Inilah Tips Cantik Menghilangkan Ketiak Hitam dengan Minyak Kelapa

Anda dapat memudarkan warna gelap pada ketiak dengan mengoleskan minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung vitamin E, yang bisa mencerahkan kulit ketiak hitam.

Anda memiliki ketiak hitam? Kondisi ini tentu membuat Anda ragu untuk menggunakan atasan atau gaun tanpa lengan. Sebenarnya, ada tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi ketiak hitam, dengan memanfaatkan bahan alami.

Tahukah Anda, minyak kelapa, kunyit, dan susu, bisa dimanfaatkan untuk memudarkan kehitaman pada ketiak? Namun sebelum mencobanya, simak penyebab ketiak hitam, yang bisa Anda hindari.

Penyebab Ketiak Hitam

Ketiak hitam dapat disebabkan oleh deodoran atau antiperspiran, pencukuran bulu ketiak, penumpukan kulit mati, menggosok area ketiak dengan berlebihan saat mandi, baju yang ketat, smoker’s melanosis, hiperpigmentasi, acanthosis nigricans, alergi terhadap zat tertentu, eritrasma, melasma, dan penyakit Addison.

Ada berbagai bahan alami yang dapat menghilangkan ketiak hitam, yaitu kentang, timun, lemon, kulit jeruk, kunyit, minyak telur, minyak pohon teh, dan minyak kelapa. Dari berbagai bahan alami tersebut, minyak kelapa menjadi salah satu yang sering digunakan.

Selain untuk meningkatkan kesehatan, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya untuk menyamarkan warna hitam pada ketiak, yang kerap kali membuat Anda tidak percaya diri.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Minyak kelapa bersifat sangat jenuh, karena kaya akan asam lemak rantai menengah. Secara tradisional, minyak kelapa dibuat melalui ekstraksi minyak dari kelapa mentah, atau kelapa kering. Minyak kelapa sering digunakan dalam masakan, atau dioleskan langsung ke kulit dan rambut.

Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membunuh mikroorganisme yang berbahaya
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu mengobati jerawat
  • Melembapkan kulit kering
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Menghilangkan warna hitam pada ketiak

Tips Cantik Menghilangkan Ketiak Hitam dengan Minyak Kelapa

Vitamin E dalam minyak kelapa dapat menghilangkan warna gelap pada ketiak. Minyak kelapa juga mengandung antibakteri yang dapat bekerja sebagai deodoran alami.

Protein dalam minyak kelapa membantu perbaikan jaringan, dan produksi sel-sel kulit baru yang sehat, hingga membuat kulit ketiak cerah.

Berikut ini tips cantik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ketiak hitam dengan minyak kelapa.

1. Gunakan minyak kelapa murni

Ini adalah tips yang paling mudah, dan sederhana untuk menghilangkan ketiak hitam Anda. Caranya, oleskan minyak kelapa murni pada ketiak hitam Anda.

Pijat dengan lembut selama beberapa menit sampai meresap. Tunggu hingga 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

2. Gunakan minyak kelapa dan baking soda

Baking soda dan minyak kelapa dapat menghilangkan ketiak yang gelap dengan cara mengelupas sel kulit mati, yang menyebabkan perubahan warna kulit. Campurkan baking soda dan minyak kelapa, buat menjadi pasta kental.

Oleskan pada ketiak, dan gosok secara perlahan selama 3 menit. Diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Keringkan ketiak. Ulangi proses tersebut tiga kali dalam seminggu.

3. Gunakan minyak kelapa, kunyit, dan susu

Kunyit, susu, dan minyak kelapa dapat mencerahkan kulit dengan mengurangi melanin, membersihkan minyak berlebih, mengelupas sel kulit mati, serta melembapkan kulit. Aduk 1 sendok teh bubuk kunyit dan 2 sendok makan krim susu.

Buatlah menjadi pasta, lalu oleskan pada ketiak dan bilas dengan air setelah 15 menit. Keringkan ketiak Anda, dan oleskan minyak kelapa. Pijat dengan lembut hingga minyak meresap. Lakukan selama tiga kali seminggu.

Demikian tips cantik yang dapat Anda coba untuk mencerahkan warna kulit ketiak. Perawatan alami di rumah ini, dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda dapat mencobanya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Healthline. www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin#section9
Diakses pada 22 April 2019

DIY Remedies. https://www.diyremedies.org/coconut-oil-for-underarms/amp/
Diakses pada 22 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/underarm-lightening
Diakses pada 22 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed