupnya.

Pada tahun 1953, seorang peneliti tentang kehidupan seksual yang cukup tersohor bernama Alfred Kinsey, Ph.D menemukan fakta bahwa setidaknya 40% dari 5.628 wanita yang diwawancarainya pernah sekali mengalami mimpi basah sebelum usianya menginjak 45 tahun.

Penelitian lain dari Journal of Sex Research pada tahun 1986 juga menunjukkan bahwa 85% wanita pernah mengalami mimpi basah sebelum usia 21. 

Ada juga yang mengalami mimpi basah tanpa orgasme. Biasanya ciri-cirinya hanyalah banyak cairan vagina yang keluar membasahi celana ketika terbangun di pagi hari.

Mimpi basah sesuatu yang normal

Ada banyak orang yang ingin ‘menghentikan’ mimpi basah. Mungkin alasannya karena malu atau merasa tidak nyaman terbangun dengan celana dan sprei basah. 

Meski demikian, tidak ada yang bisa mengendalikan siklus terjadinya mimpi basah. Tak perlu juga merasa khawatir karena mimpi basah adalah sesuatu yang normal. Bahkan jika seseorang mengalami mimpi basah cukup sering, hal itu juga tetap normal.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari mimpi basah. Mungkin seseorang perlu merasa khawatir apabila penis terasa nyeri atau merasakan gejala masalah lainnya.

Justru yang kerap terjadi adalah seorang remaja pria merasa malu ketika mengalami mimpi basah. Jangan biarkan rasa malu ini menggerus rasa percaya diri mereka. Temani mereka, ajak bercerita tentang apa itu mimpi basah.

Memastikan remaja mengetahui betul apa itu mimpi basah – penyebab dan mekanismenya – akan membuat mereka paham bahwa yang dialami adalah hal alamiah. 

Jika seorang remaja masih merasa malu atau cemas akan mimpi basah yang dialaminya, berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog bisa jadi pilihan. Wajar jika seorang remaja kaget dengan mimpi basah yang dialaminya karena benar-benar merupakan sesuatu yang baru.

Setiap orang sangat unik. Tidak ada yang sama, begitu pula dengan urusan mimpi basah. Mengalami mimpi basah bukan hal yang memalukan, justru sinyal dari tubuh bahwa seseorang telah matang secara seksual.

Jika merasa malu atau cemas dengan mimpi basah yang dialami, ceritakan pada orang-orang terdekat.

Greatist. https://greatist.com/health/wet-dreams#definition
Diakses 8 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321351.php
Diakses 8 Oktober 2019

WebMD. https://teens.webmd.com/boys/wet-dream-faq#1
Diakses 8 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed