Mirip dengan Akupuntur, Ini 5 Manfaat Akupresur untuk Kesehatan


Akupresur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang mirip dengan akupuntur. Jika akupuntur menggunakan jarum, maka akupresur dilakukan tanpa jarum dan hanya menggunakan tekanan jari saja.

0,0
25 Feb 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Menekan telapak kaki menggunakan ujung jari merupakan bentuk akupresurAkupresur dapat dilakukan dengan menekan titik meridian pada telapak kaki
Selama ini, orang-orang lebih mengenal akupunktur dibanding akupresur. Padahal, terapi pijat akupresur juga telah digunakan sejak zaman dahulu dalam pengobatan tradisional Tiongkok.Akupresur adalah teknik pengobatan yang mirip dengan akupuntur, tetapi tidak menggunakan jarum. Teknik ini dianggap memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah dari akupuntur.Untuk mengetahui manfaatnya, mari kenali lebih dalam metode pengobatan tradisional ini.

Apa itu akupresur?

Mengutip dari University of Michigan Health, tujuan terapi akupresur (acupressure) adalah mendorong pergerakan Qi (energi kehidupan melalu 14 saluran meridian di dalam tubuh.Titik meridian ini tergolong sama dengan terapi alternatif akupuntur. Perbedaannya, akupresur memanfaatkan tekanan manual, yaitu dengan menggunakan ujung jari pada titik tertentu.Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh memiliki garis aliran energi yang tak terlihat. Diperkirakan ada 14 garis (meridian) utama yang menghubungkan organ-organ, seperti jantung, ginjal, dan hati, dengan bagian tubuh lainnya.Setiap meridian memiliki berbagai titik akupresur. Ada enam meridian kaki yang terdiri dari:
  • Kantong empedu (GB),
  • Kandung kemih (B),
  • Ginjal (K),
  • Hati (Lv),
  • Perut (S),
  • Limpa (Sp), dan pankreas (P).
Sementara, enam meridian lengan meliputi usus besar (LI), usus kecil (SI), jantung (H), perikardium (Pc), triple warmer (TW), dan paru-paru (L).Apabila terjadi penyumbatan energi pada garis tersebut, maka bisa mengakibatkan timbulnya rasa nyeri atau penyakit.Akupresur dan akupuntur pun bekerja untuk mengoptimalkan aliran energi dalam tubuh dengan melepaskan penyumbatan atau ketegangan. Ada teori yang mengatakan jika tekanan tersebut dapat memicu pelepasan endorfin (zat kimia pereda rasa sakit alami dalam tubuh).Namun, teori lain menyatakan bahwa tekanan tersebut dapat memengaruhi sistem saraf otonom.

Manfaat akupresur untuk kesehatan tubuh

Hingga kini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat terapi pijat akupresur untuk kesehatan tubuh.Namun, teknik menekan titik tertentu pada tubuh dalam akupresur ini dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan energi.Adapun berbagai manfaat akupresur untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Meredakan nyeri

Manfaat pertama dari terapi pijat akupresur adalah membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh seperti nyeri punggung, setelah operasi, hingga sakit kepala.Untuk titik akupresur sakit kepala, ada kemungkinan terapis akan memberikan tekanan LI 4, yaitu pada area tangan di antara jempol dan jari telunjuk.Pada tahun 2017, WHO pun mendaftarkan akupresur sebagai pengobatan yang efektif karena bermanfaat untuk meredakan sakit gigi serta nyeri rahang tertentu.Titik akupresur untuk meredakan sakit gigi di antaranya adalah SI 18, GB 21, LI 14, ST 6, serta ST 36.

2. Mengurangi gejala PMS

PMS atau sindrom pramenstruasi seringkali menimbulkan gejala, seperti kram perut, lemas, nyeri payudara, dan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa menekan titik akupresur LI4 dan LV3 dapat membantu memperbaiki gejala.Pada studi dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2017 menemukan jika akupresur sangat efektif untuk mengurangi PMS.Bahkan, wanita dengan PMS sedang atau berat pada penelitian tersebut jumlahnya menurun.

3. Mengatasi insomnia

Terapi akupresur pun dipercaya bermanfaat utnuk membantu mengatasi insomnia.Sebuah uji coba secara acak pada tahun 2017 dalam Journal of Sleep Research melihat efek akupresur untuk mengurangi insomniaPada minggu ke-8, subjek yang melakukan akupresur pun memiliki skor indeks keparahan insomnia lebih rendah.Namun, masih dibutuhkan lebih banyak studi untuk membuktikan efektivitasnya. 

4. Meringankan rasa mual

Penggunaan titik pijat akupresur pada area pergelangan tangan bermanfaat untuk mencegah dan mengobati mual serta muntah akibat:
  • Setelah operasi,
  • Terapi akupresus perawatan kanker (kemoterapi),
  • Mabuk perjalanan, hingga
  • Kehamilan.
Kemungkinan terapis akan menggunakan titik akupresur PC 6 yang terletak di area dua tendon besar, yaitu bagian dalam pergelangan tangan

5. Induksi persalinan

Sebuah tinjauan terhadap 22 uji coba acak yang melibatkan lebih dari 3.400 wanita hamil menyimpulkan bahwa akupresur bermanfaat untuk menginduksi persalinan.Cara kerja pijat akupresur adalah dengan meningkatkan kesiapan serviks untuk melahirkan. Akupresur pada titik tertentu diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim, memengaruhi respon hormon, dan mendorong kontraksi rahim.Namun, sebelum melakukan akupresur, tentu saja ibu hamil harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.Selain itu, beberapa penelitian juga menujukkan bahwa akupresur bermanfaat untuk masalah kesehatan lainnya, seperti:
  • Membantu meredakan beberapa jenis radang sendi.
  • Mengurangi rasa stres hingga depresi.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Menjaga kesehatan pencernaan.

Berapa lama pijat akupresur dilakukan?

Akupresur umumnya dilakukan oleh terapis akupresur yang bersertifikat resmi. Anda akan melakukan akupresur dengan posisi duduk atau berbaring.Tekanan seringkali dikencangkan selama 30 detik, lalu ditahan selama 30 detik - 2 menit.Selanjutnya, secara bertahap dikendurkan selama 30 detik. Teknik ini biasanya akan diulang sebanyak 3-5 kali.

Efek samping terapi akupresur

Akupresur umumnya tidak terasa menyakitkan atau mengakibatkan efek samping. Oleh sebab itu, ketika di tengah sesi Anda merasakan sakit, segera beri tahu terapis.Tekanan pada titik akupresur harus terasa lembut pada area sensitif, contohnya adalah wajah. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang merasa pusing, nyeri, atau memar pada titik tertentu setelah melakukan terapi.Jika Anda hamil, jangan lupa konsultasi dengan dokter kandungan serta ahli terapis. Penting untuk diingat bahwa acupressure tidak boleh dilakukan pada luka terbuka, memar, varises atau area tubuh yang bengkak.Selain itu, jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, maka Anda harus berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan akupresur guna memastikan keamanannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai terapi akupresur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips kesehatanhidup sehatperawatan kulitmenjaga kesehatanpijat
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-acupressure-88702. Diakses 14 September 2021Rogel Cancer Center. https://www.rogelcancercenter.org/support/symptoms-and-side-effects/alternative-medicine/acupressure. Diakses 14 September 2021Web MD. https://www.webmd.com/balance/guide/acupressure-points-and-massage-treatment. Diakses 14 September 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/pressure-point-for-toothache. Diakses 14 September 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pressure-points-for-toothache#how-it-works. Diakses 14 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait