Mitos atau Fakta: Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan

(0)
04 Nov 2019|Anita Djie
Meminum air alkali belum tentu bermanfaat bagi kesehatan karena belum banyak riset yang mendukung khasiat dari air alkaliAir alkali sering dianggap lebih unggul daripada air mineral biasa
Demi menjaga kesehatan, banyak orang berlomba-lomba mengonsumsi beragam produk seperti suplemen, obat herbal, bahkan air alkali yang disebut-sebut manjur mengatasi berbagai penyakit.Air alkali dianggap lebih unggul dari air mineral biasa karena tingkat pH yang lebih tinggi. Minum air alkali dipercaya dapat mengatur kadar pH dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker. Wow, sungguh menggiurkan, bukan?
Apakah meminum air alkali bermanfaat untuk kesehatan?

Apakah air alkali bermanfaat untuk kesehatan?

Manfaat air alkali bagi kesehatan masih belum terbukti dengan jelas dan merupakan produk yang masih kontroversial. Oleh karenanya, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat air alkali bagi kesehatan.Berikut adalah beberapa manfaat air alkali yang dipercaya oleh masyarakat:
  • Mengatasi naiknya asam lambung

Asam lambung yang naik bisa mengiritasi tenggorokan dan memicu GERD. Suatu studi menemukan bahwa air alkali dengan kadar pH 8.8 bisa mencegah enzim pepsin yang memicu asam lambung dan mengurangi tingkat asam lambung. Namun, riset lebih lanjut masih diperlukan.
  • Menanggulangi tekanan darah dan diabetes

Penelitian mendapati bahwa konsumsi air alkali selama 3-6 bulan bisa membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan lemak. Konsumsi air alkali ditemukan mampu membuat peredaran darah lebih lancar dan memperlebar pembuluh darah, serta meningkatkan peredaran oksigen dalam tubuh.
  • Menurunkan risiko kanker

Meskipun belum didukung oleh riset yang memadai, air alkali diyakini dapat mencegah kanker. Namun, tentunya masih dibutuhkan penelitian lebih banyak lagi untuk menilai efektivitas air alkali dalam mencegah kanker. Air alkali juga dikatakan mampu membantu efek kemoterapi bagi penderita kanker.Beberapa orang juga bahkan meyakini bahwa air di bawah pH 7 bisa memunculkan senyawa asam berlebih di sel tubuh dan darah.Selain manfaat air alkali yang telah disebutkan di atas, manfaat air alkali yang dipercaya lainnya adalah membantu menurunkan berat badan, mencegah penuaan, menjaga daya tahan tubuh, membersihkan usus besar, mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan melindungi kesehatan kulit.Akan tetapi, perlu diingat bahwa manfaat alkali untuk kesehatan belum didukung secara medis. Tidak hanya itu, organ ginjal merupakan organ yang dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh dan karenanya tubuh bisa menstabilkan kadar asam dalam tubuh tanpa bantuan air alkali.Selain organ ginjal, perut Anda juga membantu menetralisir makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan asam lambung dan enzim pencernaan.Saat air alkali masuk ke dalam tubuh, perut bisa meningkatkan kadar asam dalam air alkali, karenanya, manfaat air alkali dalam tubuh bisa jadi tidak dirasakan karena kadar asam dalam air alkali bisa dinaikkan oleh perut.
Air alkali memiliki perbedaan kadar pH dari air biasa

Apa yang membuat air alkali berbeda dari air biasanya? 

Air terbentuk dari hidrogen dan oksigen, jumlah hidrogen dalam air inilah yang dikenal sebagai kadar pH. Semakin kurang jumlah hidrogen dalam air tersebut, maka semakin tinggi kadar pH dalam air tersebut.Air alkali memiliki jumlah hidrogen yang sedikit sehingga memiliki tingkat pH yang tinggi. Air alkali memiliki kadar pH di atas 7 yang merupakan standar ‘netral’ untuk air. Air alkali bisa didapatkan secara alami pada sumber air yang melewati bebatuan yang kaya mineral.Biasanya, Anda akan lebih sering menemukan air alkali yang dibuat oleh manusia. Air alkali bisa dibuat dengan menggunakan alat tertentu untuk mengubah komposisi dalam air atau menambahkan nutrisi tertentu yang dapat mengubah kadar pHnya atau elektrolisis.
Air alkali tidak dianjurkan untuk penderita penyakit ginjal

Apakah ada efek samping meminum air alkali? 

Secara umum, air alkali aman untuk dikonsumsi. Namun, mengonsumsi air alkali yang diproduksi secara artifisial bisa membuat Anda kekurangan senyawa mineral tertentu, karena beberapa kandungan mineral yang hilang dalam air alkali buatan.Selain itu, konsumsi air alkali yang berlebih bisa menimbulkan rasa gatal, kulit kering, ataupun ketidaknyamanan pada perut. Air alkali juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air alkali, jika Anda mengalami kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.
air putihbedah mitosmitoshidup sehat
CNKI. http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTOTAL-SHYI200112005.htm
Diakses pada 04 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/alkaline-water-benefits-risks
Diakses pada 04 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313681.php#1
Diakses pada 04 November 2019
Sage Journal. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/000348941212100702
Diakses pada 04 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/diet/what-is-alkaline-water#2
Diakses pada 04 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait