Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius
Menelan permen karet ternyata tidak berbahaya bagi tubuh

Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai peringatan tentang bahaya menelan permen karet. Mulai dari usus lengket hingga kematian, bahaya menelan makanan kesukaan banyak orang ini telah banyak beredar dan diamini kebenarannya.

Namun, benarkah demikian? Ternyata menurut penjelasan secara medis dan ilmiah, menelan permen karet bukanlah sesuatu yang berbahaya. Berikut ini penjelasannya.

[[artikel-terkait]]

Menelan permen karet berbahaya? Itu hanya mitos

Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.

Tubuh kita memang tidak bisa mencerna permen karet. Namun, sama seperti berbagai makanan lainnya yang Anda kondumsi, permen karet akan tetap bisa melewati saluran pencernaan, dan akan keluar bersamaan dengan tinja.

Permen karet bisa terbuat dari bahan alami maupun sintetis. Selain “karet”, permen ini mengandung pengawet, pewarna, pemanis buatan, serta perasa buatan. Tubuh kita bisa mencerna semua bahan tersebut, kecuali “karet”nya.

Sehingga ketika tidak sengaja tertelan, maka yang perlu Anda khawatirkan sebenarnya adalah tambahan kalori yang akan menumpuk di tubuh. Sementara itu, bahan dasar permen karet yang tidak bisa dicerna, akan keluar dari tubuh melalui mekanisme peristaltik (gerakan mendorong) pada usus.

Berapa lama permen karet akan mendekam di saluran pencernaan?

Seakan tidak ada habisnya, mitos seputar menelan permen karet terus beredar. Anda mungkin juga pernah mendengar tentang permen karet yang disebutkan bisa bertahan di saluran pencernaan, hingga bertahun-tahun lamanya.

Hal tersebut sebenarnya hanyalah mitos. Hampir semua orang pernah tidak sengaja menelan permen karet bertahun-tahun yang lalu. Namun hingga saat ini, tidak ditemukan bukti yang mengarah pada penumpukan permen karet di saluran pencernaan.

Permen karet yang tertelan, akan keluar dari sistem pencernaan dalam waktu kurang dari satu minggu atau dalam waktu sekitar 40 jam. Hanya saja, karena bahan dasar dari permen ini tidak bisa dicerna oleh tubuh, maka saat keluar, wujudnya akan tetap sama seperti ketika tertelan.

Menelan permen karet bisa berbahaya jika terlalu sering

Menelan permen karet bisa berbahaya, jika terjadi terlalu sering, atau jumlah yang ditelan terlalu banyak. Sebab, kumpulan permen tersebut bisa menyumbat saluran pencernaan.

Penyumbatan umumnya akan terjadi, ketika permen karet tertelan bersama dengan benda lain yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, seperti koin atau biji bunga matahari. Saat terjadi penyumbatan, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan operasi untuk mengeluarkan tumpukan permen karet dari usus.

Saat terjadi penyumbatan akibat menelan permen karet, gejala yang muncul antara lain:

Konsumsi permen karet juga sebaiknya dibatasi pada anak-anak. Pasalnya, berbagai bahan yang terkandung pada permen karet ,seperti pemanis buatan serta pengawet, tidaklah sehat untuk tubuh. Anak-anak juga terkadang belum mengerti benar, bahwa permen karet hanyalah untuk dikunyah dan bukan ditelan.

Jika anak tidak sengaja menelan permen karet, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, sama sama seperti pada orang dewasa, tubuh anak-anak dapat mengeluarkan permen karet dengan sendirinya, saat buang air besar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/swallowed-gum
Diakses pada 1 Juli 2019

Very Well Health. https://www.healthline.com/health/swallowed-gum
Diakses pada 1 Juli 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/swallowed-gum.html
Diakses pada 1 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed