Kenali Mitos dan Fakta Herpes Genital yang Wajib Anda Tahu

Belum ada bukti konkret tentang penularan herpes genital melalui kursi toilet
Anda tetap berisiko mengalami herpes kelamin, meski hanya memiliki satu pasangan seksual.

Herpes genital atau herpes kelamin merupakan virus herpes simplex-2 yang ditularkan melalui hubungan seksual. Sebagai salah satu infeksi menular seksual, banyak orang yang tidak mengetahui tentang herpes genital.

Akibatnya, muncul sejumlah mitos mengenai herpes tersebut. Oleh karena itu, ketahui fakta-fakta mengenai herpes genital agar Anda tidak menerima informasi yang kelilru.

Mitos Herpes Kelamin yang Sering Beredar dan Faktanya

Berbagai mitos atau informasi yang keliru tentang herpes genital ini telah banyak beredar di kalangan masyarakat. Sebagai antisipasi, ketahui fakta-fakta berikut ini mengenai herpes kelamin.

1. Hanya orang dengan banyak pasangan seksual yang dapat terkena herpes genital (Mitos)

Faktanya: Peluang Anda untuk tertular herpes genital memang meningkat bila memiliki banyak pasangan seksual. Akan tetapi, Anda dapat terkena herpes genital meski hanya memiliki satu pasangan.

Hal tersebut terjadi bila Anda dan pasangan yang terinfeksi herpes melakukan hubungan seks tanpa kondom. Berhubungan seks tanpa kondom, memang dapat meningkatkan risiko terkena herpes genital.

2. Herpes genital tidak dapat menyebar pada bagian tubuh yang lain (Mitos)

Faktanya: Anda berpotensi menyebarkan virus dengan menyentuh luka herpes genital, lalu memegang anggota tubuh yang lain. Penularan ini disebut autoinoculation. Hal ini terjadi terutama bila Anda baru pertama kali terpapar virus herpes.

Secara umum, kondisi tersebut memang jarang terjadi. Sebab, sistem kekebalan tubuh Anda telah terbentuk melawan virus herpes simplex tersebut. Namun, Anda perlu menghindari kontak dengan luka herpes genital. Cucilah tangan dengan sabun setelah menyentuh alat kelamin.

3. Herpes genital dapat menular melalui kursi toilet (Mitos)

Faktanya: Virus herpes genital sangatlah rapuh, dan mengering ketika berada di udara. Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa virus herpes genital dapat menular melalui kursi toilet.

4. Jika terkena herpes genital, maka Anda tidak dapat melakukan hubungan seks lagi (Mitos)

Faktanya: Anda masih bisa berhubungan seks meskipun terkena herpes kelamin. Anda harus selalu menggunakan kondom saat berhubungan. Akan tetapi, bila Anda memiliki gejala atau luka, hindarilah berhubungan seksual, baik secara genital maupun oral.

5. Herpes genital dapat membuat Anda mandul (Mitos)

Faktanya:  Herpes genital tidak dapat membuat Anda mandul. Akan tetapi, klamidia dan beberapa penyakit menular seksual lainnya, dapat menyebabkan kemandulan.

6. Herpes genital dapat menyebabkan kanker serviks (Mitos)

Faktanya: Herpes genital tidak berhubungan dengan kanker serviks. Kanker serviks dikaitkan dengan virus lain, seperti Human Papilloma Virus (HPV). Anda harus menjalani skrining serviks secara teratur, untuk mendeteksi kanker serviks.

7. Anda tidak lebih rentan terhadap infeksi HIV meski memiliki herpes genital (Mitos)

Faktanya: Jika memiliki herpes genital atau herpes kelamin, justru Anda lebih rentan terkena HIV. Sebab, HIV dapat lebih mudah masuk ke tubuh Anda melalui luka kelamin herpes genital.

Pada dasar luka herpes, ditemukan sel CD4. Sel ini merupakan sel utama yang terserang HIV.

8. Anda tidak dapat memiliki bayi karena memiliki herpes genital, dan akan menularkannya pada bayi ketika melahirkan (Mitos)

Faktanya: Jika infeksi herpes genital Anda tidak aktif selama persalinan, umumnya tidak akan ada virus di saluran lahir, yang dapat menginfeksi bayi.

Akan tetapi, jika infeksi herpes Anda aktif pada saat persalinan, maka ada kemungkinan infeksi virus herpes pada bayi yang baru lahir. Meski jarang, operasi Caesar menjadi pilihan, untuk mengurangi kontak antara bayi dan virus.

9. Herpes genital hanya dapat ditularkan ketika Anda memiliki borok atau lepuhan (Mitos)

Faktanya: Virus herpes memang mudah ditularkan bila ada borok atau lepuhan. Akan tetapi, penularan dapat terjadi ketika luka herpes tersebut tidak ada.

Virus herpes dapat ditularkan tanpa gejala apapun. Oleh sebab itu, selalu gunakanlah kondom untuk berhubungan seks, jika Anda memiliki herpes genital.

Mitos-mitos mengenai herpes genital tersebut seringkali menyebabkan salah kaprah. Oleh karena itu, cermati berbagai fakta tentang herpes kelamin, untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga.

Herpes Resource Center. https://www.herpesresourcecenter.com/herpes-myths-vs-facts
Diakses pada 23 April 2019

My Dr. https://www.mydr.com.au/sexual-health/genital-herpes-10-common-myths
Diakses pada 23 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed