Mirip Menstruasi, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan Intim

(4)
ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim termasuk mual, muntah, kram perutKram perut hingga perubahan suasana hati bisa jadi ciri-ciri hamil
Bagi pasangan yang sedang menunggu kehadiran buah hati, munculnya ciri-ciri hamil tentu sangat dinantikan. Tak jarang mereka terlalu bersemangat berhubungan seks dan berharap tanda hamil muncul secepatnya. 
Namun, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu sampai muncul gejala hamil. Lantas, adakah ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim? 

Apakah ada ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim? 

Sebenarnya, ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim tidak ada karena belum terdapat janin dalam perut sang ibu. Anda justru mungkin sedang mengalami siklus haid terakhir sebelum kehamilan terjadi untuk mengeluarkan sel telur bulan lalu yang tidak terpakai.Ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim belum dapat dideteksi secara pasti. Sebab, hamil 1 minggu adalah tahapan pertama sebelum pembuahan terjadi dan membuahkan janin. Berikut adalah ciri-ciri hamil 1 minggu, yang menyerupai gejala menstruasi pada umumnya:
  • Perut kembung
  • Kram perut
  • Muncul jerawat
  • Perubahan suasana hati (mood swing)
  • Gangguan pencernaan, mulai dari sembelit hingga diare
  • Perubahan pada libido
  • Merasa lelah
  • Ngidam makanan tertentu dan peningkatan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi dan otot
  • Peningkatan berat badan karena adanya kelebihan cairan

Kapan ciri-ciri hamil setelah berhubungan intim muncul? 

Ciri-ciri hamil dapat muncul segera atau membutuhkan waktu beberapa hari setelah berhubungan intim. Hal ini tergantung dari setiap individu. Bahkan, gejala hamil yang terjadi bisa berbeda-beda tiap wanita. Tak jarang, beberapa wanita mungkin ada yang tidak merasakan tanda hamil apa pun sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Tanda-tanda hamil muda dapat terjadi pada wanita selama 5-6 minggu pertama kehamilan. Sekitar dua minggu sejak Anda telat menstruasi atau 6 minggu ketika Anda mengalami menstruasi terakhir. Meski Anda mengalami gejala hamil, seperti mual, muntah, pusing, kram perut, payudara terasa penuh dan lebih sensitif, perubahan suasana hati, atau gejala mirip kehamilan lainnya setelah Anda berhubungan intim, ini tidak selalu berarti Anda benar-benar hamil. Sebab, bisa saja hal ini terjadi disebabkan oleh kondisi selain kehamilan. 

Apa saja ciri-ciri hamil setelah berhubungan intim yang muncul? 

Ada beberapa tanda-tanda yang muncul di awal waktu kehamilan yang bisa menjadi gejala Anda sedang hamil, yaitu: 

1. Telat menstruasi

Salah satu ciri-ciri hamil yang paling jelas dan mudah Anda curigai sebagai tanda kehamilan adalah telat menstruasi. Namun, tidak semua menstruasi yang terlewat atau tertunda adalah gejala hamil. Telat menstruasi sebenarnya bukan merupakan patokan yang tepat untuk menentukan Anda hamil atau tidak. Pasalnya, selain hamil, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab menstruasi telat atau tertunda, sepert perubahan hormon, kelelahan, atau stres. Nah, untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan setelah Anda mendapatkan telat menstruasi setelah berhubungan seksual. 

2. Bercak darah dan perut kram

Beberapa hari setelah Anda melakukan hubungan intim, Anda mungkin menemukan keputihan disertai darah di celana dalam disertai kram perut sebagai tanda awal kehamilan. Bercak darah dan kram perut dapat terjadi karena telur yang sudah dibuahi oleh sperma menempel pada dinding rahim atau disebut juga dengan perdarahan implantasi. Kondisi ini terjadi pada 6-12 hari setelah telur dibuahi. Tak hanya bercak darah atau kram perut, keputihan dalam jumlah berlebihan juga mungkin terjadi. Ini karena terjadi penebalan dinding vagina. Bercak darah dan kram perut bukan kondisi yang membahayakan. Akan tetapi, jika bercak darah yang keluar disertai aroma menyengat, rasa gatal, dan sensasi rasa terbakar, sebaiknya segera temui dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

3. Mual atau morning sickness

Gejala awal kehamilan yang umum dirasakan adalah perut terasa mual di pagi hari atau dikenal pula dengan morning sicknessWalaupun namanya morning sickness, tanda-tanda hamil muda ini juga dapat terjadi sepanjang hari, baik pada siang, sore, atau malam hari. Penyebab perut mual memang tidak diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon sehingga mengakibatkan sistem pencernaan melambat dan timbullah rasa mual. Morning sickness akan mereda secara perlahan seiring perkembangan usia kehamilan Anda, yakni pada usia kehamilan memasuki 13 atau 14 minggu. 

