Mirip dengan Akupuntur, Inilah Manfaat Akupresur yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Menekan telapak kaki menggunakan ujung jari merupakan bentuk akupresur
Akupresur dapat dilakukan dengan menekan titik meridian pada telapak kaki

Selama ini, orang-orang lebih mengenal akupuntur dibanding akupresur. Padahal, akupresur juga telah digunakan sejak zaman dahulu dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Akupresur adalah teknik pengobatan yang mirip dengan akupuntur, tetapi tidak menggunakan jarum. Teknik ini dianggap memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah dari akupuntur. Untuk mengetahui manfaatnya, mari kenali lebih dalam metode pengobatan tradisional ini.

Mengenal akupresur

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh memiliki garis aliran energi yang tak terlihat. Diperkirakan ada 12 garis (meridian) utama yang menghubungkan organ-organ, seperti jantung, ginjal, dan hati, dengan bagian tubuh lainnya. Setiap meridian memiliki berbagai titik akupresur. 

Ada enam meridian kaki yang terdiri dari kantong empedu (GB), kandung kemih (B), ginjal (K), hati (Lv), perut (S), dan limpa (Sp) dan pankreas (P). Sementara, enam meridian lengan meliputi usus besar (LI), usus kecil (SI), jantung (H), perikardium (Pc), triple warmer (TW), dan paru-paru (L).

Apabila terjadi penyumbatan energi pada garis tersebut, maka bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau penyakit. Akupresur dan akupuntur pun bekerja untuk mengoptimalkan aliran energi dalam tubuh dengan melepaskan penyumbatan atau ketegangan tersebut. 

Berbeda dengan akupuntur yang menggunakan jarum, akupresur menggunakan tekanan manual dengan ujung jari ke titik-titik tertentu pada tubuh. Ada teori yang mengatakan jika tekanan tersebut dapat memicu pelepasan endorfin (zat kimia pereda rasa sakit alami dalam tubuh). Namun, teori lain menyatakan bahwaw tekanan tersebut dapat memengaruhi sistem saraf otonom.

Akupresur umumnya dilakukan oleh terapis akupresur yang bersertifikat resmi. Anda akan menerima akupresur dengan posisi duduk atau berbaring. Tekanan seringkali dikencangkan selama 30 detik, lalu ditahan selama 30 detik-2 menit. Selanjutnya, secara bertahap dikendurkan selama 30 detik. Teknik ini biasanya akan diulang sebanyak 3-5 kali.

Manfaat akupresur untuk kesehatan

Teknik menekan titik-titik tertentu pada tubuh ini dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan energi sehingga baik untuk tubuh Anda. Adapun manfaat akupresur untuk kesehatan, di antaranya:

  • Meredakan nyeri

Sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Pain Management Nursing Studies melihat beberapa studi dari tahun 1996-2011, di mana akupresur digunakan sebagai bentuk pengobatan untuk mengurangi rasa nyeri, termasuk sakit kepala kronis, nyeri punggung bawah, nyeri persalinan, dan nyeri traumatis. Tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa akupresur efektif untuk meredakan berbagai rasa nyeri tersebut.

Selain itu, sebuah uji klinis acak yang diterbitkan dalam The American Journal of Chinese Medicine menunjukkan hasil yang lebih spesifik dalam nyeri kepala. Para peneliti menemukan bahwa 1 bulan pengobatan akupresur lebih efektif dalam mengurangi sakit kepala kronis daripada perawatan relaksasi otot. Titik akupresur yang biasanya digunakan untuk rasa nyeri dan ketegangan, yaitu LI4. Titik ini dapat ditemukan pada kulit yang kencang di antara ibu jari dan jari telunjuk.

  • Mengurangi gejala PMS

PMS atau sindrom pramenstruasi seringkali menjadi musuh bagi para wanita. PMS seringkali menimbulkan gejala, seperti kram perut, lemas, nyeri payudara, dan lainnya. Mengurangi gejala PMS memang dapat dilakukan dengan mengubah pola asupan Anda. Namun, akupresur juga dipercaya mampu mengatasi masalah ini.

Penelitian menunjukkan bahwa menekan titik akupresur LI4 dan LV3 dapat membantu memperbaiki gejala. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2017 menemukan jika akupresur sangat efektif untuk mengurangi PMS. Bahkan wanita dengan PMS sedang atau berat pada penelitian tersebut jumlahnya menurun.

  • Mengatasi insomnia

Akupresur dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia. Sebuah uji coba secara acak yang diterbitkan pada tahun 2017 di Journal of Sleep Research melihat efek akupresur untuk mengurangi insomnia

Pada minggu ke-8, subjek yang melakukan akupresur pun memiliki skor indeks keparahan insomnia yang lebih rendah. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak studi untuk membuktikan efektivitasnya. 

  • Meringankan mual dan muntah

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di CA: A Cancer Journal for Clinicians, akupresur dapat membantu meringankan mual dan muntah pada pasien kemoterapi. Salah satu titik yang biasanya digunakan untuk mual dan muntah, yaitu Pc6 yang terletak di lengan bagian dalam dekat pergelangan tangan.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa akupresur menjadi terapi tambahan dengan risiko minimal, yang efektif guna mencegah dan mengobati mual serta muntah pascaoperasi. Selain Pc6, titik tekanan lain yang dapat digunakan untuk meringankan mual dan muntah, yaitu S36 atau S44.

  • Menginduksi kelahiran

Sebuah tinjauan terhadap 22 uji coba acak yang melibatkan lebih dari 3.400 wanita hamil menyimpulkan bahwa akupresur dapat menginduksi persalinan dengan meningkatkan kesiapan serviks untuk melahirkan. 

Akupresur pada titik-titik tertentu diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim, memengaruhi respons hormon, dan mendorong kontraksi rahim. Namun, sebelum melakukan akupresur, tentu saja ibu hamil harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Akupresur umumnya tidak terasa menyakitkan. Oleh sebab itu, ketika di tengah sesi Anda merasakan sakit, segera beri tahu terapis Anda. Beberapa orang juga mungkin merasa pusing, nyeri atau memar pada titik tertentu setelah melakukan akupresur. 

Penting untuk diingat bahwa akupresur tidak boleh dilakukan pada luka terbuka, memar, varises atau area tubuh yang bengkak. Selain itu, jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, maka Anda harus berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan akupresur guna memastikan keamanan kondisi Anda.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-acupressure-88702
Diakses pada 24 Februari 2020.
Dr. Axe. https://draxe.com/health/acupressure-benefits/
Diakses pada 24 Februari 2020.

Artikel Terkait