Minyak Ikan Kod Banyak Khasiatnya, Tertarik Mencoba?

Menurunkan risiko penyakit jantung adalah salah satu manfaat minyak ikan kod.
Salah satu manfaat minyak ikan kod adalah menyehatkan tulang Anda.

Minyak ikan kod diekstrak dari hati ikan kod yang hidup di perairan Samudra Atlantik. Biasanya, minyak ikan kod dikonsumsi dalam bentuk kapsul, dan dijadikan suplemen makanan yang dikemas penuh dengan nutrisi.

Mungkin Anda memang sering mendengar bahwa minyak ikan kod memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, sudahkah Anda tahu beragam manfaat minyak ikan kod itu?

Khasiat minyak ikan kod berdasarkan penelitian

Minyak ikan kod adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak omega-3. Selain itu, minyak ikan kod juga mengandung kadar vitamin A dan D yang sangat tinggi.

Minyak ikan kod sudah digunakan dalam dunia medis sejak tahun 1789, untuk mengobati berbagai penyakit, seperti reumatik. Tidak hanya itu, minyak ikan kod juga sudah dipercaya bisa menyembuhkan penyakit rakitis pada anak-anak, sejak abad ke-18.

Selain manfaat-manfaat di atas, berikut ini adalah 5 khasiat minyak ikan kod yang sudah terbukti secara ilmiah.

1. Menghilangkan peradangan

Sebenarnya, peradangan adalah proses normal tubuh dalam melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Namun, dalam beberapa kasus, peradangan bisa terus terjadi dalam waktu yang lama, dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod, bisa melawan protein yang menyebabkan peradangan, yaitu TNF-α, IL-1 and IL-6. Lebih dari itu, vitamin A dan D dalam minyak ikan kod bisa berperan sebagai antioksidan, yang bisa menyembuhkan peradangan, dengan cara mengikat serta menetralkan radikal bebas berbahaya.

Dalam sebuah studi, orang-orang yang kekurangan vitamin A dan D, terbukti lebih berisiko terkena peradangan. Maka dari itu, khasiat minyak ikan kod ini sangatlah penting.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Sebagai sumber vitamin D, minyak ikan kod dapat menyehatkan tulang. Sebab, vitamin D akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium, dari makanan yang Anda konsumsi.

Faktanya, sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi suplemen minyak ikan kod yang kaya akan vitamin D, serta mengonsumsi banyak makanan berkalsium, bisa mengurangi keroposnya tulang pada orang dewasa, dan memperkuat tulang yang rapuh pada anak-anak.

3. Menghilangkan nyeri sendi dan meredakan gejala rematik

Arthritis rheumatoid atau rematik adalah penyakit autoimun yang memiliki gejala seperti nyeri sendi. Saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Namun, beberapa studi menyarankan untuk mengonsumsi minyak ikan kod, agar bisa mengurangi nyeri sendi dan meredakan gejala arthritis rheumatoid, seperti kekakuan dan pembengkakan sendi.

Dalam sebuah penelitian, 43 orang mengonsumsi kapsul minyak ikan kod (1 gram) selama tiga bulan. Hasilnya, gejala-gejala arthritis rheumatoid, seperti badan kaku di pagi hari, rasa nyeri, hingga pembengkakan, dapat diredakan.

Studi lainnya juga membutktikan, dengan minyak ikan kod, para penderita arthritis rheumatoid, bisa mengurangi pengonsumsian obat-obatan antiperadangan.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Asam lemak omega-3 dan vitamin A pada minyak ikan kod, dikenal mampu mencegah penyakit mata yang disebabkan oleh peradangan. Studi yang dilakukan pada hewan uji menemukan, asam lemak omega-3 bisa menurunkan faktor risiko penyebab penyakit glaukoma (kerusakan saraf mata).

Dalam studi lainnya, diikuti oleh 666 responden, mereka yang mengonsumsi asam lemak omega-3, mengalami penurunan risiko terkena degenerasi makula, yang juga membahayakan kesehatan mata.

Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak vitamin A. Walau baik untuk kesehatan mata, kelebihan vitamin A bisa menyebabkan keracunan.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah kondisi medis yang pastinya sangat dihindari oleh setiap orang. Maka dari itu, mengonsumsi ikan, seperti ikan kod, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang dikandung banyak ikan.

Asam lemak omega-3 terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, seperti:

  • Menurunkan trigliserida: Asam lemak omega-3 yang dikandung oleh minyak ikan kod bisa menurunkan trigliserida mencapai 15-30%.
  • Menurunkan tekanan darah: Banyak studi yang menemukan kalau asam lemak omega-3 bisa menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita kolesterol tinggi serta hipertensi.
  • Meningkatkan kolesterol baik: Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod bisa meningkatkan kolesterol baik atau lipoprotein berdensitas tinggi (HDL), sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Menurunkan risiko terbentuknya plak dalam arteri: Penelitian pada hewan uji membuktikan, minyak ikan kod bisa mengurangi risiko terbentuknya plak di arteri. Plak yang muncul di dalam arteri sangat berbahaya, karena bisa menyumbatpembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Walau begitu, masih diperlukan lagi penelitian yang fokus terhadap hubungan antara minyak ikan kod dengan penyakit jantung.

Efek samping minyak ikan kod

Walau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, minyak ikan kod berpotensi menimbulkan berbagai macam efek samping.

Napas yang berbau tidak sedap, mual, hingga sendawa berlebihan menjadi beberapa efek samping minyak ikan kod.

Selain itu, dosis minyak ikan kod yang berlebihan, disebut bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan hipertensi atau pembekuan darah, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter. Sebab, minyak ikan kod bisa mengganggu efektivitas obatan-obatan tersebut.

Catatan dari SehatQ

Minyak ikan kod adalah suplemen yang sangat bernutrisi. Karena kandungan asam lemak omega-3, vitamin A dan D-nya tinggi, minyak ikan kod mampu menyehatkan tulang, mengurangi peradangan, dan meringankan rasa nyeri sendi akibat rematik.

Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, mengenai dosis yang tepat, agar Anda bisa merasakan khasiat minyak ikan kod, tanpa adanya efek samping merugikan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270071.php
Diakses pada 23 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-cod-liver-oil#section2
Diakses pada 23 Desember 2019

Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1040/cod-liver-oil
Diakses pada 23 Desember 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-cod-liver-oil-89440
Diakses pada 23 Desember 2019

Artikel Terkait