4. Merasa lelah

Merasa lelah merupakan kondisi yang normal terjadi apabila Anda merasa kelelahan saat hamil. Pada minggu-minggu awal kehamilan, bahkan hamil 1 minggu setelah pembuahan, ibu hamil dapat mengalami kelelahan. Hal ini dapat terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil. Selain itu, penurunan kadar gula darah, penurunan tekanan darah, dan produksi darah yang lebih dari biasanya juga dapat menyebabkan kelelahan. 

5. Perubahan payudara

Perubahan payudara juga menjadi ciri-ciri hamil setelah berhubungan intim. Peningkatan hormon dengan cepat saat sel telur dibuahi oleh sperma menyebabkan perubahan pada payudara Anda. Akibatnya, payudara Anda menjadi lebih sensitif, terasa nyeri, terasa penuh, dan lebih besar pada satu atau dua minggu sejak pembuahan. Selain itu, area puting payudara atau areola menjadi lebih gelap dari biasanya. Jika Anda mengalami ciri-ciri hamil di atas setelah berhubungan intim dan merasa yakin hamil, alangkah baiknya segera cek menggunakan test packTest pack adalah alat tes kehamilan yang dapat diperoleh dengan mudah di apotek atau toko yang menjual alat-alat kesehatan. Test pack dapat memastikan gejala hamil lebih awal dan cukup akurat, yakni sekitar 99-100 persen. Namun, kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah Anda telat haid. Pastikan untuk menggunakan test pack sesuai instruksi yang tertera pada kemasan guna mendapatkan hasil yang tepat dan akurat. 

Kapan harus menemui dokter kandungan? 

Jika hasil test pack menunjukkan positif, Anda dapat segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan dan memeriksakan kondisi kandungan Anda. Selanjutnya, pemeriksaan kandungan secara rutin perlu dilakukan sesuai dengan instruksi dokter kandungan.Biasanya dokter akan melakukan USG untuk menentukan apakah Anda mengalami ciri-ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan intim atau tidak. 
hamilkehamilan
Web Md. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant#1
Diakses pada 2 Juli 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/pregnancy-symptoms-soon-after-sex-2758457
Diakses pada 2 Juli 2020
Flo. https://flo.health/pregnancy/week-by-week/1-week-pregnant
Diakses pada 2 Juli 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/early-symptoms-of-pregnancy.aspx
Diakses pada 2 Juli 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests
Diakses pada 2 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Tips Berhenti Merokok untuk Kehamilan yang Sehat

Berhenti merokok untuk hamil diperlukan untuk menjaga kesehatan janin dan ibunya. Oleh karena itu, Anda bisa menjauhi rokok saat hamil dengan melakukan tindakan, seperti mendekati keluarga/pasangan untuk meminta dukungan, mengenal bahaya rokok lebih dalam, dan menguatkan keinginan untuk hamil dan sehat.
19 Feb 2019|Aby Rachman
Baca selengkapnya
Tips Berhenti Merokok untuk Kehamilan yang Sehat

Ini Manfaat Senam Ibu Hamil 9 Bulan dan Cara Melakukannya

Tak hanya memperlancar proses persalinan, senam ibu hamil 9 bulan juga dapat memberikan manfaat positif setelah melahirkan. Selain meningkatkan kebugaran, senam tersebut bisa mengurangi stres. Sudah siap mencobanya?
01 Mar 2020|Rheza Adm
Baca selengkapnya
Ini Manfaat Senam Ibu Hamil 9 Bulan dan Cara Melakukannya

5 Perbedaan Unik antara Hamil Anak Pertama dan Kedua

Perbedaan antara hamil anak pertama dengan kedua yaitu perubahan kondisi payudara, lebih cepat buncit, bayi terasa bergerak lebih awal, persalinan yang lebih cepat.
05 Agu 2019|Asni Harismi
Baca selengkapnya
5 Perbedaan Unik antara Hamil Anak Pertama dan Kedua